Lenovo Air 13 Pro, Saingan Mi Notebook Air

lenovo air 13 pro

Persaingan memanas. Tidak lama setelah Xiaomi mengumumkan Mi Notebook Air, Lenovo mempublikasikan laptop barunya. Spesifikasinya tidak jauh berbeda. Bahkan namanya pun mirip, Lenovo Air 13 Pro.

Lenovo Air 13 Pro memiliki layar IPS 13.3 inci, diperkuat dengan prosesor Intel Core i5 dan i7, pilihan RAM 4GB dan 8GB, dan media penyimpanan 256GB dan 512GB SSD. Semua variannya dipersenjatai dengan kartu grafis NVIDIA GT940MX GDDR5 2GB. Dari segi fisik, laptop ini memiliki ketipisan 1,48 cm, dan hanya seberat 1,29 kg.

Bisa dilihat, spesifikasinya sangat mirip. Namun, Lenovo menawarkan sebuah fitur yang belum dimiliki Mi Notebook Air. Fitur itu adalah pengenalan sidik jari.

Seperti juga laptop dari Xiaomi, laptop buatan Lenovo ini baru tersedia di wilayah Cina. Belum ada kabar apakah laptop ini akan dipasarkan di luar wilayah tersebut. Saat ini Lenovo Air 13 Pro tersedia melalui pre-order di online mall Jingdong di Cina.

Dari segi harga, laptop ini ditawarkan dengan harga mulai RMB 4.999, atau sekitar Rp9.700.000. Sama seperti varian 13.3 inci dari Mi Notebook Air. Namun disebutkan bahwa harga tersebut merupakan harga diskon. Setelah masa pre-order selesai, harganya akan naik sampai sekitar RMB 5.499 (sekitar Rp10.800.000).

lenovo air 13 pro samping

Kelihatannya pertarungan laptop di negeri Cina sedang ketat. Lenovo mungkin sedikit diuntungkan karena sudah memiliki nama di wilayah produk ini. Sedangkan Xiaomi baru meluncurkan produk pertamanya.

Walau dari segi jumlah penduduk Cina memang tidak bisa dianggap ringan, untuk bisa benar-benar menapak di persaingan harus dilihat secara global. Pertanyaannya, kalau dipasarkan secara global, apakah Xiaomi bisa membuktikan bahwa ia bisa memproduksi laptop berkualitas prima, ataukah akan dicegat oleh Lenovo dengan Air 13 Pro-nya di tengah jalan?

“Everybody was kungfu fighting,
those cats were fast as lightning…”

Sumber: Lenovo Cina
Via: GizmoChina

%d blogger menyukai ini: