Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

11 Aplikasi Windows 10 Mobile Andalan Saya

aplikasi windows 10 mobile
Anom Penulis

aplikasi windows 10 mobile

Windows 10 Mobile saat ini sering disebut sedang terpuruk. Ada aplikasi yang menghilang, ada pula yang datang. Dari beberapa aplikasi Windows 10 Mobile yang datang (dan akan datang), sebagian merupakan nama besar. Seperti Facebook dan Formula 1, Steam (non UWP), VLC (UWP), atau Deezer (UWP).

popculture.id

Dengan kehadiran beberapa aplikasi resmi dan aplikasi yang naik pangkat jadi UWP, apakah ada perubahan di koleksi aplikasi WIndows 10 Mobile saya? Tentu saja. Mari kita lihat.

Readit

Aplikasi ini merupakan aplikasi pihak ketiga Reddit buatan Caleb Keith. Dengan aplikasi ini, saya menelusuri berbagai topik (subreddit) favorit saya, termasuk r/windowsphone. Di sana kamu bisa menjumpai beberapa penulis blog Windows Phone atau perwakilan Microsoft.

iNi Reader

Aplikasi ini merupakan aplikasi pihak ketiga Feedly. Berguna untuk membaca berbagai artikel dari beragam blog. Sebelumnya, saya menggunakan Newsflow. Tapi karena Newsflow belum mendukung Feedly, saya beralih ke aplikasi ini. Kenapa memilih aplikasi ini? Sederhana, karena saya suka tampilannya.

Facebook (dari Facebook Inc.)

Siapa yang tidak kenal aplikasi ini? Lagipula, aplikasi Facebook buatan yang punya ini memiliki fitur lebih banyak dari aplikasi buatan Microsoft. Jadi cukup wajar kalau saya lebih rajin menggunakan aplikasi ini daripada yang lama.

Aplikasi ini masih dalam versi beta, dan belum mendukung sinkronisasi kontak. Jadi saya tetap menyimpan aplikasi Facebook dari Microsoft untuk jaga-jaga.

Instagram

Yah, penggunaan aplikasi ini sangat layak diperdebatkan. Windows Phone sebelumnya memiliki 6tag buatan Rudy Huyn sebagai aplikasi Instagram pihak ketiga. 6tag memang powerful. Tapi aplikasi resmi ini juga tidak buruk. Saya ingin melihat perkembangan aplikasi resmi ini. Toh 6tag masih tetap saya install (sudah saya beli) kalau-kalau dibutuhkan saat aplikasi resmi kurang memenuhi kebutuhan.

Sayangnya, walau dialihkan dari aplikasi iOS ke UWP Windows 10, Instagram hanya ditujukan untuk pengguna mobile. Pengguna desktop yang ingin menggunakan aplikasi Instagram harus menunggu Rudy Huyn merilis 6tag UWP, atau menggunakan aplikasi InstaPic.

Twitter

Alasan yang sama dengan Instagram juga berlaku dengan aplikasi Twitter. Aplikasi Aeries yang saya gunakan sejak versi beta dan saya beli, saya simpan sebagai cadangan. Jadi bukan karena aplikasi Twitter lebih baik.

Explorer for YouTube

Dari namanya sudah ketahuan kalau aplikasi ini adalah aplikasi pihak ketiga YouTube. Ya, ada banyak aplikasi pihak ketiga YouTube. Kenapa saya memilih ini? Lagi-lagi alasannya sederhana. Tampilannya paling cocok dengan selera saya. Selain itu, menurut perasaan saya, aplikasi ini cukup cepat memuat video YouTube.

Freda+

Harus diakui, belum ada aplikasi ebook reader di Windows Phone yang sangat powerful. Saya menggunakan aplikasi ini sudah sejak Windows Phone 7.5. Sempat mencoba yang lain, tapi selalu kembali lagi. Kenapa? Salah satunya karena pilihan pengaturannya yang banyak.

Namun harus diakui, layout Freda+ masih kurang baik. Bookviser mungkin lebih baik di sisi ini. Seperti saya katakan, saya tetap menggunakan Freda+.

Cover

Aplikasi ini adalah aplikasi untuk baca komik. Yah, saya suka dengan tampilan dan cara aplikasi ini bekerja. Harap diperhatikan, aplikasi ini hanya untuk membaca komik, tidak menyediakan komiknya (tidak juga secara online).

Better Reads

Aplikasi ini merupakan aplikasi pihak ketiga GoodReads, sebuah media sosial penyuka buku. Saya menggunakannya untuk mencatat buku atau ebook yang saya baca, dan mendapat info soal buku yang sedang populer. Belum ada aplikasi resmi GoodReads di Windows, dan tidak banyak pilihan aplikasi pihak ketiganya. Jadi, masuk akal kan?

AppRaisin

Aplikasi ini adalah aplikasi tempat para pengguna aplikasi (atau developer) berbagi berita tentang aplikasi baru atau update terbaru.

Slack (beta)

Slack merupakan sebuah aplikasi chatting untuk kolaborasi tim. Aplikasi ini merupakan aplikasi unik dan powerful. Saat ini, Slack masih dalam versi beta dan belum menjadi UWP. Dalam sebuah percakapan via email, mereka menyebut akan memberikan dukungan seluas mungkin untuk berbagai platform. Windows 10 Mobile, sayangnya, tidak bisa dinikmati oleh mayoritas pengguna Windows Phone. Sedangkan format lama, didukung oleh Windows 10 Mobile dan bisa dipakai oleh semua pengguna Windows Phone. Sederhana.

Itulah 11 aplikasi Windows 10 Mobile yang jadi andalan saya. WhatsApp, tentu saja, termasuk salah satunya. Namun karena sudah disebut oleh Mas Afit (walau di daftar Windows 10), maka sengaja saya lewati.

Kalau ada aplikasi yang belum pernah dicoba, ya saya persilakan untuk mengunjungi Bursa melalui link yang tersedia di atas.

    %d blogger menyukai ini: