Editorial Gear

5 Speaker Portable dengan Desain Minimalis

beoplay portable wireless speaker

Speaker portable atau wireless speaker adalah salah satu teknologi yang memudahkan. Dengan teknologi ini, kita tidak perlu repot dengan kabel, dan bisa mendengarkan sesuatu di mana pun. Sebagai contoh, kamu dan teman-teman sedang pesta kebun, dan butuh musik untuk menyegarkan suasana. Tinggal putar musik di handphone dan sambungkan ke portable speaker dengan Bluetooth (kadang orang menyebutnya dengan speaker Bluetooth).

Sebagai seseorang yang menyukai desain, saya juga suka speaker dengan desain bagus. Kali ini saya mengumpulkan beberapa wireless speaker dengan desain minimalis, namun tetap sesuai fungsinya. Beberapa malah punya kelebihan lain.


B&O Beoplay A1

Bang & Olufsen merupakan nama yang terkenal di bidang audio. Nama ini sudah membuat speaker untuk Audi, BMW, dan HP. Di wilayah speaker portable, B&O sudah memiliki beberapa portofolio. Salah satu yang keren adalah seri Beoplay A1.

Beoplay A1 punya ukuran yang tidak besar, hanya 13.3 x 4.8 cm, dan beratnya 0,6 kg. Bentuknya bulat dan pipih, dilengkapi dengan tali untuk menggantungnya (kalau tidak mau meletakkannya). Selain wireless, Beoplay A1 juga dilengkapi dengan colokan audio 3,5 mm, dan USB-C untuk mengisi daya. Sedangkan baterainya 2200 mAH.

Beoplay A1 memiliki aplikasi pendukung. Speaker ini juga dilengkapi microphone, dan mendukung perintah untuk Siri atau Google Now. Oya, speaker Bluetooth ini bisa dipasangkan dengan speaker lain untuk suara yang lebih stereo dan surround (di kanan kiri), dan memiliki pilihan warna abu-abu (natural) dan hijau lumut (moss green).

speaker portable beoplay a1


Libratone Too

Speaker Too dari Libratone memiliki dimensi 21 x 6,5 x 5,9 cm. Speaker ini menjanjikan suara surround 360 derajat. Sama seperti Beoplay A1, speaker ini juga mendukung colokan audio 3,5 mm selain Bluetooth, hubungan dengan speaker lain, dan microphone dengan noise cancelling. Bahkan, Libratone Too bisa terhubung dengan dua handphone sekaligus untuk bergantian memainkan musik.

Selain desain yang simpel, speaker wireless ini punya bonus lain di sisi tampilan. Ada empat pilihan marna, yaitu: hitam, abu-abu, hijau, dan merah. Semua bernuansa doff.

libratone too portable speaker


Pablo UMA

Speaker yang ini jelas menarik. Karena selain berfungsi sebagai speaker, UMA juga berfungsi sebagai lampu. Speaker ini memiliki tinggi 28 cm, dan lebar 15,4 cm. Ia dilengkapi tali untuk menenteng. Ya, seperti lampu teplok.

UMA memiliki speaker melingkar di bagian bawah, dan di atas dekat pegangan. Dengan begitu, suara bisa menyebar dengan baik. Lampunya berkekuatan sampai 190 Lumens dengan suhu cahaya sampai 2700 K. Memang bukan ditujukan sebagai sumber cahaya besar. Tapi cukup untuk bersantai sambil mendengarkan musik.

pablo uma wireless speaker


Vifa Helsinki

Vifa Helsinki memenangkan red dot design award 2016 untuk desain produk terbaik. Memang desainnya unik dan cantik. Bentuknya seperti tas tangan.

Speaker ini memiliki ukuran 156 x 210 x 70 mm, dengan berat 1,4 kg. Seperti wireless speaker lain, Helsinki juga dilengkapi dengan colokan audio 3,5 mm (selain Bluetooth). Karena seperti tas tangan, ia juga dilengkapi dengan tali yang terbuat dari kulit.

vifa helsinki


Harman Kardon Esquire Mini

Esquire Mini adalah sebuah speaker wireless dengan desain uni-body. Ukurannya cukup mungil, yaitu 140 x 75,4 x 24 mm, dengan berat 238 g. Hanya sebesar handphone berlayar 5 inci. Speaker ini dilengkapi dengan baterai 2000 mAH, colokan micro USB (untuk mengisi daya handphone), dan dual-microphone.

Speaker ini kompatibel baik dengan perangkat iOS maupun Android. Desainnya yang keren ini tersedia dalam beberapa warna pilihan, yaitu: hitam, biru, coklat, emas, abu-abu, merah, dan putih.

Harman Kardon sendiri merupakan nama yang sudah menghasilkan produk audio berkualitas. Beberapa merk yang menggunakan produk Harman Kardon adalah Mercedes-Benz, Volvo, Toshiba, Acer, dll.

harman kardon esquire mini


Yah, memang kalau bicara soal speaker, kualitas suara menjadi perhitungan utama. Namun ketika bicara speaker portable, mungkin ada keterbatasan yang bisa dimaklumi. Lalu karena portable–tidak sekedar wireless atau mendukung koneksi Bluetooth–sisi desain juga cukup penting. Paling tidak agar speaker tersebut mudah dibawa.

Daftar di atas hanyalah segelintir dari berbagai speaker portable dengan desain unik. Kami pilih yang dengan desain minimalis, karena lebih bisa masuk ke berbagai suasana. Semoga bisa menambah referensi.

2 Comments

Post Comment