Review

Aplikasi Kamera Hitam Putih Hypocam

aplikasi kamera hitam putih hypocam

Apa beda aplikasi kamera hitam putih dengan yang biasa? Tentu saja yang hitam putih ditujukan untuk membantu kita memotret foto hitam putih. Mengapa harus dibantu?

Salah satu kesulitan memotret hitam putih adalah melihat obyek dengan mengabaikan warna. Sebagai manusia yang tiap hari melihat warna, hal itu tidak mudah. Untuk itulah muncul aplikasi kamera hitam putih, yang langsung mengubah tampilan warna di viewfinder (layar handphone).

Yang saya coba kali ini adalah sebuah aplikasi bernama Hypocam. Aplikasi ini tersedia baik untuk Android maupun iOS, dan bisa diunduh dengan gratis.


Baca juga: Tips Memotret Foto Hitam Putih Keren


Fitur Aplikasi Kamera Hypocam

Aplikasi Hypocam terfokus pada fitur memotret foto hitam putih, dan mengedit foto hitam putih.

Untuk memotret, Hypocam menampilkan gambar langsung dalam versi hitam putih. Jadi kita bisa memperhatikan pencahayaan dan detil dengan lebih baik, tanpa terganggu warna. Selain itu, saat memotret, kita bisa langsung mengatur pencahayaan, kontras, atau menambah filter.

Filter itu bukanlah filter kosmetik seperti di Instagram. Tapi filter untuk mempengaruhi tingkat gelap terang warna saat jadi hitam putih. Layaknya filter di lensa, filter di aplikasi kamera ini juga menggunakan filter warna; biru, hijau, kuning, merah, dan jingga.

memotret foto hitam putih dengan hypocam

Untuk mengedit foto hitam putih, Hypocam menawarkan fitur edit standar seperti crop atau rotate, juga pencahayaan dan kontras.

Selain itu, fitur editing lain yang tersedia adalah filter, fade dan grain. Fungsi edit dengan filter ini ada dua. Pertama, yang sama seperti di kamera (filter warna), dan kedua, yang tidak ada namanya, cuma tulisan TS, HG, dll. Yang terakhir ini saya anggap filter kosmetik. Sayangnya tidak ada keterangan lebih lanjut soal ini.

Hal yang cukup menarik lainnya adalah efek grain. Efek grain di aplikasi ini diinspirasi dari film hitam putih populer, seperti D-400 (Ilford Delta 400), FP4 (Ilford FP4), HP5 (Ilford HP5), T-MAX (Kodak T-Max), dan T-RIX (dugaan saya Kodak Tri-X).


Baca juga:5 Website untuk Edit Foto Online Gratis


Tampilan Aplikasi Kamera Hypocam

Hm, saya suka tampilan aplikasi ini. Hypocam memiliki tampilan yang rapi dan elegan, termasuk ikon yang ada di tombolnya.

Tampilan bersih ini memiliki konsekuensi. Semua ikon tidak memiliki keterangan fungsi. Walau begitu, beberapa sudah kita kenal dan mudah dipahami fungsinya. Beberapa lainnya, harus dicoba dulu supaya tahu. Misalnya tombol lingkaran yang seperti fokus namun ternyata berfungsi melihat tampilan sebelum dan sesudah efek digunakan.

edit foto hitam putih dengan hypocam

Kembali lagi, secara keseluruhan, saya menyukai tampilan yang bersih dari aplikasi Hypocam ini.


Baca juga: Canon Mengumumkan Kamera PowerShot G9X Mark II


Pengalaman Penggunaan

Melihat dunia dalam warna hitam putih memang berbeda dengan yang biasanya. Saya rasa, di sisi ini aplikasi kamera hitam putih ini cukup berhasil menjalankan fungsinya. Dengan melihat dalam bentuk hitam putih, kita bisa fokus pada hal lain yang penting.

Mengatur kontras, pencahayaan, dan filter saat memotret juga membantu melihat perkiraan hasil yang didapat. Di sini, saya berharap ada tombol reset untuk mengembalikan fitur tertentu ke posisi normal. Menggerakkan skala indikator ke posisi semula kadang tidak mudah.

Beberapa filter memiliki ukuran yang sama saat memotret dan mengedit (kontras, pencahayaan, dan filter warna). Lucunya, di bagian edit ada tombol reset, tidak seperti saat memotret.

Saat saya mencoba aplikasi ini, ada beberapa kendala yang saya temui.

Pertama, saat memotret, beberapa kali ada notifikasi ‘Take picture failed‘. Padahal foto berhasil diambil. Hal ini kelihatannya berhubungan dengan pilihan ‘Autofocus‘ di Setting. Kalau diaktifkan, notifikasi tersebut muncul.

Kedua, kelihatannya memotret saat indikator kontras dan pencahayaan aktif menyulitkan proses menangkap fokus. Kalau setelah memilih kadar kontras/pencahayaan indikator dinon-aktifkan, fokus berfungsi normal.

Ketiga, mengganti filter warna di bagian editing tidak menunjukkan efek apa-apa. Mungkin hal ini disebabkan karena pilihan sudah ditentukan saat memotret. Lalu pertanyaannya, kenapa ada pilihan ini? Yah, bisa jadi kendala ini hanya bug saja.


Baca juga: Fujifilm Mengumumkan Kamera Mirrorless Fujifilm X-A10


Yah, itulah aplikasi kamera hitam putih Hypocam. Secara keseluruhan, aplikasi ini adalah aplikasi yang menarik, dan layak dicoba. Beberapa kendala yang saya temui belum tentu berlaku secara umum. Sejauh yang saya lihat Play Store, pengembangnya cukup aktif menjawab keluhan, dan melakukan update.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis. Di dalamnya ada paket filter yang bisa dibeli kalau ingin melakukan edit dengan variasi lebih banyak.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK iOS

Hypocam - Gratis
  • Fitur4.0
  • Tampilan4.0
  • Performa3.5

Hypocam merupakan aplikasi kamera foto hitam putih yang membantu kita memotret foto hitam putih dengan lebih mudah, dan membuat foto lebih bagus.

Situs Resmi
3.8Overall Score

2 Comments

    1. Author

      Menurut saya, untuk memotret cepat (point and shoot), Lenka lebih unggul. Tapi kalau suka eksplorasi, mungkin lebih asik Hypocam.
      Secara tampilan (UI), saya suka Hypocam.
      Saya juga ada rencana review Lenka sih sebenarnya… 😀

      Reply

Post Comment