12 Poin Profil Bisnis Instagram yang Perlu Diketahui

instagram windows 10 mobile

Profil Bisnis Instagram sedang diluncurkan secara bertahap. Sesuai namanya, profil ini akan membantu pengguna yang ingin memajukan bisnis atau usahanya. Entah itu restoran, aplikasi, atau online shop.

Kalau kamu sudah akrab dengan Facebook Page, mungkin akan lebih mudah menggunakan Profil Bisnis Instagram. Karena sebenarnya fitur ini tidak terlalu berbeda.


Artikel terkait: Online Shop di Instagram? Simak Fitur Mendatang


profil bisnis instagram

Nah, berikut poin-poin penting yang perlu diketahui.

  1. Harus merubah akun personal

    Instagram menyebutkan bahwa untuk mengakses Insight dan Promosi, profil Instagram harus diubah jadi Profil Bisnis. Jadi pisahkan akun pribadi dengan akun bisnis.

  2. Harus memiliki Facebook Page

    Profil Bisnis di Instagram terkait dengan Facebook Page, jadi untuk bisa menggunakan fitur bisnis di Instagram, harus punya Facebook Page terlebih dulu. Dengan begitu, manajemen dan jangkauan post bisa lebih baik.

  3. Harus memiliki minimal satu pilihan kontak

    Untuk menggunakan Profil Bisnis Instagram, paling tidak pengguna harus menyertakan nomer telpon, alamat fisik, atau alamat email (lihat poin 5).

  4. Profil Bisnis Instagram hanya share foto ke Facebook Page terkait

    Profil Bisnis di Instagram tidak bisa share foto ke Facebook Page lain atau ke akun pribadi Facebook (paling tidak untuk saat ini).

  5. Ada tombol Kontak di Profil Bisnis Instagram

    Tombol kontak ini bisa merujuk ke petunjuk arah (alamat fisik/direction), nomer telpon, dan/atau alamat email. Tergantung pilihan apa yang sesuai dengan kebutuhan.

  6. Saat ini baru tersedia satu alamat lokasi di tombol kontak

    Kalau kamu punya gerai di beberapa lokasi, pilih satu yang paling kamu tonjolkan.

  7. Ada informasi kategori bisnis di Profil

    Kategori yang muncul di Profil Bisnis Instagram akan sama dengan yang ada di Facebook Page

  8. Profil Bisnis tidak bisa dijadikan akun privat (digembok)

    Tujuan Profil Bisnis adalah agar semakin mudah dilihat oleh pengguna Instagram lain. Dengan kata lain jadi etalase. Tentu saja, tujuan ini bertentangan dengan sifat akun privat.

  9. Dengan Profil Bisnis bisa melihat statistik

    Salah satu alat bisnis yang bisa diakses oleh Profil Bisnis adalah Insight (Wawasan Instagram). Fitur ini akan menampilkan siapa follower dari pemilik Profil Bisnis (demografi), kapan mereka online, dll.

  10. Bisa memberi akses ke admin lain

    Untuk memberi akses pengguna lain untuk ikut berpromosi di Profil Bisnis, orang tersebut juga harus menjadi admin di Facebook Page profil yang bersangkutan. Pilihan lainnya adalah melalui halaman manajemen iklan Facebook.

  11. Tentang akun terverifikasi

    Walau Facebook Page merupakan akun terverifikasi, tidak secara otomatis Profil Bisnis Instagram juga menjadi terverifikasi.

  12. Kamu bisa mengubah kembali Profil Bisnis ke Akun Personal

    Dengan catatan, setiap kali berubah ke akun personal, data di Insight akan terhapus.

Demikianlah beberapa poin penting yang perlu diketahui tentang Profil Bisnis Instagram. Semoga hasil catatan saya ini bisa memberi gambaran mudah mengenai hal tersebut.

Ada komentar?