Trending

Late Shift, Film Interaktif Pertama di Dunia

Film interaktif. Mungkin istilah yang sedikit membingungkan. Yang dimaksud di sini adalah jalan cerita film tergantung keputusan penonton. Film Late Shift terbungkus dalam aplikasi untuk menentukan jalan cerita, dan menjadi film interaktif pertama di dunia.

Kalau kamu besar di sekitar awal 80-an dan akhir 90-an, mungkin kamu ingat seri buku yang bertajuk “Pilih Sendiri Petualanganmu” (Choose Your Own Adventure). Di seri itu, pada halaman tertentu di dalam buku, kamu harus menentukan pilihan untuk melanjutkan cerita: “Pergi ke halaman X kalau begini” atau “Pergi ke halaman Y kalau begitu”. Seperti itulah film Late Shift berjalan.


Baca juga: Film yang Layak Ditunggu Tahun 2017


Bisa dianggap Late Shift merupakan gabungan antara film dan game. Karena kita ikut serta secara aktif dalam cerita film, bukan secara pasif seperti biasanya (cuma duduk ngemil popcorn). Late Shift memang hanya memiliki satu cerita. Tapi ada 180 titik keputusan di dalam film, dan dengan tujuh akhir cerita. Film ini bisa terbentang sepanjang durasi 4 jam.

screenshot film interaktif Late Shift

Pada saat tertentu, kamu (sebagai penonton) harus mengambil keputusan untuk aksi Matt (sang tokoh utama) berikutnya. Ada saatnya ketika kamu juga bisa menemukan beberapa hal di dalam film dengan menggeser arah kamera melalui gestur swipe. Jadi… ya, seperti game, tapi tetap film.

Screenplay Late Shift ditulis oleh Tobias Weber dan Michael R. Johnson (yang menulis screenplay film Sherlock Holmes tahun 2009). Film ini diperankan oleh Joe Sowerbutts, Haruka Abe, Lily Travers, Joel Basman (The Monuments Man), dan Richard Durden (From Paris with Love, Oliver Twist).


Baca juga: Download Film Netflix untuk Ditonton Offline Sudah Bisa


Aplikasi film interaktif Late Shift bisa diunduh secara gratis. Di dalamnya tersedia bagian pertama (first chapter-style episode) dari film. Sisa seluruh film bisa diunduh melalui pembelian dalam aplikasi (in app purchase / IAP). Dengan download manager di dalam aplikasi, film bisa diunduh secara utuh atau per episode. Late Shift merupakan film berbahasa Inggris dengan pilihan subtitle bahasa Inggris, Perancis, Jerman, dan Italia.

CtrlMovies, sebagai yang memproduksi film ini, menyebutkan bahwa film ini bisa diputar di bioskop. Namun akan membutuhkan perlengkapan khusus yang harus dihubungkan ke proyektor dan sistem suara. Perlengkapan ini tentunya yang memungkinkan film menjadi interaktif.

film interaktif late shift di ios

Saat ini, aplikasi Late Shift baru tersedia untuk perangkat Apple, seperti Apple TV dan iPhone juga iPad. Lucunya, untuk Apple TV dan bioskop, tersedia mode multi player, yang membutuhkan mayoritas pilihan sebagai penentu jalan cerita. Aplikasi untuk Apple TV juga menyediakan mode single player, yang membuat kamu, yang memegang remote control, sebagai penentu jalan cerita (dan mungkin membuat teman lain jengkel dengan keputusanmu 😀 ).

Nah, kalau kamu penasaran, silakan berkunjung ke App Store dan unduh film interaktif Late Shift. Silakan coba pengalaman pilih sendiri petualanganmu.

DOWNLOAD APLIKASI LATE SHIFT DI APP STORE

Post Comment