Tips & Trick

Game Pokemon Go: Yang Perlu Kamu Tahu

game pokemon go

Game Pokemon Go berbeda dengan game-game Pokemon lain, bahkan jika kalian sudah pernah memainkan game Pokemon sejak usia balita, gameplay dari Pokemon Go ini sangat berbeda. Artikel kali ini, kami ingin berbagi hal-hal yang mungkin belum kalian ketahui dari game Pokemon Go, mulai dari tips, trik hingga informasi lainnya (baca juga: tips sebelum bermain Pokemon Go).

Jadi, inilah hal-hal yang perlu kamu tahu dari game Pokemon Go.:

PokeStop bisa dipakai setiap 5 menit

Paling tidak itulah yang saya alami. PokeStop adalah tempat dimana kita bisa mendapatkan berbagai macam item secara gratis. Mulai dari Pokeball, potion, Pokemon egg dll. PokeStop ternyata bisa dipakai lebih dari sekali dengan jarak setiap 5 menit. Tandanya adalah pin PokeStop kembali berwarna biru (setelah dipakai akan berubah warna menjadi ungu). Jadi beruntunglah jika kantor, sekolah atau rumah kalian adalah PokeStop.

Sedikit tips: jika kalian diajakin nongkrong teman atau pacar, pilihlah tempat yang menjadi PokeStop. Nongkring satu jam, paling tidak bisa pakai 12 PokeStop.

Barter Pokemon dengan Permen

Jika kalian melihat profil Pokemon, kalian akan melihat informasi Power dan Evolve. Dimana untuk menambahkan Power atau berevolusi, dibutuhkan sejumlah Permen, sesuai dengan jenis Pokemonnya. Untuk mendapatkan permen tersebut, kalian bisa tranfer Pokemon yang serupa. Sebenarnya ga perlu yang serupa sih, tapi kan sayang kalau cuma punya satu tapi di transfer.

Cara transfernya, cukup pilih Pokemon yang ingin di transfer, scroll ke bawah, pilih Transfer. Permen yang diterima disesuaikan dengan jenis Pokemon yang di transfer. Jadi kita tidak bisa mendapatkan Permen Charmender jika kita transfer Pidgeotto.

Jangan main game Pokemon Go sambil nyetir

Untuk mengakses PokeStop atau menagkap Pokemon, kita harus berada lokasi yang ditentukan. PokeStop dan menangkap Pokemon tidak bisa dilakukan jika jarak natara kita dan mereka tidak berdekatan. Banyak pemain game Pokemon Go yang menggunakan kendaraan bermotor (mobil/sepeda motor) untuk menuju PokeStop atau mencari keberadaan Pokemon.

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, jika kalian naik kendaraan bermotor, kemungkina besar untuk melewatkan PokeStop/Pokemon sangatlah besar, jadi jika kalian berburu Pokemon menggunakan sepeda motor atau mobil, berhentilah terlebih dulu sebelum berburu. Jangan bermain Pokemon Go sambil nyetir, sudah banyak kasus kecelakaan terjadi.

Level Pokemon trainer mempengaruhi keberadan Pokemon langka

Mendapatkan Pokemon langka memang sangat menyenangkan, tapi jangan berharap itu akan terjadi jika kalian masih memiliki level Pokemon trainer yang rendah. Kalian akan bertemu dengan Pokemon-Pokemon dasar terlebih dulu jika masih berada di level awal.

Pokemon langka atau yang memiliki kekuatan besar, seringkali butuh lebih dari satu buah Pokeball untuk menagkapnya. Mereka bisa keluar dari Pokeball dan menghilang. Jadi jika kalian menemukan Pokemon langka atau yang sulit ditangkap, cobalah untuk memberi mereka item yang ‘melemahkan’ sebelum melemparkan Pokeball.

Penghitungan kecepatan penetasan telur Pokemon

Untuk menetaskan telur Pokemon, kita harus menempuh jarak yang bervariasi (biasanya antara 2 – 5 km). Namun kadang kita merasa bahwa sudah menempuh jarak yang di haruskan, namun kenapa telur Pokemon tidak kunjung menetas.

Game Pokeomon Go memberikan perhitungan tersendiri, bukan hanya melihat jaraknya saja, tapi juga melihat kecepatan. Gampangnya, jika kalian berjalan kaki, maka itu akan di hitung dengan mudah. Jika kalian menggunakan motor, jangan terlalu cepat, sesuaikan seperti kecepatan rata-rata orang berlari atau jogging. Jika kalian malas jalan atau lari, bisa pakai sepeda atau skateboard.

Pastikan juga kalian membuka game Pokemon Go agar langkahnya masuk hitungan.

Gratis item saat menjadi penjaga Gym

Pertarungan antar Pokemon trainer adalah hal yang cukup menyenangkan. Itu baru bisa kita lakukan saat berada di level 5. Nah jika kalian berhasil merebut Gym dari Pokemon trainer lainnya, kalian bisa menaruh Pokemon terkuat yang kalian miliki sebagai penjaga. Jika Pokemon kalian bisa memenangkan duelnya dengan Pokemon milik trainer lain, kalian akan mendapatkan gratis item yang bisa kalian ambil setiap 20 jam (dengan catatan Gym kalian belum digusur oleh trainer lain).

Saling serang, tidak bergantian

Game Pokemon sebelumnya, kita bertarung secara gantian saat melakukan serangan. Hal ini tidak berlaku di game Pokemon Go. Jadi lakukan serangan dan tetaplah wasapada dengan serangan balik musuh.

Pokemon bisa dipanggil

Hampir seperti jelangkung, Pokemon bisa dipanggil oleh trainer, namun dengan beberapa syarat. Jika kalian lihat di pojok kanan bawah, ada beberapa Pokemon terdekat, dan biasanya ada keterangan 1 – 3 jejak kaki. Hal tersebut menandakan bahwa 1 jejak kaki berarti Pokemon tersebut dekat dengan kalian, sedangkan 3 jejak kaki, tandanya Pokemon masih jauh.

Nah Pokemon yang bisa dipanggil jika mereka terdapat pada daftar tersebut namun tidak memiliki jejak kaki. Untuk memanggilnya, cukup tap daftar di pojok kanan bawah, pilih Pokemon yang akan dipanggil hingga terlihat lingkaran disana. Kembali ke peta, dan Pokemon tersebut akan muncul.

Atur game Pokemon Go agar hemat baterai

Untuk lebih menghemat baterai, masuklah ke pengaturan dari game Pokemon Go. Matikan beberapa fungsi yang kurang berguna untuk lebih menhemat baterai.

228px-Q4

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu dari game Pokemon Go. Selamat mencoba dan selamat bermain. Dan bermainlah dengan hati-hati dan sopan.

2 Comments

Post Comment