Trending

Microsoft Memperkenalkan Windows 10 Creators Update

Pada Windows 10 Event kemarin malam (waktu Indonesia), Microsoft memperkenalkan Windows 10 Creators Update. Versi yang sebelumnya dikenal dengan codename Redstone 2 ini menanamkan dukungan teknologi 3D ke berbagai platform. Selain itu, Microsoft juga memperkenalkan cara berinteraksi dan berbagi dengan cepat dengan orang-orang terdekat.

Apa saja yang hadir di Windows 10 Creators Update?

Paint 3D

Setelah memberikan desain baru pada aplikasi pengolah gambarnya, Microsoft mengambil langkah lebih jauh dengan merilis Paint 3D. Dengan aplikasi ini, kita bisa menggambar obyek 2 dimensi dan dengan mudah mengubahnya menjadi obyek 3 dimensi.

microsoft paint 3d

Di acara Windows 10 ini, Microsoft sempat menunjukkan aplikasi untuk memotret obyek nyata, dan kemudian mengubahnya menjadi obyek 3D dengan mudah. Kita juga bisa menambah aksesoris lain ke obyek yang kita buat. Microsoft memberi contoh dengan menambah stiker kacamata ke sebuah emoji.

Catatan kecil: Microsoft menggunakan aplikasi tersebut di handphone HP Elite X3 (Windows 10 Mobile), namun menyebutnya akan hadir di “any devices“.


Komunitas Remix 3D

Untuk mendukung kreasi dan penggunaan obyek 3D secara maksimal, Microsoft bekerja sama dengan Trimble dan membawa SketchUp–beserta desainer dan koleksinya–ke komunitas online Remix 3D. Komunitas ini hadir di website Remix3D.com (sementara baru bisa diakses di Amerika, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru).

komunitas remix 3d

Dukungan untuk 3D ini juga akan bisa digunakan di aplikasi Office, seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Microsoft menunjukkan bagaimana menggunakan obyek 3D di PowerPoint dan menggunakannya sebagai animasi untuk menunjukkan poin-poin penting presentasi.


Mix Reality

Di acara Windows 10 ini, Microsoft juga mendemonstrasikan bagaimana memanfaatkan teknologi 3D mulai dari komputer, HoloLens, dan virtual reality. Hal ini disebut dengan mix reality. Pada dasarnya, teknologi ini adalah titik temu, ketika hasil dari augmented reality (HoloLens), bisa dilihat di virtual reality (perangkat VR). Microsoft menyebutkan bahwa HP, Lenovo, Dell, ASUS, dan Acer–sebagai rekanan–akan merilis perangkat VR yang mendukung mix reality ini dengan harga terjangkau (mulai dari $299).

perangkat virtual reality windows 10

Microsoft juga mendemonstrasikan pengalaman 3D ini dengan kerjasamanya bersama Houzz (perusahaan desain dan renovasi rumah). Konsumen bisa “mencoba” perabot dalam bentuk hologram di rumah mereka (dengan HoloLens) sebelum membeli perabot yang bersangkutan.


Interactive Game Broadcasting dan Custom Tournament

Windows 10 Creators Update mendukung integrasi dengan Beam sehingga gamer bisa menyiarkan game yang sedang dimainkan (live streaming) ke teman-teman mereka, yang akan mendapat notifikasi dan bisa langsung berinteraksi.

esports custom tournament

Selain itu, Creators Update juga akan membawa fitur Arena di Xbox Live. Di sana, gamer bisa membuat turnamen sendiri bersama teman-temannya. Termasuk membuat aturan kompetisi, mengundang pemain lain, dan mencatat perkembangan turnamen tersebut.

Untuk pengalaman bermain yang lebih seru, Microsoft juga membawa dukungan Dolby Atmos di Windows 10 Creators Update.


Windows MyPeople

Selain 3D, mix reality, dan game, Microsoft juga membawa fitur baru yang lebih praktis bagi penggunanya. Dengan Windows MyPeople, kita akan bisa menyematkan (pin) kontak di taskbar Windows 10. Dengan demikian, kita juga bisa mengirim berkas–baik foto, video atau dokumen–pada mereka (drag & drop ke profile pic di taskbar).

windows mypeople shoulder tap

Selain itu, ada juga fitur notifikasi yang disebut “shoulder tap“. Notifikasi ini akan menunjukkan konten dari berbagai aplikasi di satu tempat. Notifikasi dengan aplikasi yang terintegrasi akan muncul (pop-up/floating) di pin kontak yang bersangkutan.


Itulah garis besar perkembangan yang ada di Windows 10 Creators Update. Untuk sebagian besar pengguna Windows, Creators Update mungkin terlihat terlalu jauh untuk dijangkau, untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Yang paling dekat mungkin hanya Paint 3D atau aplikasi Windows MyPeople.

Microsoft belakangan ini memang mengesankan diri menjadi perusahaan teknologi yang visioner. Hampir semua produknya mengarah ke masa depan, dan sebagian besar menjadi proyek percontohan (selain di sektor bisnis). Ada yang menarik di sini. Tapi hal itu akan kami bahas dalam kesempatan lain. 🙂

Post Comment