Review

Instagiffer: Aplikasi untuk Membuat GIF

aplikasi membuat gif instagiffer

Kali ini saya mau membahas sebuah aplikasi untuk membuat gambar GIF yang bernama Instagiffer. Seperti kita ketahui, gambar berformat GIF mendukung gambar bergerak—entah itu dari cuplikan film atau animasi—dan kerap digunakan untuk membuat meme yang lucu.

Instagiffer bisa digunakan baik di komputer Windows maupun Mac. Layak disebut kalau versi Windows masih merupakan versi win32 (berformat .exe), bukan aplikasi Bursa. Yang menyenangkan, aplikasi ini memiliki fitur yang banyak dan bisa didapat secara gratis.

Mari kita lihat beberapa fitur dari Instagiffer:

  1. Membuat GIF dari berbagai sumber: Video dari koleksi di komputer, video online (YouTube, dll), foto, atau merekam tampilan monitor.
  2. Mendukung cropping gambar.
  3. Mendukung baik gambar GIF yang dioptimalkan (di bawah 1 MB), atau yang berukuran besar (60 FPS HD).
  4. Menambah filter, teks atau logo (watermark)
  5. Mendukung konversi ke video (dengan suara) berformat .webm atau .mp4.
  6. Peringatan untuk standar penggunaan di media sosial.

membuat animasi gif menambah tulisan

Dari segi tampilan, Instagiffer bisa dibilang cukup rapi. Hampir semua fitur (pengaturan) langsung hadir di satu bidang. Ini memudahkan kita mencoba-coba berbagai variasi. Di versi Mac yang saya coba, fitur menambah logo (watermark) tersembunyi di menu bar di atas. Menurut saya, akan lebih baik kalau juga ada di wilayah kerja (mungkin di bawah menambah caption/teks).

Patut diperhatikan kalau tidak semua istilah yang ada di fitur Instagiffer cukup familiar dengan semua orang. Misalnya frame per second (dijelaskan dengan istilah smoothness atau tingkat kehalusan) atau playback rate. Namun saya yakin dengan sedikit coba-coba saat membuat GIF, semua fitur mudah dikuasai. Pengembang aplikasi ini juga memberikan tutorial Instagiffer di YouTube.

membuat gif dengan watermark logo

Ada hal yang harus diperhatikan ketika membuat GIF, yaitu ukuran besar file akhir. Makin besar ukuran gambar, makin halus (makin besar fps), makin panjang durasi, akan menghasilkan gambar GIF berukuran besar. Ini berarti kemungkinan besar loading gambar akan lama untuk yang kebetulan memiliki koneksi internet kurang cepat.

Kalau kamu memang hobi membuat gambar GIF yang lucu dan menyebarnya di media sosial, aplikasi Instagiffer ini layak dicoba. Apalagi, seperti saya sebut di atas, aplikasi ini gratis dan bisa dipakai di Windows dan Mac.

Instagiffer - Gratis (Windows/Mac)
  • Tampilan3.5
  • Fitur4.0
  • Performa4.0

Instagiffer adalah aplikasi membuat gambar GIF dengan fitur lengkap, termasuk mengambil sumber dari video YouTube. Aplikasi yang cocok untuk yang hobi bikin animasi GIF.

DOWNLOAD
3.8Overall Score

Post Comment