Trending

Pilihan menutup komentar Instagram akan segera hadir

instagram for iphone

Belum lama ini Instagram mengumumkan bahwa akan memberi pilihan menutup komentar, dan beberapa fitur lain yang berhubungan dengan keamanan.

Seperti kita ketahui, media sosial kerap menjadi ajang penindasan — yeah, kalau mau memilih kata yang lebih lugas dari bullying — terhadap pengguna lain. Facebook, Instagram, dan Twitter sudah sering menjadi sorotan publik untuk urusan ini. Secara perlahan, mereka menambah beberapa fitur untuk mengurangi penindasan tersebut. Salah satunya adalah menyaring kata sedang digulirkan secara bertahap.

Since the beginning of Instagram, we have focused on making it a welcoming place for everyone.

Kevin Systrom, Co-Founder & CEO Instagram

Sebagai komitmennya untuk membuat Instagram menjadi tempat aktualisasi diri yang positif, beberapa fitur baru akan ditambahkan menyusul hal tersebut.

Paling tidak membuat lini masa Instagram tetap nyaman sebagai tempat berbagi, di samping Instagram Stories yang mungkin lebih bersifat pribadi.


Baca juga: 9 Hal Penting Tentang Instagram Stories


Pilihan Menutup Komentar Instagram

Kolom komentar merupakan tempat kejadian perkara penindasan. Seperti yang sudah disebut di atas, Instagram sedang menggulirkan fitur untuk menyaring kata. Fitur berikutnya yang akan hadir adalah menutup komentar Instagram (turn off commenting).

Nantinya, sebelum mengunggah foto kita bisa masuk ke pengaturan lanjut (Advanced Option) untuk menutup komentar. Kalau kita ingin mengaktifkannya kembali, kita bisa menekan tombol pilihan ( ) untuk memilihnya.

menutup komentar instagram


Baca juga: 7 Fitur Aplikasi Instagram yang Perlu Diketahui


Menghapus Pengikut dari Akun Pribadi

Beberapa pengguna memilih akunnya menjadi akun pribadi dan memilih siapa saja yang bisa menjadi pengikutnya. Kadang, pilihan tersebut disesali kemudian. Mungkin karena akhirnya menggangu. Sejauh ini belum ada pilihan untuk mengenyahkan pengikut yang disesali tadi.

Nantinya, kalau akunmu memang akun pribadi, kamu akan bisa menghapus pengikutmu di Instagram. Tinggal masuk ke daftar pengikut, dan tekan ikon pilihan ( ) dan hapus orang tersebut. Pengikut yang dihapus tidak akan menerima pemberitahuan atas tindakan ini.

Melaporkan Kiriman yang Cenderung Merugikan Diri Sendiri

Fitur ini cukup menarik dicermati. Kadang kita menemui foto atau video dari teman yang terlihat tidak wajar. Bisa jadi sebagai ekspresi tingkat stres yang tinggi atau tekanan lain, baik secara fisik maupun emosional. Tentu saja, hal itu bisa merugikan orang yang mengunggah itu.

Instagram akan memberikan fitur untuk melaporkan hal tersebut. Dengan demikian, pihak yang bersangkutan bisa mendapat bantuan dari organisasi yang berkompeten di bidangnya. Instagram menyebutkan bahwa bantuan ini akan berjalan selama 24 jam di seluruh dunia. Saya pribadi masih belum bisa membayangkan bagaimana hal ini akan bekerja di Indonesia. Oleh sebab itu, fitur ini saya anggap menarik untuk dicermati.

fitur bantuan personal instagram

Tentu saja, bagaimana pun semua tetap tergantung pada pengguna Instagram. Teknologi hanyalah alat. Manusialah yang menentukan apakah alat tersebut akan berguna atau tidak.

One Comment

Post Comment