Editorial

Layanan Streaming Musik dan Radio Online Paling Populer

layanan musik dan radio online

Saat ini layanan musik dan radio online merupakan salah satu layanan yang lazim digunakan. Layanan ini memberikan kemudahan bagi penggemar musik untuk mendengarkan lagu dari musisi favoritnya, atau menemukan lagu-lagu baru yang belum dikenal.

Kali ini kami mau membahas layanan streaming musik dan radio online yang paling populer. Yang dimaksud paling populer di sini, selain banyak penggunanya, juga tersedia di berbagai perangkat, dan mudah digunakan. Pertimbangan lainnya adalah tersedia secara global, termasuk di Indonesia.

Spotify

Tak pelak lagi, Spotify berdiri di garda depan layanan streaming musik. Dengan lebih dari 100 juta pengguna dari seluruh dunia, Spotify menjadi salah satu layanan yang paling cepat berkembang. Belum lama ini Spotify juga membuka layanannya untuk wilayah Indonesia.

spotify web player

Spotify menyediakan berbagai mix playlist. Baik yang dikurasi, berdasar tangga lagu (chart), genre dan mood, atau yang baru dirilis. Spotify juga bisa menyarankan musik baru berdasarkan playlist yang pernah kita mainkan. Layanan musik online ini juga memiliki berbagai stasiun radio online (berdasar artis, genre atau era).

Spotify menyediakan layanannya secara freemium. Ada yang gratis, dan ada yang berlangganan (berbayar). Untuk yang gratis, layanan ini membolehkan streaming musik selama 30 menit di mode acak/shuffle dengan kualitas 160kbps. Untuk yang berlangganan, dengan Rp49.990/bulan (30 hari gratis), Spotify menyediakan musik berkualitas 320kbps di semua perangkat, dan bisa didengarkan secara offline. Ada juga paket Keluarga (Family) dengan biaya Rp79.000 dan bisa digunakan sampai lima orang.

Spotify tersedia hampir di semua perangkat. Baik seluler, komputer, lewat browser, bahkan di Playstation.

Download Spotify

Deezer

Layanan ini juga termasuk yang banyak disebut kala berbicara tentang streaming musik. Walau belum sebanyak Spotify, Deezer juga digunakan oleh banyak orang dan tersedia secara global. Termasuk Indonesia.

deezer streaming musik

Seperti Spotify, Deezer menawarkan berbagai playlist musik, seperti Mix dan Flow. Mix akan memutar berbagai lagu campuran berdasar genre, tema, dll. Sedangkan Flow akan memutar lagu campuran berdasar musik favorit kita.

Deezer menawarkan layanannya secara gratis dan berlangganan. Untuk versi gratis, kita hanya bisa mendengarkan melalui fitur Mix dan Flow saja. Versi berbayar, seharga Rp73.000 (30 hari gratis), juga menawarkan musik tanpa batas di berbagai perangkat dengan akses offline dan kualitas tinggi.

Dezzer tersedia di berbagai perangkat. Baik PC/Mac, handphone, smart TV, perangkat audio, juga di kendaraan (yang mendukung). Layanan musik online ini juga bisa diakses lewat browser.

Saat artikel ini ditulis, Deezer sedang mengembangkan aplikasinya untuk Windows 10 (beta).

Download Deezer

TuneIn Radio

Berbeda dengan dua nama di atas, TuneIn lebih mirip layanan radio konvensional dari pada streaming musik. Layanan TuneIn menyediakan versi radio online dari sekitar 100.000 stasiun radio dari 230 negara, termasuk Indonesia. Radionya juga tidak terbatas musik semata. Tergantung dari radio bersangkutan, TuneIn menyediakan kategori berita, olahraga, dll.

tunein radio online

Walau secara umum tersedia secara gratis (didukung iklan di aplikasi), TuneIn juga menyediakan layanan Pro dan Premium. Dengan pembayaran hanya sekali (untuk aplikasi), TuneIn Pro memberikan layanan lewat aplikasi tanpa iklan, dan fitur rekaman. Sedangkan TuneIn Premium merupakan layanan berlangganan, dengan semua fitur tersedia, plus konten dari stasiun radio eksklusif, termasuk audiobook.

TuneIn tersedia untuk berbagai perangkat. Mulai dari handphone, tablet, smart TV, dan Xbox One.

Download TuneIn Radio

Apple Music

Bicara soal streaming musik dan radio online, layanan Apple ini hadir belakangan. Walau begitu, Apple dengan cepat menanjak, dan segera mendapat lebih dari 10 juta pelanggan dalam waktu 6 bulan sejak dirilis. Selain streaming musik, Apple juga menawarkan radio online Beats 1 yang dipancarkan ke seluruh dunia.

apple music beat1 radio online

Apple menawarkan langganan untuk paket individu dan keluarga, dengan uji coba 3 bulan gratis. Paket individu bisa didapat seharga Rp69.000. Sedangkan paket keluarga, untuk enam orang, bisa dinikmati dengan harga Rp109.000.

Saat ini, berdasar jumlah pelanggan, sebenarnya Apple Music duduk di posisi kedua layanan musik dunia. Namun, karena saat ini belum tersedia di berbagai perangkat, Apple belum menunjukkan taringnya lebih lanjut. Apple music bisa dinikmati (melalui iTunes) di perangkat iOS, Mac, Apple TV, dan PC. Aplikasi Android-nya masih dalam versi beta.

Download iTunes

Bagaimana dengan lainnya?

Sebenarnya masih ada banyak layanan streaming musik dan radio online lain. Hanya saja, rata-rata tidak tersedia untuk region Indonesia. Sebut saja Groove Music dari Microsoft, dan Google Music dari Google. Nama lain yang bisa disebut adalah Tidal (milik Jay-Z), Pandora, dan Napster (Rhapsody).

groove music dan google play music

Beberapa layanan ini bisa diakses melalui browser, dan memberikan preview layanannya. Sebagian lainnya sama sekali tidak bisa diakses. Jadi yah, begitulah adanya.

Apakah kamu suka mendengarkan musik online? Atau lebih memilih mengumpulkan lagu di perangkat (offline)? Kalau memang suka mendengarkan secara online, apa layanan favoritmu? Berikan pendapatmu di kolom komentar.

One Comment

  1. baru tunein yang pernah dicoba, apakah ada musik lokal, tradisional yang seperti radiomix ,

    Reply

Post Comment