Trending

Apple Event “hello again” Diadakan Tanggal 27 Oktober

apple event 27 oktober 2016

Apple Event yang diduga akan memperkenalkan lini Macbook Pro terbaru akan diadakan pada tanggal 27 Oktober 2016 di Cupertino. Setelah beberapa tahun tidak mendapat perkembangan signifikan, akhirnya laptop Apple ini akan lahir kembali. Paling tidak menurut rumor yang beredar.

Slogan Apple Event “hello again” disebut merujuk pada sapaan “hello” tahun 1984. Hal ini dianggap menjadi indikasi kuat pengumuman lini Macbook Pro tersebut.

Laptop Macbook Pro tadinya merupakan produk andalan Apple. Namun ketika era smartphone tiba, iPhone menggantikan posisi tersebut. Perkembangan Macbook Pro semakin terpinggirkan dengan hadirnya produk mobile lain seperti iPad, dan iPad Pro yang datang belakangan. Hampir 4 tahun Macbook Pro tidak mendapat inovasi baru.

Walau begitu, lini produk Mac tetap memiliki penggemarnya tersendiri, dan bahkan menggoda konsumen baru. Bloomberg menyebutkan bahwa pada tahun fiskal terakhir, penjualan komputer Mac (termasuk lini Pro) naik 6%, sementara penjualan iPad turun 23%.

Rumor menyebutkan bahwa akan ada beberapa fitur baru di lini Macbook Pro. Pertama, Macbook Pro disebut akan memiliki layar OLED touch screen di bagian atas keyboard. Layar tersebut akan menampilkan beberapa tombol dengan fungsi tertentu. Kedua, USB-C akan menggantikan colokan USB klasik dan colokan power MagSafe (seperti yang sudah ada di Macbook Air). Ketiga, kemungkinan akan ada fingerprint scanner dengan TouchID seperti di iPhone. Selain itu juga ada rumor bahwa akan ada pilihan varian Macbook yang menggunakan chip grafis AMD “Polaris”. Sebelum ini produk dari Intel yang digunakan.

Di samping pembaruan di lini Mac, Apple juga disebut akan memperkenalkan beberapa produk lain, seperti iMac baru, Macbook Air, juga monitor “5K” hasil kolaborasi dengan LG. Awal tahun ini Apple menghentikan produk monitor 27 inci Thunderbolt Display miliknya.

Meskipun rumor teknologi sering akurat, tidak ada yang tahu dengan pasti (kecuali Tuhan dan Apple), apa yang akan diumumkan di Apple Event 27 Oktober mendatang. Toh, rumor tentang produk Google pun tidak 100% tepat (mungkin benar tapi belum diumumkan di acara kemarin).

Bagaimana pun, lini Macbook dari Apple saat ini menghadapi tantangan besar. Kompetisi terberat tentu hadir dari berbagai laptop premium Windows. Ironisnya, kebanyakan dari laptop premium Windows tersebut memiliki desain yang mirip dengan Macbook. Di sisi lain, laptop itu menawarkan touchscreen, inkling (coretan di layar), atau bahkan hadir sebagai laptop hybrid 2-in-1 yang bisa jadi tablet.

Adaptasi Windows 10 memang melambat. Hanya saja, Windows masih merupakan sistem operasi komputer raksasa, dan memiliki market share yang besar. Dengan banyaknya laptop premium Windows hadir (beserta inovasinya masing-masing), MacBook jelas harus bertarung.

Bukan berarti Macbook tidak punya keunggulan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Mac memiliki basis fans kuat. Desain adalah salah satunya. Angkat topi untuk Sir Jonathan Ive untuk hal satu ini (lihat film dokumenter Objectified). Touchpad yang enak dan baterai yang tahan lama adalah faktor lain yang layak disebut.

Nah, kita tunggu saja apa yang akan muncul di Apple Event 27 Oktober mendatang. Apakah Macbook Pro akan hadir dengan inovasi yang mengejutkan? Kalau iya, apakah faktor wow itu akan seperti iPhone 7 yang hadir tanpa colokan audio 3,5 mm? Ataukah inovasi lain yang lebih fungsional?

Post Comment