Gadget Review

Review Mifi Andromax M3Y 4G LTE

review mifi andromax m3y

Mifi Andromax M3Y merupakan perangkat modem wifi portable dari Smartfren. Karena beberapa hari lalu saya baru membelinya, ijinkan saya sedikit berbagi pengalaman melalui review ini.

Mungkin sebelum melangkah lebih jauh, perlu saya sebut alasan mengapa saya membeli perangkat ini. Pertama, karena portable, mifi mudah dibawa ke mana-mana. Ya, kita memang bisa menggunakan mobile hotspot dari handphone, tapi punya cadangan (dengan provider berbeda) lebih baik. Kedua, pembelian dan penggunaan kuota internet pra-bayar untuk digital nomad seperti saya, lebih fleksibel daripada dengan tagihan tiap bulan. Ketiga, kestabilan koneksi Smartfren di daerah saya memenuhi kebutuhan.

area 4g smartfren jogja
Area 4G LTE Smartfren di Jogja

Baca juga: Aplikasi Speed Test nPerf Menyajikan Informasi Lebih Lengkap


Paket Pembelian Mifi Andromax M3Y

Mifi Andromax M3Y dibandrol dengan harga Rp299.000,-. Ketika membelinya, kita akan mendapatkan mini router (modem wifi), baterai, kabel USB, panduan penggunaan, dan kartu garansi. Kita juga akan mendapatkan kartu SIM Smartfren.

Kartu ini (yang saya dapatkan) sudah berisi bonus kuota 30GB (18GB siang dan 12GB bonus malam) berlaku satu bulan. Paket kuota internet yang digunakan saat saya membelinya adalah Volume Based EVO. Ini berarti pembelian pulsa akan secara otomatis berubah menjadi kuota internet. Bisa dimaklumi, karena perangkat ini bukanlah handphone.

Sayangnya kepala charger harus kita beli sendiri. Kalau ingin membelinya, yang dianjurkan adalah yang memiliki input 100-240V-50/60Hz 300mA, output 5.0V/1/0A, dan maksimal arus keluar 1000mA.

paket pembelian mifi andromax m3y
Paket pembelian mifi Andromax M3Y

Spesifikasi Mifi Andromax M3Y

Sekarang mari kita lihat apa yang bisa dimiliki oleh modem wifi ini.

  • Chipset Qualcomm MDM 9307
  • Mendukung koneksi 4G LTE Cat 4 2.4 GHz
  • Mendukung koneksi melalui kabel USB dan wifi
  • Mendukung koneksi sampai 32 perangkat
  • Slot MicroSD, mendukung kapasitas sampai 32GB
  • Baterai 3000 mAH
  • Bisa digunakan untuk berbagi berkas melalui koneksi wifi (disebut dengan istilah wireless storage)
  • Memiliki mobile wifi app dan web admin via browser untuk pengaturan dan pemantauan penggunaan
  • Jangkauan 40-50 meter di luar ruang tanpa halangan

Desain perangkat ini cukup bagus. Tombolnya hanya ada dua; power di tengah, dan WPS di sisi kanan (kalau perangkat berhadapan dengan kita). Mifi Andromax M3Y memiliki empat lampu indikator untuk koneksi LTE, baterai, wifi, dan WPS (wifi protected setup).

indikator mifi andromax m3y
Letak lampu indikator

Perangkat mifi ini mendukung sistem operasi:

  • Windows XP SP3, Vista SP1/SP2, 7 (32/64 Bit), 8 (32/64 Bit), 10 (32/64 Bit),
  • Mac OS X 10.7, 10.8, 10.9, dan yang lebih baru,
  • Linux Ubuntu, Fedora, Open Suse, Mint.

Baca juga: Review ASUS ZenPower Ultra: Panjang dan Tahan Lama


Pengalaman Menggunakan Mifi Andromax M3Y

Sampai saat ini (ketika artikel ini ditulis), saya sudah menggunakan perangkat mifi ini selama hampir 3 hari penuh. Hampir non-stop. Sejauh ini performa Andromax M3Y cukup memuaskan.

Jujur saja, yang saya kuatirkan pertama kali adalah masalah baterai. Namun ternyata hal itu tidak beralasan. Baterai Andromax M3Y yang saya miliki mampu bertahan satu hari penuh tanpa diisi dayanya. Mungkin bisa lebih sedikit kalau dipaksakan (tidak dianjurkan). Karena begitu lampu indikator baterai berkedip merah (5%-19%) langsung saya isi dayanya.

Untuk masalah kestabilan koneksi, sejauh ini cukup baik dan tidak ada masalah. Menurut saya, untuk melihat kestabilan ini masih terlalu cepat. Mungkin butuh waktu lebih lama untuk bisa menilainya. Itu pun tergantung bagaimana kita menggunakan perangkat tersebut.

Berdasar pengalaman saya, lampu indikator yang terus menyala adalah indikator baterai (biru, hijau, merah, berkedip sesuai kondisi), dan WPS (kalau diaktifkan). Sedangkan untuk melihat indikator lain, kita harus memencet tombol power sekali saja. Maka lampu indikator lain akan menyala sebentar menunjukkan statusnya.

Pengisian daya dengan kabel charger biasa relatif biasa saja (sekaligus digunakan sbg wifi). Sedangkan kalau kita isi daya, sekaligus digunakan, dengan kabel USB di laptop, prosesnya lebih lama. Menurut buku petunjuknya, dua penggunaan itu termasuk cara penggunaan wajar. Jadi ya, bukan masalah.


Baca juga: Enaknya Pakai Wireless Charger


tampilan web admin andromax
Tampilan web admin Smartfren

Bagaimana dengan pengaturannya? Yah, saya membelinya di gerai resmi Smartfren. Jadi semua pengaturan awal sudah dilakukan di sana. Begitu saya keluar, mifi Andromax M3Y baru ini sudah bisa langsung digunakan. Tentunya masih dengan pengaturan standar.

Toh mengaturnya tidak sulit. Dengan aplikasi atau melalui browser, kita bisa melihat berbagai alat pemantauan dan pengaturan koneksi internet. Mulai dari baterai, kualitas koneksi, penggunaan internet, membatasi jumlah perangkat, sampai penyimpanan.

Saya dengan mudah mengganti nama perangkat (SSID), password Admin, dan password wifi sesuai keinginan saya. Begitu juga mendaftar akun Smartfren untuk pembelian pulsa/kuota. Terus terang, saya belum mencoba pengaturan lain seperti UPnP, port-forwarding, dll.

Secara keseluruhan, sampai sejauh ini saya cukup puas dengan performa mifi Andromax M3Y ini. Mudah digunakan, dan fungsional. Kalau sinyal Smartfren di daerah kalian bagus, perangkat ini bisa menjadi pilihan.

Oya, perwakilan Smartfren (yang melayani saya waktu itu) menyebutkan bahwa mifi Andromax M3Y memiliki garansi satu tahun. Garansi itu adalah garansi penggantian perangkat baru. Dengan catatan bukan kesalahan pengguna (human error). Perangkat yang rusak akan segera diganti baru, kalau tidak ada cacat seperti goresan di bodi (misalnya karena dibuka paksa), atau baterai yang melembung (pemakaian yang tidak hati-hati).

CATATAN TAMBAHAN:

Perhitungan penggunaan koneksi data di dalam aplikasi bisa jauh berbeda dengan di my.smartfren.com. Dari pengalaman saya bisa berbeda sampai 5GB. Sudah ada peringatan di dalam aplikasi tersebut soal perbedaan catatan. Jadi, cek kuota hanya melalui my.smartfren.com.
Rating sudah disesuaikan dengan kondisi terbaru.

Mifi Andromax M3Y
  • Desain4.0
  • Fitur3.5
  • Performa3.5

Mifi Andromax M3Y bisa diandalkan untuk koneksi internet bergerak; dengan bodi kecil, ringkas, dan baterai tahan lama. Dengan catatan, jangan mengandalkan hitungan penggunaan kuota di aplikasi bawaan modem (di web app andromax.m3y)

Beli disini
3.7Overall Score

Post Comment