21 Aplikasi Produktivitas Gratis Untuk Semua Platform

21 Aplikasi Produktivitas Gratis Untuk Semua Platform

21 Aplikasi Produktivitas Gratis Untuk Semua Platform

Windows identik dengan sistem operasi untuk gamers dan produktivitas. Oleh karena itu, banyak sekali aplikasi produktivitas yang tersedia untuk sistem operasi ini. Namun bagaimana jika kita tidak hanya memiliki peranti dengan satu sistem operasi saja? Misalkan, PC kita menggunakan Windows, tapi kita punya iPad. Atau kita punya PC Windows tapi ponsel-nya Android.

Artikel ini akan memberikan daftar 21 aplikasi gratis untuk produktivitas yang bisa digunakan di tiga platform teratas, Windows, iOS dan Android.

Kriteria

21 aplikasi produktivitas ini kami pilih berdasarkan beberapa pertimbangan. Pertama, aplikasi ini bisa di akses secara gratis, namun ada juga yang menyediakan layanan premium jika ingin menikmati fitur lebih.

Kedua, aplikasi-aplikasi ini bisa di akses di Windows, Android, iOS. Atau jika tidak bisa di akses di salah satu dari ketiga sistem operasi tersebut, aplikasi ini bisa di akses menggunakan web.

Daftar 21 aplikasi produktivitas gratis untuk Windows, Android dan iOS.

Office.com

Microsoft Office merupakan aplikasi paling popular untuk mengurusi masalah dokumen dan sangat membantu dalam produktivitas. Hampir semua professional menggunakan Microsoft Office untuk mengolah dokumen mereka. Namun untuk menggunakan aplikasi ini, kita harus membayar atau berlangganan.

Tapi buat kalian yang menginginkan aplikasi Office tanpa harus berlangganan atau membayar lisensi, kalian bisa gunakan Office.com. Fitur yang diberikan di Office.com ini mirip dengan Office 365 tapi kita bisa menggunakannya secara gratis. Syaratnya, kalian harus punya akun Microsoft dan terkoneksi dengan sambungan internet.

LibreOffice

Jika kalian ingin menggunakan aplikasi pengolah dokumen secara offline namun tetap tidak ingin membayar, kalian bisa gunakan LibreOffice. Aplikasi open source popular di kategori produktivitas ini memiliki Writer (semacam MS Word), Calc (seperti Excel), Impress (seperti PowerPoint), Draw (untuk mengolah vector dan flowchart), Base (untuk mengolah database), dan Math (untuk formula editing).

Kelemahannya, kalian harus beradaptasi dengan fungsi dan tampilan yang sedikit membingungkan. Dan tentu saja, fitur tidak sebanyak yang ada di Office buatan Microsoft.

Polaris Office

Sama dengan LibreOffice, Polaris Office juga merupakan alternatif aplikasi pengolah data yang cukup banyak digunakan.

Kelebihannya, selain bisa digunakan pada PC atau Mac, Polaris Office bisa digunakan di smartphone. Selain itu, Polaris Office juga menyediakan versi berbayar dengan fitur-fitur yang lebih powerfull.

Outlook

Aplikasi email client buatan Microsoft ini terkenal sangat powerfull untuk mengatur email. Tidak hanya mendukung layanan email dari Microsoft saja, selain IMAP/POP3, aplikasi Outlook juga mendukung layanan Gmail, Yahoo dan iCloud!

Aplikasi Outlook ini tersedia di Windows, iOS dan Android.

OneNote

Aplikasi ini merupakan aplikasi pencatat yang multi fungsi. Selain bisa mencatat ide-ide yang sedang berseliweran di kepala, OneNote juga bisa digunakan untuk mencatat to do list, daftar belanjaan, rencana perjalanan dan masih banyak lagi.

Selain Outlook, OneNote merupakan aplikasi yang sering saya gunakan setiap hari. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, iOS dan Android.

Wunderlist

Bingung cari aplikasi to do dengan tampilan cantik dan bisa berbagi dengan orang lain? Wunderlist adalah aplikasi yang mungkin kalian cari. Aplikasi yang sudah bergabung dengan Microsoft ini memiliki tampilan yang menarik, sederhana dan mudah digunakan.

Aplikasi ini tersedia di Windows, Android dan iOS.

Remember The Milk

Sebelum menggunakan OneNote, saya sempat menggunakan aplikasi ini. Secara fungsi mirip dengan Wunderlist, namun aplikasi ini menyediakan versi pro untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih banyak. Aplikasi ini tersedia untuk platform Windows, Mac, Linux, iOS, Android dan BlackBerry.

Trello

Buat kalian yang memiliki tim dan sedang mengerjakan proyek, Trello layak dijadikan aplikasi yang bisa membantu kalian untuk memantau dan mengatur tugas. Aplikasi ini tersedia di platform Android, iOS dan Web. Trello juga menyediakan versi premium.

Pengguna Windows Phone/mobile bisa gunakan aplikasi pihak ketiga, Treyo! atau Trello Central.

Asana

Sama seperti Trello, keunggulan Asana terletak pada tampilan yang lebih menyenangkan. Versi gratis mengizinkan kita memiliki 15 anggota tim, jika ingin lebih, kalian harus upgrade ke versi premium. Selain itu, versi premium memiliki tambahan fitur seperti unlimited dashboards, unlimited guests, private teams dan projects, dukungan prioritas dll.

Zoho Projects

Zoho merupakan pemain lama di tools produktivitas, nama besarnya seringkali membuat pengguna memilih aplikasi ini. Zoho Project memiliki paket gratis untuk mengerjakan 1 proyek. Jika kalian memiliki lebih dari satu proyek, maka kalian harus upgrade ke paket yang sudah disediakan.

Selain bisa di akses melalui web, Zoho Projects bisa di akses melalui perangkat Android dan iOS.

Slack

Platform chat professional yang bisa digunakan untuk memantau dan melakukan koordinasi masing-masing tim. Cocok buat kalian yang memiliki lebih dari satu divisi di perusahaan. Slack menyediakan versi premium untuk grup dan member yang lebih besar.

Aplikasi ini tersedia untuk Windows, iOS dan Android.

Skype

Aplikasi chat dari Microsoft ini terkenal karena fitur video call nya. Skype sangat fungsional digunakan untuk conference call atau video group call. Menghemat waktu dan biaya daripada harus meeting di satu tempat.

Hangout

Sama seperti Skype, Hangout bisa juga digunakan untuk group call, yang membedakan hanyalah, jika Skype dimiliki Microsoft, Hangout adalah buatan Google.

Feedly

Aplikasi ini cocok buat kalian yang memiliki banyak web favorit. Cukup masukkan alamat-alamat dari web favaorit kalian, dan kalian akan di mudahkan untuk mendapatkan informasi dan berita dari web tersebut tanpa harus repot mengetikkan alamat web di browser.

Pocket

Jika Feedly menghadirkan semua informasi dari web favorit dalam satu tempat, maka pasangannya adalah Pocket. Aplikasi ini menyimpan semua artikel yang kalian suka. Jika kalian menemukan artikel menarik di Feedly dan belum sempat membaca, maka kalian cukup simpan saja artikel tersebut ke Pocket. Dengan aplikasi ini, kita juga bisa melakukan arsip informasi yang kita suka.

OneDrive

Di era cloud saat ini, kehadiran layanan seperti OneDrive sangatlah penting. Kita bisa menyimpan file-file yang kemudian bisa di akses dimana saja dengan koneksi internet.

Dropbox

Salah satu pioneer layanan penyimpanan cloud. Sama seperti OneDrive atau Google Drive, namun Dropbox memiliki keunggulan dalam sync background yang lebih bagus.

Google Drive

Jika kalian adalah pengguna layanan dari Google, maka saya merekomendasikan Google Drive sebagai data penyimpanan cloud kalian.

HootSuite

Salah satu tool sosial media paling powerfull yang pernah saya gunakan. HootSuite bisa digunakan untuk mengatur kanal-kanal sosial media dengan mudah. Aplikasi ini sangat membantu terutama buat kalian yang bekerja di ranah sosial media, fitur-fitur di HootSuite bisa mempermudah pekerjaan kalian. Versi Pro dari layanan ini memberikan fitur yang lebih bagus lagi.

IFTTT

Salah satu cara untuk menjadi produktif adalah mendelagasikan pekerjaan kepada bot, dan salah satu penyedia aplikasi dan layanan bot yang bagus dan gratis adala IFTTT. Dengan layanan ini, kalian bisa mengautomatisasikan tugas-tugas tertentu.

Aplikasi IFTTT bisa digunakan di platform Android dan iOS. Bagi pengguna Windows, kalian bisa menggunakannya melalui web browser.

Pushbullet

Aplikasi yang bisa melakukan sinkronisasi tugas dari PC ke smartphone. Berguna bagi kita saat sedang berada di depan PC namun harus segera merespon sesuatu yang sedang terjadi di layar ponsel. Kita bisa mengirimkan SMS dari PC (khusus pengguna Android), menerima notifikasi ponsel di PC (khusus iPhone dengan Mac), transfer file, kirim url dari ponsel ke PC atau sebaliknya dll.

Pushbullet tersedia untuk Windows, Android dan iOS.

Itulah 21 aplikasi produktivitas gratis yang bisa kita gunakan di semua platform. Apakah kalian sudah menggunakan salah satu dari daftar aplikasi di atas? Atau justru kalian punya aplikasi produktifitas favorit lainnya?

%d blogger menyukai ini: