Review

Review Asphalt Xtreme: Saatnya Mobil Offroad Beraksi

Melalui game terbaru Asphalt Xtreme, Gameloft mengajak kita bermain balap mobil offroad dengan gaya khas Asphalt. Kencang, penuh aksi, dan seru. Lupakan mobil sport sejenak. Karena sekarang saatnya gila-gilaan ala offroad.

Gameplay Asphalt Xtreme

Kalau kamu mengenal game Asphalt dengan baik, maka sudah bisa menduga–atau malah mengharapkan–adanya balapan penuh aksi. Balapan dengan kecepatan tinggi, saling tabrak, juga gerakan akrobatik. Aksi tersebut juga hadir di Asphalt Xtreme.

Mungkin terkesan lucu melihat mobil offroad atau monster truck berlompatan dan berguling di udara. Tapi inilah Asphalt. Semuanya tentang aksi tingkat tinggi.

asphalt xtreme monster truck
Balapan monster truck

Beberapa elemen khas Asphalt lain juga hadir di sini. Mulai dari balapan klasik melawan tujuh pembalap lain, knockdown, versus, elimination, dan infected. Semua jenis balapan tersebut ada di tiap seri Career Mode. Career Mode sendiri terbagi dalam lima kategori, yaitu: Rookie, Amateur, Semi-Pro, Pro, dan Master. Selain Career Mode, juga ada multi-player, event, dan mastery. Boleh dibilang, hampir semua mirip dengan Asphalt 8: Airborne, tapi dalam versi offroad.

Ada sedikit perbedaan antara Asphalt 8: Airborne dengan Asphalt Xtreme. Hanya saja, perbedaan tersebut berupa hal-hal kecil di kondisi permainan. Bukan di cara bermainnya.

Salah satunya, di Asphalt Xtreme ada penggantian oli (yang digunakan selama balapan). Penggantian oli ini serupa dengan indikator kondisi kendaraan untuk mobil elit di Airborne. Hanya saja, di Xtreme lebih murah dan punya durasi penggantian lebih cepat.

Tampilan dan Kontrol Asphalt Xtreme

Seperti biasa, Asphalt Xtreme memiliki tampilan yang memuaskan. Berbagai mobil, mulai dari kelas SUV, buggy, pickup, truk, sampai monster truck hadir dengan detil yang luar biasa. Begitupun latar belakang lokasinya. Arena yang ada di gurun Gobi, Phuket, lembah sungai Nil, Svalbard dan Detroit, tampil dengan kompleks. Kalau kamu pernah bermain Asphalt 8: Airborne dengan lokasi barunya, seperti itulah arenanya.

mobil offroad drift
Drift di tikungan

Kontrol Asphalt Xtreme juga masih sama dengan Asphalt 8: Airborne. Kontrol kendaraan dilakukan dengan memiringkan handphone seperti setir mobil. Tekan sisi kiri untuk rem, dan sisi kanan untuk mengaktifkan nitro. Kombinasi rem dan setir bisa menghasilkan drift, atau flat roll. Tentu saja, kontrol ini bisa diatur sesuai kesukaan kita.

Pengalaman Bermain Asphalt Xtreme

Saya akui, saya adalah penggemar game Asphalt. Jadi, kalau ada yang bertanya pada saya bagaimana kesan main balapan mobil di Asphalt, saya pasti bilang seru. Tapi bukan berarti saya tidak punya catatan.

Asphalt Xtreme, seperti juga Asphalt 8: Airborne, adalah game F2P alias free to play alias freemium. Dengan demikian, akan ada IAP di dalamnya. In-App Purchase ini tentu saja mempengaruhi kondisi permainan. Kalau kita ingin berkembang dengan cepat, tentu saja kita bisa membeli beberapa upgrade dan bonus yang ada di dalamnya. Pilihan lain adalah mengulang permainan atau memanfaatkan berbagai jenis permainan yang ada untuk mendapat koin dan token.

asphalt xtreme multi player
Main multi player

Pada satu titik, perkembangan permainan akan melambat. Hal ini bisa dimaklumi. Untungnya–untuk saya pribadi–game Asphalt tetap seru walau dimainkan berulang kali. Kita bisa mengenali tikungan atau kondisi tiap lokasi, dan itu akan berguna ketika bermain multi-player.

Salah satu hal yang jadi konsekuensi dalam bermain Asphalt Xtreme–seperti juga game Asphalt lain–adalah baterai yang terkuras, dan ukuran game (beserta ukuran tiap update) yang besar. Hal ini layak diperhatikan kalau kamu ingin memainkan game ini.

Keseluruhan, game Asphalt Xtreme memuaskan. Performanya juga bagus. Sejauh ini, belum ada masalah setiap saya mainkan di handphone Lumia 930 (Windows 10 Mobile).

Asphalt Xtreme tersedia di berbagai platform berikut: Android, iOS, Windows Phone dan Windows PC. Kalau kamu memang penggemar game Asphalt, silakan sedot dan mainkan.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK IOS

DOWNLOAD UNTUK WINDOWS

Asphalt Xtreme -- Gratis
  • Gameplay4.0
  • Grafis4.5
  • Performa4.0

Asphalt Xtreme menawarkan semua keseruan yang dimiliki oleh Asphalt 8: Airborne dalam versi lain, versi mobil offroad.

4.2Overall Score

One Comment

  1. Blom pernah main di device mobile, di lumia 540 gagal terus diinstal. Xiaomi redmi 3x ane dapet notif tidak mendukung 😭. Di pc bisa, tp gak bisa miring2in pc pas belok.wkwkw

    Reply

Post Comment