Editorial

6 Novel Grafis Favorit (Non-Superhero)

graphic novel blacksad amarillo

Kali ini saya ingin membahas novel grafis favorit yang bukan superhero. Komik dengan cerita tanpa tokoh-tokoh heroik yang biasa kita kenal. Cerita yang diangkat bisa berupa permasalahan sosial, politik, atau sekedar berimajinasi.

Menurut hemat saya, novel grafis non-superhero seperti ini justru menjadi tulang punggung novel grafis. Tema ini memisahkan novel grafis dari serial komik biasa. Karena komik ini sebagian besar hadir sebagai cerita one-shot atau mini seri (ada juga yang berupa serial), tanpa terkait dengan komik-komik lain. Jadi kita bisa menikmati seluruh cerita tanpa harus mencari komik lain. Cerita di novel grafis superhero biasanya kemudian ‘terpecah’ ke berbagai komik lain. Misalnya Civil War dari Marvel yang kemudian tersebar di komik masing-masing tokohnya. Hal ini kadang membuat kita tidak bisa mendapat cerita yang ‘utuh’.

Walau temanya non-superhero, mungkin ada beberapa novel grafis di bawah ini yang menyangkut kekuatan super atau teknologi canggih. Tapi saya masukkan karena menurut saya ceritanya bukan terfokus pada “ke-superhero-annya”.


Blacksad

Seri novel grafis ini dibuat oleh penulis dan komikus asal Spanyol, Juan Diaz Canales dan Juanjo Guarnido. Dengan nuansa ala film noir dan menggunakan cat air, Blacksad bercerita tentang petualangan seorang detektif memecahkan berbagai kasus dengan latar tahun 50an.

Sejauh ini, serial Blacksad sudah hadir dalam lima buku; Somewhere Within the Shadows, Arctic-Nation, Red Soul, A Silent Hell, dan Amarillo.


Pluto

Pluto adalah seri manga karya Naoki Urasawa (Master Keaton, Monster, 20th Century Boys). Serial ini merupakan interpretasi lain dari Astro Boy karya Osamu Tezuka. Dikemas sebagai komik misteri, Pluto mengikuti petualangan detektif robot bernama Gesicht. Ia berusaha memecahkan kasus pembunuhan dengan korban baik manusia maupun robot. Di komik ini, beberapa karakter karya Osamu Tezuka, seperti Black Jack, juga hadir.


The Sculptor

Komik ini merupakan karya Scott McCloud. The Sculptor bercerita tentang seorang pematung gagal bernama David Smith. Ia bertemu dengan Death (kematian) yang menawarkan kontrak yang menjanjikan ia bisa membuat patung apa saja sesuai imajinasinya, namun ia hanya punya sisa waktu 200 hari untuk hidup. David menerimanya. Masalah muncul ketika ia kemudian jatuh cinta.


Baca juga:


Three Shadows

Novel grafis ini juga bercerita seputar cinta dan kematian. Komik karya Cyril Pedrosa dan Edward Gauvin ini mengisahkan usaha seorang ayah melindungi anaknya dari kejaran tiga bayangan kematian. Mereka lari ke berbagai belahan dunia untuk menghindari kejaran tiga bayangan tersebut.


Fables

Komik ini merupakan serial yang cukup panjang. Fables dibuat oleh Bill Willingham, dan membalik dunia dongeng (fairy tale). Di sini diceritakan bahwa tokoh-tokoh cerita dongeng (Snow White, Cinderella, Pinokio, dll) keluar dari realita dongeng dan hidup di dunia nyata. Mereka hidup tersembunyi di bagian kota New York yang disebut Fabletown. Dalam seri panjangnya, Fables terbagi dalam beberapa alur cerita, dengan fokus utama di karakter tertentu.


Y: The Last Man

Komik ini merupakan besutan Brian K. Vaughan dan Pia Guerra. Serial yang cukup panjang ini bercerita tentang Yorick Brown, satu-satunya pria yang hidup di dunia (bersama monyet peliharaannya, yang bernama Ampersand). Y: The Last Man mengikuti kisah Yorick berpetualang menghadapi berbagai halangan, baik yang ingin membunuhnya maupun yang ingin menahannya.


Walaupun bukan favorit saya, beberapa novel grafis berikut juga sering dinobatkan sebagai novel grafis favorit atau terbaik: The Walking Dead, Preacher, Blankets, Maus, Sex Criminals, BeautyGhost World, Scott Pilgrim vs the World, dan Black Hole. Selain itu, penggemar Game of Thrones juga bisa membaca serial novel grafisnya, baik yang utama maupun novela The Hedge Knight, The Sworn Sword, dan The Mystery Knight.

Itulah beberapa novel grafis favorit untuk kategori bukan superhero pilihan saya. Mungkin pilihan saya sedikit berbeda dari yang lain. Mungkin kamu juga punya favorit tersendiri, dan belum saya sebutkan. Silakan sebut novel grafis favorit kalian (yang bukan superhero).

Post Comment