Editorial

4 Aplikasi Blog Offline Editor Gratis Pilihan

aplikasi blog editor offline

Blogging atau menulis blog memang identik dengan kegiatan online. Oleh sebab itu, kami pikir ini kesempatan baik untuk membahas beberapa aplikasi blog offline editor yang mendukung beberapa layanan blog populer seperti WordPress, Blogger, dll.

Kenapa? Yah, ada kalanya ada situasi saat kita butuh bisa menulis secara offline. Nantinya tulisan itu bisa langsung kita publikasikan (atau sekedar save as draft).

Untuk pengguna WordPress, memang sudah ada aplikasi desktop-nya sendiri. Selain itu juga ada beberapa aplikasi atau program lain yang bisa membantu kegiatan tulis menulis. Misalnya OneNote, Evernote, atau MS Word. Mau dengan plugin atau cara klasik copy paste pun bisa. Toh, bagaimanapun aplikasi yang kami daftar ini bisa jadi alternatif. Kenapa tidak?

Open Live Writer (Windows)

Program ini merupakan editor blog open source yang dibuat berdasarkan program Windows Live Writer—yang juga jadi open source tahun 2015. Tidak heran, tampilan Open Live Writer mirip dengan Windows Live Writer, atau MS Word.

open live writer blog editor
Foto: Scott Hanselman

Open Live Writer bisa digunakan untuk berbagai layanan blog populer, seperti WordPress, Blogger, TypePad, Moveable Type, DasBlog, dll.

Memang Windows Live Writer masih bisa di-download. Tapi Open Live Writer lebih aktif dikembangkan saat ini.

DOWNLOAD

Blogo (Mac, iPhone, iPad)

Aplikasi ini adalah sebuah editor yang terlihat simpel, tapi menyimpan banyak fitur. Blogo mendukung menambah gambar (plus fitur edit foto), mendukung rich text editor, markdown atau embed HTML, memasukkan kategori dan tag, preview, dll.

Blogo blog offline editor for Mac

Aplikasi ini bisa didapat secara gratis. Tapi versi Pro menawarkan fitur yang lebih banyak, seperti menggunakan di banyak blog, membaca dan membalas komentar, sinkron dengan Evernote, custom field, dll. Selain untuk WordPress, Blogo juga bisa digunakan untuk layanan blog lain, seperti: Medium dan Blogger.

Hm, artikel ini ditulis dengan menggunakan Blogo.

DOWNLOAD UNTUK MAC

DOWNLOAD UNTUK iOS

Bits (Mac)

Sebenarnya, Bits didefinisikan sebagai aplikasi diary. Yah, aplikasi catatan kalau mau memilih istilah yang lebih netral. Tapi Bits juga mendukung integrasi ke blog (WordPress dan Tumblr), juga sinkronisasi ke beberapa layanan cloud, seperti Dropbox dan iCloud.

Bits text editor app

Dari segi mengetik tulisan, Bits menggunakan markdown (seperti * untuk huruf tebal) dan tag—baik untuk judul maupun untuk fungsi tag itu sendiri.

Dibandingkan Blogo, Bits memang lebih sederhana. Jauh lebih sederhana. Tapi kalau kamu mencari aplikasi yang simpel, Bits bisa jadi pilihan.

DOWNLOAD UNTUK MAC

DOWNLOAD UNTUK IOS

BloGTK (Linux)

Meminjam kalimat dari situs yang bersangkutan, BloGTK didesain untuk menulis di berbagai blog dengan mudah, di mana pun hosting-nya, atau apa layanannya. BloGTK mendukung rich text editor, memasukkan kategori dan tags, save as draft, preview, dll.

BloGTK blog editor
Foto: Jay Reding

BloGTK mendukung layanan blog seperti WordPress, Blogger, dan Movable Type. Aplikasi ini bekerja di GNOME desktop.

DOWNLOAD

Kami memilih aplikasi di atas dengan gratis sebagai salah satu alasannya. Kenapa? Karena beberapa cara menulis lain–dengan WordPress desktop, Evernote, dll–juga gratis.

Di luar aspek itu, ada beberapa pilihan blog offline editor lain. Seperti BlogJet (Windows), Ulysses (Mac), Ecto (Mac), atau MarsEdit (Mac). Hanya saja harganya memang cukup lumayan—BlogJet kelihatannya sudah lama tidak mendapat versi baru.

Sekali lagi, pilihan blog offline editor di atas adalah alternatif. Mungkin tidak ada yang bisa mengalahkan menulis di layanan aslinya saat online. Tetap saja, adanya pilihan lain bisa membuat hidup lebih berwarna.

Post Comment