Review

Comic Show: Aplikasi Baca Komik untuk Windows 10

aplikasi komik windows comic show

Baca komik di gadget mungkin bukan pilihan semua orang. Tapi untuk yang hobi, hal itu bisa terjadi. Dengan demikian, aplikasi baca komik, atau istilah kerennya comic reader, menjadi syarat utama. Salah satu aplikasi yang bisa jadi pilihan di Windows adalah Comic Show.

Comic Show menampilkan koleksi komik yang kita punya dengan menarik. Komik tersebut hadir berjejer dengan gambar sampulnya. Kita bisa mengatur apakah komik yang terlihat itu adalah semua komik, yang sedang kita baca, atau yang sudah dibaca. Tampilan Comic Show juga sudah menggunakan desain ala Windows 10.

Harap diperhatikan, Comic Show bukanlah aplikasi baca komik online. Komik yang ingin dibaca harus berupa file yang terdapat di handphone. Jadi, baca manga online seperti Naruto, One Piece, atau Bleach yang terdapat di berbagai website tidak bisa dilakukan.

tampilan aplikasi baca komik comic show
Tampilan aplikasi Comic Show

Untuk menambah koleksi komik untuk dibaca, kita bisa melakukan transfer dari file di dalam handphone melalui File Explorer, atau dari perangkat lain melalui koneksi wifi. Transfer melalui wifi dari perangkat lain dilakukan dengan bantuan aplikasi Air Transfery, yang juga dibuat oleh developer Comic Show ini.

File yang bisa dibaca oleh aplikasi ini adalah file .cbr atau .cbz. Keduanya merupakan format arsip komik digital yang umum digunakan di berbagai platform. Dengan begitu, kalau kita mau baca komik dengan format PDF, kita harus menggunakan comic reader lain.

baca komik di aplikasi comic show
Baca komik di Comic Show, beserta tampilan night mode

Salah satu fitur menarik dari aplikasi Comic Show ini adalah night mode. Dengan mode ini, membaca komik di Windows phone di tempat dengan cahaya redup jadi tidak menyilaukan. Yah, sebagai pengguna Windows phone, kita tahu bagaimana tema gelap (dark) sangat disukai. Selain tidak silau, juga menghemat baterai. Terutama untuk handphone dengan layar AMOLED.

Saat ini, aplikasi ini masih dalam proses pengembangan. Jadi ada beberapa fitur yang masih belum berfungsi dengan baik. Misalnya save page atau save bookmark. Fitur lain seperti mode membaca manga (dari panel kanan ke kiri) masih dikembangkan di versi beta.

pilih halaman waktu baca komik di aplikasi comic show

Bicara soal baca komik di Windows phone, mau tak mau kita harus membahas Cover. Saat ini, Cover adalah aplikasi baca komik favorit di platform Windows. Salah satu perbedaannya adalah saat melompat halaman, Cover menggunakan slider, sedangkan Comic Show menggunakan jump menu seperti Windows Phone atau Windows 10 Mobile. Saat ini, secara keseluruhan, Cover masih lebih enak digunakan. Tapi karena Comic Show masih dikembangkan, kita bisa berharap beberapa hal akan jadi lebih baik.

Aplikasi Comic Show ini tersedia baik di Windows Phone 8.1, Windows 10 Mobile, maupun Windows 10 PC. Aplikasi ini bisa didapat dengan harga Rp13.700, dan besarnya hanya 5 MB. Untuk kamu yang suka baca komik, silakan dicoba.

[button style=”btn-default btn-lg” icon=”glyphicon glyphicon-download-alt” align=”left” iconcolor=”#ffffff” type=”link” target=”true” title=”Download Comic Show – Rp13.700″ link=”http://clkde.tradedoubler.com/click?p=235155&a=2773062&g=0&url=https%3a%2f%2fwww.microsoft.com%2fid-id%2fstore%2fapps%2fcomic-show%2f9wzdncrdhx3b” linkrel=””]

0 Comments

Post Comment