Review

WhatsApp for Windows Phone

Kali ini kami akan membahas salah satu aplikasi wajib, yaitu WhatsApp for Windows Phone. Saat ini siapa yang tidak tahu WhatsApp? Aplikasi messenger untuk smartphone ini menjadi populer dengan cepat karena kemampuannya menjembatani berbagai platform. Entah itu ponsel berbasis iOS, Android, Blackberry, Symbian, dan tentu saja Windows Phone.

Kemampuan WhatsApp sendiri memang powerfull. Mari kita lihat fitur yang dimilikinya.

  • Berkirim pesan (chatting) baik personal mau pun grup.
  • Mengirim gambar
  • Mengirim video
  • Mengirim audio
  • Mengirim geolocation, dan terintegrasi dengan fitur peta (arahan / direction)
  • Menyediakan emoticon
  • Berbagi contact info
  • Mendukung Push Notification
  • Mute grup
  • Melihat media yang didonlot dalam percakapan.

whatsapp chatTampilan WhatsApp untuk Windows Phone sedikit berbeda dengan platform lain. Ya tentu saja, karena WhatsApp mengadaptasi tampilan Metro khas Windows Phone dengan baik. Kita bisa pivot dari tab Chat, Favorites, All dan melihat konten dengan nyaman dan jelas. Mencari kontak juga mudah dengan penelurusan alfabet ala Windows Phone. Oya, apabila kita menambahkan emoticon di nama grup ato nama kontak, tampilan emoticon yang muncul juga berbeda dari yang lain. Tampilan emoticon-nya vector khas ikon yang muncul di tile windows phone.

Nah, keuntungan lain dari WhatsApp untuk Windows Phone ini adalah di pemberitahuannya. Selain push notification yang muncul di toast bagian atas layar, terdapat counter pesan masuk di tile WhatsApp di Start Screen. Apabila kita tap toast yang muncul, kita akan  langsung dibawa ke pesan tersebut.

Sayangnya, WhatsApp di Windows Phone ini tidak bisa menggunakan ringtone yang berbeda untuk membedakan pesan personal dan grup. Aplikasi ini mengikuti pengaturan ringtone yang dimiliki oleh Windows Phone yang hanya membedakan nada dering telpon, sms atau IM, dan Email. Jadi, apabila kita menggunakan ringtone standar dan kita berada di grup yang aktif dan seru di WhatsApp, siap-siap saja mendengar dering pemberitahuan berulang-ulang.

Download: WhatsApp di Marketplace

download whatsapp windows phone

0 Comments

  1. hallo mas, saya kesulitan mengganti foto profil di whatsapp utk Windows Phone ( Nokia Lumia 610 ), versi whatsapp yg saat ini saya pakai versi 2.8.2. saya tidak menemukan menu utk edit profil sama skali. mohon bantuan dan masukannya.

    Reply
    1. Author

      @Andayani: Mbak, coba tap tanda more (tiga titik: …) di action bar (di bawah), pilih setting. Setelah itu swipe ke kanan ke tab Profile. Di sana akan ada Foto Profil dan Form Push Name. Coba tap pada Foto Profil. Seharusnya itu akan membawa ke Set Picture. Di sana ada pilihan: Take a photo, Choose from album, dan delete picture. Nah, silakan Mbak Andayani pilih salah satunya.

      Reply
  2. Halo mas, saya kesulitan buat mencari teman di whats app, caranya gimana ya mas tolong di bantu

    Reply
  3. Mau tanya ni Gan…gimana cara kirim lagu lwat wht app untk lumia620..?

    saya pakai phon lain bisa…!
    thks.

    Reply
  4. Malam mas.. Mau minta bantuannya..mengapa push notifikasi whatsapp tidak muncul ya..sehingga harus cek manual apakah ada pesan yang masuk atau tidak..mohon solusinya

    Reply
    1. seharusnya masalah itu sudah terselesaikan dengan update terbaru dari Whats App sih, apakah sudah pake update terbaru?

      Reply
  5. mas saya mau tanya …. semua aplikasi yang ingin kita download seperti whatsapp pada windowsphone dibutuhkan akun microsoft yah ? trims 🙂

    Reply
  6. Mas cara ganti nada dering notifikasi whatsapp gimana mas saya uda cba ubek2 d setting nada dering,tp ga brubah uba

    Reply
  7. mas , kok kontak facebook kecampur sama kontak biasa yaa, terus biar gak ribet kayak gt gmana caranyaa ?
    trimakasih

    Reply
  8. Saya pemakai lumia 720 dan menginstall whatsapp versi 2.11.670. saya sering mendapat kiriman video dari group WA. Namun saya tidak bisa menghapus video tersebut. Bisakan dibantu caranya? terimakasih

    Reply
    1. mencoba membantu @usman
      kalau saya pakai L720, WA versi 2.11.668
      untuk menghapus video dr chat grup, tekan video tersebut kira-kira 2 detik, kemudian akan muncul pilihan : hapus, teruskan, kirim pesan kepada pengirim.
      video yang sudah diunduh ada di folder foto >> whatsapp.

      semoga membantu.

      Reply
  9. mas mau tanya kalau mau save gambar yang dikirim via whatsapp kalau tidak di save otomatis gimana ya? pilihannya hanya delete, forward & set as profile aja. Tks

    Reply

Post Comment