Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

13 Aplikasi Favorit Universal App Windows 10 (unofficial)

Anom Penulis

Setelah melihat layanan/aplikasi populer apa saja yang sudah update ke universal app Windows 10, sekarang mari kita lihat beberapa aplikasi favorit unofficial alias pihak ketiga di Windows phone yang juga sudah naik kelas ke universal app Windows 10.

Aplikasi tidak resmi, alias pihak ketiga, atau sering juga disebut sebagai aplikasi klien, adalah aplikasi dari sebuah layanan yang BUKAN dibuat oleh layanan itu sendiri. Contoh yang bagus adalah aplikasi 6tag yang dibuat oleh Rudy Huyn untuk Instagram. Adanya aplikasi seperti ini bisa karena ingin menawarkan fitur yang berbeda atau lebih kepada pengguna layanan tersebut, bisa juga karena tidak ada aplikasi resmi (pihak kedua). Di Windows phone, kasus yang sering kita temui adalah yang kedua.

popculture.id

Twitter

Tweetium

Aplikasi ini menandai kebangkitan kedua aplikasi Twitter berkualitas di Windows Phone. Dengan fitur yang banyak, Tweetium langsung merebut hati pengguna Twitter di Windows Phone.

Aeries

Aplikasi ini juga menjadi aplikasi favorit pengguna Twitter di Windows phone. Terutama karena desainnya yang bagus.

Tweet It!

Aplikasi ini merupakan pemain lama di Windows phone. Setelah cukup lama tidak terdengar kabarnya, Tweet It! hadir kembali dalam versi universal app Windows Phone yang tidak hanya penuh fitur, tapi juga dengan desain yang baik.

YouTube

MyTube

Aplikasi buatan Ryken Studio ini hadir di saat aplikasi MetroTube berjaya. Secara perlahan dan konsisten, MyTube terus menambah fitur dan berkembang seiring Windows dan Windows Phone. Aplikasi ini tetap menjadi favorit banyak orang dengan adaptasinya ke universal app Windows 10.

TubeCast

Aplikasi ini hadir di tengah riuhnya MyTube dan MetroTube. TubeCast berhasil mencuri perhatian dengan fitur casting-nya (streaming video dari satu perangkat ke yang lain melalui perangkat wifi seperti miracast). Aplikasi ini juga konsisten dengan update dan optimalisasi.

Perfect Tube

Aplikasi ini merupakan aplikasi YouTube yang paling buncit muncul. Namun kehadirannya segera menyedot perhatian. Terutama karena developer-nya, Perfect Thumb, merilis banyak aplikasi di Windows phone yang menjadi favorit.

Reddit

Readit

Aplikasi ini merupakan satu di antara dua aplikasi favorit untuk Reddit Windows phone. Readit disebut sebagai aplikasi Reddit paling fungsional di Windows. Perdebatan panjang selalu terjadi ketika ada yang bertanya apa aplikasi Reddit terbaik di Windows Phone. Readit konsisten dengan update aplikasi, termasuk berubah menjadi universal appDeveloper-nya (u/calebkeith dan u/gaichuke) juga aktif di Reddit.

Baconit

Aplikasi ini adalah satu di antara dua aplikasi Reddit favorit di Windows phone. Baconit disebut sebagai aplikasi Reddit yang paling cepat dan enak digunakan. Sekarang Baconit juga dikembangkan secara open scource. Quinn Damerell (u/quinbd), sang developer, ditarik oleh Microsoft. Setelah sempat absen cukup lama, Quinn kembali aktif dengan membawa Baconit menjadi universal app.

Twitch.tv

Unstream

Aplikasi ini merupakan salah satu klien layanan Twitch.tv yang menjadi favorit. Selain memiliki fungsi yang banyak, aplikasi ini juga memiliki desain yang keren dan konsisten. Unstream juga cukup rajin mendapat update, dan developer-nya terbuka dengan berbagai feedback.

8Stream

Aplikasi ini juga merupakan salah satu pilihan Twitch.tv. 8Stream juga memiliki desain yang keren, dan termasuk yang cepat mengadaptasi universal app Windows 10 Mobile.

Timber (untuk Tinder)

Aplikasi ini merupakan aplikasi pihak ketiga Tinder, sebuah layanan untuk mencari teman baru atau gebetan (ahem). Selama ini, Timber (walau pun disukai) berada di bawah nama besar 6tin dari Rudy Huyn. Sementara 6tin masih dalam tahap pengembangan untuk Windows 10 Mobile, Timber sudah lebih dulu mengadaptasinya.

Trakter (untuk Trakt.tv)

Trakt.tv, layanan untuk mengikuti serial TV dan film bioskop, mungkin belum terlalu populer di Indonesia. Tapi layanan ini cukup banyak yang mencari. Trakter merupakan aplikasi untuk itu (dan melakukannya dengan baik). Aplikasi ini juga mengadaptasi universal app Windows 10 cukup cepat, dan bisa digunakan baik di handphone maupun PC.

InstaBullet (untuk PushBullet)

Aplikasi ini merupakan aplikasi pihak ketiga untuk layanan PushBullet. PushBullet sendiri merupakan layanan untuk mengirim sesuatu (catatan, link, file) antar perangkat. Untuk mereka yang menggunakan perangkat cross platform, layanan ini sangat berguna. InstaBullet termasuk aplikasi yang cepat mengadaptasi universal app Windows 10.

Itulah beberapa aplikasi favorit versi unofficial (pihak ketiga) yang sudah update ke universal app Windows 10. Tentu saja, sudah ada beberapa aplikasi yang juga sudah universal app (misalnya Fenice untuk Twitter), dan masih akan lebih banyak lagi aplikasi berdatangan.

Rudy Huyn sudah menyebutkan bahwa 6tin akan segera hadir, disusul dengan 6tag. Aplikasi untuk SoundCloud AudioCloud juga sedang dikembangkan. Di samping itu, masih ada aplikasi lain yang hadir langsung sebagai universal app. Misalnya Ouga (Tumblr), Hivemind (Reddit), dll.

Apakah kalian punya aplikasi favorit lain yang sudah update ke universal app Windows 10 selain yang disebutkan di atas?

    %d blogger menyukai ini: