Gadget Laptop Review

Hands On ASUS ROG G752VS

Beberapa hari lalu, saya berkesempatan untuk melakukan hands on ASUS ROG G752VS, salah satu varian baru laptop game buatan ASUS yang juga diperkenalkan di acara pembukaan ASUS ROG Store di kota Jogjakarta beberapa waktu lalu.

ASUS ROG G752VS merupakan laptop game yang sudah menggunakan grafis mobile generasi baru dari Nvidia, yaitu GTX 1070. Tentu saja grafis terbaru ini memiliki peningkatan performa yang lebih baik dibandingkan dengan grafis Nvidia sebelumnya. Selain menggunakan grafis terbaru dari Nvidia, ASUS ROG G752VS dibekali dengan hardware yang bakal bikin kita tercengang. Sebelum membahas jeroan dari laptop ini, mari kita telusuri hal-hal menarik lain terlebih dulu.

Jadi inilah hands on dan review singkat mengenai ASUS ROG G752VA.

Desain

ASUS ROG G752VS menggunakan material kokoh berwarna abu-abu. Pemilihan warna ini menjadikan laptop game ini berbeda dengan kebanyakan laptop bergenre serupa yang di dominasi warna merah dan hitam. Desaik ikonik juga diberikan oleh ASUS pada laptop kelas premium untuk para gamers ini.

Desain futuristik jelas terlihat pada keseluruhan desain ROG G752VS ini. Yang paling saya suka adalah bagian depan. Saat laptop dinyalakan, ada warna merah yang muncul dari ventilasi, menambah kesan gahar. Desain bagian depan mengingatkan saya pada bagian belakang mobil milik Lamborghini.

hands on review asus rog g752vs

lamborghini-r

Pada bagian dalam, ASUS memberikan desain yang nyaman pada keyboard dan touchpad. Desain keyboard dibuat sesuai dengan karakter gamers, dimana jarak antar tombol lebih lebar daripada laptop kebanyakan. Selain nyaman, susunan keyboard ini bisa meminimalisir kesalahan pencet tombol yang tentu bisa bikin bete saat bermain game.

ASUS juga mengatur tingkat kedalaman keyboard dengan baik. Berdasarkan panduan teknis yang saya dapatkan, tingkat kedalamannya mencapai 2.5 milimeter. Saat saya mencobanya, tombol-tombol keyboard tersebut nyaman dan empuk saat ditekan. Keyboard ROG752VS juga memiliki fitur anti-ghosting dengan 30-key rollover agar kontrol game jadi lebih presisi.

Keyboard pada laptop game ini juga dilengkapi dengan backlight berwarna merah. Sayangnya, kita tidak bisa mengubah warna dari backlight tersebut. Bagi banyak orang, hal ini mungkin bukan masalah besar.

Keyboard
Keyboard

Untuk menambah fungsionalitas pada laptop game ini, ASUS memberikan 5 tombol shortcut yang memiliki fungsi khusus (4 di pojok kiri atas, 1 tombol dengan logo ROG di bagian numerik). Fungsi-fungsi dari tombol-tombol tersebut adalah, untuk merekam layar dengan bantuan software Xsplit Gamecaster (bundling), tombol Steam dan 3 tombol lain yang bisa kalian atur. Satu tombol berfungsi untuk masuk ke ASUS Gaming Center yang digunakan mengatur gaming profil pada notebook.

Tidak hanya keyabord, ASUS memberikan peningkatan pada kemampuan touchpad-nya. Besarnya dimensi pada ROG dimanfaatkan dengan baik oleh ASUS. ROG G752VS memiliki touchpad yang luas dan lebar. Tidak hanya itu, saat saya mencoba, touchpad dari laptop game ini terasa nyaman dan empuk, berbeda dengan laptop versi premium buatan ASUS untuk kalangan pebisnis, ZenBook 3.

touchpad
touchpad

Bukan hanya secara bentuk saja, touchpad ROG G752VS membawa fitur smart gesture yang bisa membantu kita untuk mengoperasikan laptop. Kita bisa menggunakan dua jari untuk scroll ke atas dan bawah atau pinch untuk melakukan zoom. Saat saya mencobanya, touchpad dari laptop game ini cukup nyaman, setara dengan touchpad milik MacBook.

Layar

ASUS ROG G752VS memiliki layar 17.3 inchi. Buat pengguna laptop biasa, tentu merasa layar ini terlalu lebar, tapi bagi gamers, layar 7.3 inchi cukup memanjakan mata saat digunakan untuk bermain game. Terlebih, layar dari ROG G752VS sudah beresolusi Ultra HD (UHD) 3840×1260 dan tingkat refresh rate 60 Hz. Dengan tingkat refresh rate sebesar itu, maka kemampuan grafis Nvidia terbaru bisa dimaksimalkan.

layar-asus-rog-g752vs

Nvidia G-Sync

Untuk membuat grafis semakin mulus, Nvidia memberikan teknologi Nvidia G-Sync di laptop game terbaru ini. Fitur ini berfungsi untuk memperhalus gerakan gambar. Jadi kita bisa menikmati permainan tanpa harus terganggu dengan tampilan layar yang putus-putus.

Tidak berhenti sampai disitu, ASUS memberikan teknologi in-plane switching (IPS) untuk memberikan akurasi dan reproduksi gambar yang lebih bagus. Teknologi ini terlebih dulu populer di dunia smartphone. Jadi jika kalian menggunakan laptop untuk aktivitas seperti fotografi, desain grafis, konten game 3D atau video maker, maka memilih layar laptop yang sudah menggunakan teknologi IPS sangat disarankan.

ASUS Splendid

Tentu saja, seperti kebiasaan ASUS sebelumnya, ada tool tambahan, yaitu ASUS Splenid. Tool ini berguna untuk menambah pengalaman bermain game di ROG G752VS semakin meningkat. Ada empat mode yang diberikan, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode dan Manual Mode. Masing-masing mode memiliki keunggulan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat itu.

Fitur Ajaib

Mungkin banyak manfukatur laptop gaming saat ini mengklaim memiliki spesifikasi hardware serupa dengan yang dimiliki ASUS ROG G752VS, namun ASUS memiliki nilai tambah berupa fitur-fitur yang jarang ditemui pada laptop game sejenis.

Teknologi ASUS IceCool

Teknologi ini digunakan untuk membuat area di sekeliling touchpad atau yang disebut area palmrest (yang digunakan untuk meletakkan ujung telapak tangan) terasa dingin. Coba kalian ingat, saat menggunakan laptop game yang kalian punya saat ini, apakah area palmrest tersebut akan terasa panas saat digunakan terlalu lama?
Nah teknologi ASUS IceCool akan tetap menjaga suhu di area palmrest berada di sekitar 28 – 35 derajat celcius, yang berarti masih di bawah suhu dari manusia normal.

heat-map-asus-rog
source: ASUS

Selain itu, ASUS memiliki solusi cerdas dengan melakukan penempatan hardware yang sering ‘bekerja keras’ seperti mainboard, heatsin, prosesor dan kartu grafis berada di bagian atas keyboard. Sehingga suhu panasnya tidak mengganggu telapak tangan pengguna.

3D Vapor Chamber

Untuk sistem pendingin yang digunakan untuk laptop itu sendiri, ROG G752VS menggunakan teknologi yang disebut 3D Vapor Chamber. Cara kerja teknologi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan heatpipe yang biasa digunakan oleh laptop game saat ini.

Bedanya, pipa yang digunakan di laptop ini berbentuk pipih dengan diameter tabung yang lebih lebar. Hal itu bisa membuat pipa menampung cairan lebih banyak. Jadi perpaduan antara heatpipe dengan 3D Vapor Chimber akan lebih maksimal dalam menghilangkan panas akibat pemakian yang terlalu lama.

Meski sudah menggunakan berbagai macam teknologi pendingin, laptop game ini masih memiliki dua kipas tembaga yang terpasang pada CPU dan GPU. Jika kalian melihat moncong ikonik ROG G752VS di bagian depan laptop, disitulah aliran pembuangan panas terjadi.

Anti Dust Thermal Tunnel

ASUS memberikan teknologi Anti Dust thermal tunnel untuk membuang debu atau kotoran yang mungkin masuk dan menumpuk pada kipas. Jadi kipas tetap bersih dan akan berimbas pada performa dari sistem pendingin menadi stabil.

TurboMaster

Teknologi ini berfungsi bagi kalian yang suka melakukan overclock. Dengan teknologi ini, GPU bisa kalian overclock hingga 5% tanpa mengurangi stabilitas laptop. TurboMaster juga mampu menyeimbangkan suhu panas komponen agar tidak merembet ke komponen lain.

VR Ready!

Selain fitur pendingin, ASUS ROG G752VS ini sudah mendukung teknologi VR. Sayangnya saya belum sempat mencoba bermain game VR dengan laptop ini. Tapi jika melihat beberapa ulasan test benchmark VR games, laptop game buatan ASUS ini memiliki skor tinggi.

Benchmark

Saya mencoba laptop game ini tidak terlalu lama. Bermain game Witcher, menjalankan software screen recorder dan multitasking (membuka banyak aplikasi dan game sekaligus). Kalian bisa saja menganggapnya bukan ulasan lengkap, karena memang saya hanya memiliki sedikit waktu untuk mencoba. Tapi selama waktu tersebut, saya cukup puas dengan perfofrma dari laptop ASUS ROG G752VS ini.

Tapi jika menilik dari spesifikasi yang dibawa oleh laptop ini, kita tak perlu khawatir dengan performanya. Prosesor i7-6700HQ merupakan prosesor quad core generasi terbaur dari Intel dengan arsitektur Skylake 14 nm dengan 8 threads. Saat dilakukan benchmark, hasilnya tidak mengecewakan.

benchmark-proc-i7

Selain prosesor dan RAM (64 GB), kecepatan proses sebuah laptop dalam menjalankan tugasnya uga dipengaruhi oleh media penyimpanan yang digunakan. ASUS ROG G752VS menggunakan SSD 512 GB dan HDD 1 TB dimana jika kita menaruh instalasi OS dan aplikasi pada SSD akan meningkatkan performa. Secara teknis, hasil benchmark mengamini hal tersebut. Proses read-write merupakan faktor untuk meningkatkan kecepatan dalam menjalankan game atau aplikasi.

benchmark-activity

Beralih ke karti grafis. ROG G752VS menggunakan chip Grafis Nvidia GTX1070 dengan mikroarsitektur pascal yang diklaim mampu membuat performanya lebih baik dari versi sebelumnya. Dari hasil benchmark terlihat bahwa Nvidia GTX1070 performanya meningkat 2.5x lipat dibanding versi sebelumnya.

benchmark-nvidia-gtx1070

Kesimpulan

Dengan harga mendekati 60 juta, wajar saja kalian akan mendapatkan spesifikasi hardware istimewa. Prosesor keluaran anyar, chip grafis aduhai, material kokoh dan banyak fitur ajaib yang disertakannya. Sulit untuk mencari kelemahan dari laptop game ini jika dilihat dari performa.

Jika memang harus menyebutkan, spesifikasi gahar harus ditebus dengan desain yang bulky dan berat. Kalau kalian mencari laptop game dengan desain tipis, ada ASUS ROG G501 yang bisa jadi alternatif pilihan.

Galeri

Spesifikasi ASUS ROG G752VS

Main Spec. ROG G752VS (G-SYNC)
CPU Intel® Core™ i7-6820HK Processor 8MB cache @ 2.7GHz (3.6 GHz Turbo, overclock up to 4GHz)
Operating System Windows 10
Memory 64GB 2133MHz DDR4 up to 2400MHz
Storage 1TB HDD 7200rpm, 512GB*2 SSD
Optic Drive Super-Multi DVD
Display 17.3” UHD (1920 x 1080) IPS panel with NVIDIA G-SYNC
Graphics NVIDIA GeForce GTX 1070 8GB DDR5
Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 2 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Camera HD Web Camera
Connectivity Integrated 802.11ac or 802.11 b/g/n (WiDi), BT 4.0 support
Audio Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster
Dimension 385 x 255 x 32.4mm
Battery 8Cells 90 Wh
Accessory ROG Bagpack, ROG Gaming Mouse, ROG Headset
MSRP Rp59.299.000
Warranty 2 years full global warranty

  • Desain4.0
  • Performa dan Harga4.7
  • Bundling4.8

JIka kalian tidak merisaukan harga dan hanya mencari laptop game dengan material bagus dan performa menawan, maka ASUS ROG G752VS adalah pilihannya.

4.5Overall Score

Post Comment