Tips & Trick

Cara Menggunakan Line@ dan Informasi Lain

line di pc

Seperti juga Profil Bisnis Instagram, kita bisa menggunakan LINE@ di layanan LINE untuk memisahkan kepentingan bisnis dan personal. Dengan demikian lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan.

Namun sebelumnya, mungkin belum banyak yang kenal dengan LINE@. Dalam kesempatan ini, kami ingin berbagi beberapa informasi mengenai hal tersebut.

Apa itu LINE@?

LINE@ merupakan layanan bisnis yang disediakan oleh LINE. Dengan layanan ini, pemilik bisnis bisa berkomunikasi dengan pelanggan di LINE. LINE@ dibaca sebagai LINE-at.


Keuntungan Menggunakan LINE@

  • Mengirim pesan (broadcast message) sampai tiga buah sekaligus ke semua pelanggan atau fans yang sudah menjadi teman.
  • Mengatur kapan hendak mengirim pesan.
  • Bisa menggunakan balasan otomatis (auto-reply) dan balasan untuk kata kunci tertentu (keyword reply).
  • Memiliki fitur kupon (diskon, dll) dan survey.
  • Bisa membuat kartu loyalitas LINE untuk promosi.
  • Profil LINE@ lengkap dengan tampilan promosi (kupon), foto, lokasi, dll.
  • Tetap bisa berkomunikasi secara personal (1-on-1)
  • Mendukung timeline beserta Like dan Komentar (melalui persetujuanmu).
  • Bisa menggunakan akun official dengan nama bisnis.

Baca juga: 9 Hal Tentang Menyimpan File di LINE Keep


menggunakan line@ dengan aplikasi

Platform yang mendukung LINE@

Untuk aplikasi LINE@:

Untuk PC atau Mac:

  • Gunakan laman Admin PC di peramban (browser)
  • Peramban yang disarakan: Chrome dan Safari

Cara Membuat LINE@

Untuk menggunakan LINE@, kamu harus memiliki alamat email yang terdaftar untuk akun LINE (silakan baca Cara Chat Menggunakan LINE di PC)

Di ponsel:

  • Gunakan aplikasi LINE@
  • Tekan tombol menu ( ) di sebelah kanan atas, kemudian pilih + Create Account.

Di komputer / PC:

  • Buka LINE Business Center
  • Pilih Layanan > LINE@
  • Pilih Memulai Akun Standar atau Mendaftar untuk ‘Akun yang Disetujui’.
  • Masukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan.

Untuk admin akun yang menggunakan LINE@ di komputer bisa merujuk ke Halaman Admin PC LINE@.

Khusus untuk Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia; pengguna diperbolehkan membuat sampai 100 ‘akun yang disetujui’ dan 10 akun standar. Di luar ke-4 negara tersebut, pengguna hanya dibatasi sampai 10 penguna standar saja.

lineat pc admin


Beda “akun yang disetujui” dan akun standar

Akun yang disetujui merupakan akun yang sudah ditinjau, disetujui (verifikasi), dan akan mendapat tanda verfikasi. Menggunakan LINE@ dengan akun yang disetujui memiliki keuntungan tersendiri. Akun jenis ini akan muncul di hasil pencarian di aplikasi LINE. Sedangkan akun standar tidak muncul di hasil pencarian di aplikasi LINE.


Baca juga: 12 Poin Profil Bisnis Instagram yang Perlu Diketahui


Bagaimana dengan LINE@ ID?

Ada dua jenis ID yang bisa dipilih. ID acak (ada ikon abu-abu) dan ID Premium (ada ikon biru). ID acak merupakan nama identitas dengan gabungan huruf dan angka yang dipilih acak, sedangkan ID Premium dibuat berdasarkan pilihan anda.

Untuk bisa menggunakan LINE@ dengan ID Premium, kita perlu pengajuan permohonan dan akan dikenakan biaya. Silakan lihat daftar paketnya.


Batasan Mengirim Pesan LINE@

Jumlah kemampuan mengirim pesan tergantung pada paket yang dimiliki pengguna.

Untuk pengguna paket gratis, pesan dibatasi sampai 1000 pengiriman dalam sebulan. Sekali pengiriman terhitung dari tiap balon teks yang muncul di obrolan LINE. Jadi jumlah total adalah jumlah sekali pengiriman dikali jumlah teman valid (jumlah teman yang diblokir dan yang memblokir).

Contoh: Kamu mengirim 3 pesan sekaligus dalam sekali mengirim pesan, maka akan muncul 3 balon kata. Hal itu akan terhitung 3 kali pengiriman. Kalau kamu memiliki 400 teman valid, maka jumlah total pengiriman pesan adalah 1200, yang melebihi batasan pesan LINE@ paket gratis.


Itulah beberapa informasi umum tentang menggunakan LINE@ untuk kepentingan bisnis. Beberapa informasi yang lebih spesifik akan kami bahas pada kesempatan lain. Semoga informasi di atas bisa membantu. 🙂

Post Comment