Tips & Trick

Cara Bermain Pokemon Go: Kamus Istilah

cara bermain Pokemon Go

Makin banyak orang tertarik untuk bermain game Pokemon Go, jadi tidak ada salahnya kami membagi artikel bersambung cara bermain Pokemon Go untuk kalian para pendatang baru yang ingin menjadi Pokemon trainer.

Sebelumnya, kami sempat melakukan review game Pokemon Go dan sedikit memberikan sedikit tips cara bermain Pokemon Go di artikel tersebut.


Baca juga


Di artikel ini, kami akan memberikan tips cara bermain Pokemon Go mulai dari dasar hingga pro. Dan karena fitur-fitur dari game Pokemon Go sendiri akan selalu ditambah, maka artikel ini juga akan menyesuaikan dengan update tersebut. Jadi pastikan kalian bookmark artikel ini agar mudah untuk dikunjungi.

Untuk sekuel pertama artikel ‘cara bermain Pokemon Go’, kami akan menuliskan istialh-istilah yang sering kita jumpai di game Pokemon Go.

Langkah Awal

Meskipun Pokemon Company menjanjikan merilis game Pokemon Go di wilayah Asia secepatnya, namun sampai tulisan ini tayang, game Pokemon Go masih belum tersedia di Play Store ataupun iTunes wilayah Indonesia.

Tapi jangan khawatir, kalian masih bisa bermain game ini dengan trik tertentu. Bagi pengguna Android, kalian bisa unduh file .apk-nya (baca: cara download Pokemon Go Android) dan untuk pengguna iOS sedikit lebih ribet, karena kalian harus menggunakan akun iTunes dengan region yang sudah tersedia (misal: US).

Mengenal istilah di Pokemon Go

Pokeball – Bola standar yang digunakan untuk menangkap Pokemon. Setiap Pokemon trainer akan diberikan 50 Pokeball di awal permainan. Kita bisa menambah Pokeball dengan cara membeli di Poke Shop atau bisa mengambilnya di PokeStop gratis.

Greatball – Memiliki fungsi yang sama seperti Pokeball, tapi memiliki kekuatan yang lebih besar. Untuk mendapatkannya, kalian minimal harus level 12. Greatbal ini hanya bisa di dapatkan (jika beruntung) di PokeStop.

Ultraball – Versi lebih baik dari Greatball.

PokeStop – Tempat pemberhentian yang biasanya berisi item-item yang bisa diambil secara gratis. Biasanya di daerah sekitar PokeStop ada beberapa Pokemon liar yang bisa ditangkap. Selain itu PokeStop bisa dipasang Lure Module.

Lure Module – Digunakan untuk memancing Pokemon datang ke PokeStop. Jadi kalian tidak perlu berjalan mencari-cari keberadaan Pokemon. Lure Module bisa dinikmati juga oleh Pokemon trainer lainnya selama berada di PokeStop yang sama.

Cara menggunakannya, tap PokeStop, tap kotak kecil di atas gambar lingkaran (berisi foto keterangan PokeStop) kemudian pasang Lure Module. Waktu satu kali Lure Module adalah 30 menit.

Incense – Fungsi sama seperti Lure Module, yang membedakan, Incense tidak membutuhkan PokeStop dan keuntungan itu hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang memasangnya.

Pokedex – Database Pokemon yang pernah kalian temui (baik yang berhasil ditangkap, kabur atau hasil tetasan PokeEgg).

Gym – Tempat bertarung (jika penjaga gym merupakan tim berbeda dengan kalian) dan melatih Pokemon (jika penjaga gym adalah tim yang sama).

Combat Power (CP) – Jumlah kekuatan yang dimiliki Pokemon. Kalian bisa meningkatkan kekuatan CP dengan memberikan candy dan stardust dengan jumlah yang berbeda, tergantung dari jenis Pokemonnya.

Pokecoin – Mata uang di dunia Pokemon, bisa digunakan untuk membeli item-item yang ada di Pokeshop. Untuk mendapatkan Pokecoin, kalian bisa membelinya di Pokeshop.

PokeEgg – Telur yang bisa kalian dapatkan di PokeStop, dan bisa kalian tetas-kan dengan menempuh jarak sesuai dengan keterangan yang ada di telur tersebut. Kami baru menemukan jarak antara 2 km – 10 km.

Meskipun Pokemon Go menganjurkan untuk berjalan kaki, namun kita bisa menetaskan telur tersebut dengan naik kendaraan seperti motor, sepeda, skateboard atau kendaraan lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah, kecepatan kalian tidak boleh terlalu cepat. Ya, dikira-kira seperti orang lari.

Egg Incubator – Alat yang digunakan untuk menetaskan PokeEgg.

Razz Berry – Buah-buahan yang digunakan untuk ‘menyuap’ Pokemon agar tidak lari ketika ditangkap. Gunakan secara bijak pada Pokemon yang benar-benar susah ditangkap.

Revive – Gunakan untuk menghidupkan kembali Pokemon yang mati setelah bertarung.

Potion – Digunakan untuk menyegarkan kembali Pokemon setelah lelah bertarung.

Super Potion – Sama fungsinya dengan Potion, tapi memberikan HP yang lebih besar.

Lucky Egg – Digunakan untuk melipatgandakan nilai XP yang di dapat. Biasanya digunakan untuk mempercepat naik level. Gunakan dengan bijak. Saat sedang berada di PokeStop yang memasang Lure Module atau ketka mau evolve banyak Pokemon.

Evolve – Evolusi Pokemon menjadi jenis yang berbeda.

Camera – Fungsinya mirip screenshot.

Warna lingkaran Pokemon – Jika kalian menemukan Pokemon dan bersiap menangkap, kalian akan melihat satu lingkaran yang akan mengecil. Ada beberapa warna yang bisa kita temukan, warna hijau menandakan Pokemon tersebut mudah untuk ditangkap, dan merah untuk yang paling susah ditangkap.

Badge – Penghargaan yang akan diterima setelah melengkapi tugas-tugas tertentu. Buka profil kalian untuk melihat badge-badge yang ada di game ini.

Catatan: istilah-istilah ini akan kami tambah jika ada update terbaru.

Itulah istilah-istilah yang akan sering kita jumpai di game Pokemon Go. Jika kalian mempunyai pertanyaan tentang istilah dari game Pokemon Go yang tidak kalian ketahui, atau kalian ingin menambahkan daftar istilah yang terlupa, silakan berkomentar di artikel ini.

Untuk sekuel kedua dari artikel ‘cara bermain Pokemon Go’, kami akan menuliskan beberapa tips menarik.

Post Comment