Desktop

Komputer Desktop All in One Terbaru dari Dell

Dell Canvas untuk pekerja kreatif

Selain mengumumkan laptop Dell XPS 13 terbaru, Dell juga mengumumkan komputer desktop All in One terbaru mereka. Perangkat untuk kerja kreatif masa kini dan ruang kerja yang lebih leluasa.

Dell Canvas

Lucunya, perangkat pertama yang saya tulis di sini justru bukan “komputer”. Dell Canvas adalah sebuah perangkat untuk kerja kreatif menggunakan pena stylus dan kelengkapan lain. Yah, “papan gambar” seperti Wacom Cintiq.

Dell Canvas
Dell Canvas

Dell Canvas memiliki layar 27-inci QHD sehingga kita bisa mengolah gambar sama persis seperti hasilnya. Sebenarnya Dell Canvas bekerja lebih mirip seperti Surface Studio. Perangkat ini bisa menggunakan sentuhan, pena stylus, atau perangkat seperti Surface Dial (versi mereka disebut totem).

Untuk menggunakan Dell Canvas, tentu saja kamu juga membutuhkan komputer Windows PC. Saat digunakan, perangkat ini bisa bekerja baik dengan program kreatif dari Adobe, Autodesk, AVID, Dassault Systems, SolidWorks, dan Microsoft.

Dell Canvas akan dipasarkan dengan harga sekitar $1799. Mulai beredar di Amerika Serikat pada bulan Maret 2017.


Baca juga: Surface Studio & Surface Dial, Visi Revolusioner Microsoft


Dell XPS 27 dan Precision AIO

Kedua perangkat ini merupakan komputer desktop masa kini. Semua perlengkapannya (kecuali kontrol seperti keyboard dan mouse) ada di monitor, All-in-One. Singkat kata, mengikuti jejak iMac, dan bersanding dengan Surface Studio.

komputer desktop all in one Dell XPS 27
Dell XPS 27

Dell XPS 27 dan Precision AIO tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah performa di baliknya.

Keduanya komputer desktop All in One ini memiliki layar sentuh 4K UHD (3840 x 2160) yang mendukung 100% Adobe RGB  color gamut. Yang seru, Dell XPS 27 dan Precision AIO dipersenjatai dengan sistem audio di dalamnya. Ada sampai 10 speaker yang bisa mengeluarkan suara 50W di tiap kanalnya.

Dell Precision AIO memiliki performa lebih dengan pilihan prosesor Intel Xeon dan AMD Radeon Pro graphics yang mendukung teknologi VR, serta mendapat sertifikasi ISV dari program kreatif unggulan, seperti AVID dan SolidWorks.

Dell XPS 27 AIO sudah tersedia untuk pasar Amerika dengan harga $1499. Sedangkan Dell Precision (5720) akan mulai dipasarkan pada bulan April 2017 di Amerika, mulai dengan harga $1599.


Baca juga: Komputer All in One dan Monitor Menawan dari HP


Setelah dalam beberapa tahun terakhir ini industri komputer desktop sedikit lesu karena hadirnya perangkat bergerak (terutama smartphone), tahun ini kelihatannya menjadi kebangkitannya. Apalagi dengan munculnya banyak komputer desktop All in One. Seperti di masa lalu, industri kreatif yang menjadi basisnya. Yah, yang namanya kreativitas memang membutuhkan perangkat yang juga kreatif. Kalau tidak, ya tidak berkembang.

Post Comment