Review

Better Reads: Aplikasi Goodreads Windows 10 Baru

Better Reads aplikasi Goodreads Windows 10

Aplikasi Goodreads baru hadir untuk Windows 10. Aplikasi bernama Better Reads ini menawarkan pengalaman berbagi info buku, review buku, sekaligus mencatat koleksi buku kita. Boleh dibilang, sejauh ini Better Reads merupakan aplikasi Goodreads terbaik di Windows 10.

Untuk yang belum tahu, Goodreads merupakan media sosial untuk para pecinta buku. Aplikasi resminya belum tersedia di Windows. Aplikasi pihak ketiganya juga tidak banyak. Bisa jadi karena muatan media sosial itu yang cukup kompleks. Mungkin juga karena memang penggunanya yang sangat spesifik, berbeda dengan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter. Sebelum ini, aplikasi Social Reads menjadi pilihan anggota Goodreads di Windows Phone.

Timeline dan update progress baca buku di aplikasi Goodreads Better Reads

Better Reads hadir dengan tampilan yang bernuansa cukup mirip dengan website Goodreads. Dengan tampilan yang berkesan ‘resmi’ ini, kita bisa langsung mengenali fitur-fitur yang ada. Layout-nya rapi dan tertata baik. Bagi saya, ini merupakan keunggulan tersendiri.

Sebagai aplikasi yang terhitung baru, belum semua fitur Goodreads hadir di aplikasi ini. Fitur seperti group, message, atau reading challenge belum tersedia. Tentu saja, kehadiran fitur ini bisa diharapkan hadir di update atau versi berikut dari aplikasi ini.

Walau begitu, bukan berarti aplikasi Better Reads minim fitur. Fitur-fitur mendasar sudah tersedia. Mulai dari mencari buku (baik dengan judul, pengarang atau nomer ISBN), melihat informasi dan review pembaca, menandai buku (memasukkan di koleksi/rak/shelves), update perkembangan membaca buku, melihat profil teman, dll sudah bisa dilakukan. Kita juga bisa scan barcode buku untuk memasukkannya dalam koleksi (atau mencatatnya sebagai ‘akan dibaca’).

Review buku dan scan barcode di aplikasi Goodreads Better Reads

Dari segi performa, secara keseluruhan aplikasi ini berjalan lancar. Yah, ada satu kendala yang terjadi di Lumia 920 saya yang menggunakan Windows 10 Mobile Insider build 10586.63. Ketika scroll timeline, aplikasi tiba-tiba crash (Tapi hanya itu saja. Yang lain normal) . Saat memberi feedback pada sang developer, ia menyebutkan kalau kasus ini jarang terjadi.

Kehadiran Better Reads kembali membuktikan bahwa di Windows, walaupun aplikasi resmi belum hadir, aplikasi pihak ketiga bisa mengimbanginya. Apalagi sebagai aplikasi UWP, aplikasi Goodreads ini juga bisa digunakan di PC.

[button style=”btn-default btn-lg” icon=”glyphicon glyphicon-download-alt” align=”left” iconcolor=”#ffffff” type=”link” target=”true” title=”Download Better Reads – Gratis” link=”https://www.microsoft.com/id-id/store/apps/better-reads/9nblggh1hv56″ linkrel=””]

6 Comments

  1. Mas afit.. Mau tanya.. Pngn ganti lumia.. Yg tahan btree tp dual sim.. Tp apa ya mas?.. 925 blm apa2 udh hbs

    Reply

Post Comment