3 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Linux Ketimbang OS Lainnya

Tak dipungkiri sekarang memang banyak orang yang beralih menggunakan OS yang lebih keren dengan berbagai kelengkapan fitur yang canggih.

Akibatnya banyak orang yang meninggalkan OS seperti Linux dan beralih ke OS yang dinilai lebih keren.

Kebanyakan OS yang sering digunakan dan masih digandrungi hinga sekarang adalah Windows OS dan MacOS.

Namun meskipun terbilang populer dan banyak digunakan orang, adakalanya seseorang juga merasakan bosan dengan terus menggunakan Windows maupun Mac ini.

Jika sudah seperti itu, sebaiknya kamu perlu mengganti  OS-mu dengan OS yang lainnya. Dan Linux akan menjadi alternatif yang sangat cocok.

Mugkin sebagian dari kalian masing bertanya-tanya lebih baik mana menggunakan Linux dibandingkan OS yang  lain?

Jangan khawatir, pada artikel ini, kamu akan dijelaskan kelebihan-kelebihan menggunakan Linux ketimbang OS yang lainnya.

Disamping itu kamu tak perlu juga membeli laptop baru untuk menggunakan OS Linux ini, kamu cukup menggunakan sisa harddisk yang ada di laptop maupun komputermu.

Karena kamu bisa mengoperasikan Linux berdampingan dengan OS lamamu, atau kamu bisa juga langsung berpindah ke Linux dengan mengganti OS lamamu.

Ini dia 3 alasan mengapa kamu harus menggunakan Linux ketimbang OS yang lainnya,

OS Linux gratis

Sumber Gambar : Get Into PC

Kelebihan utama yang paling kuat dan menajadi daya tarik dari OS Linux ini adalah sifatnya yang open-source, jadi ini berarti complete-free atau gratis.

Kamu bisa mengunduh OS ini secara gratis tanpa harus membeli lisensinya terlebh dahulu. Jadi resiko terjadinya OS bajakan akan lebih minim dibandingkan dengan Windows OS.

Jika kamu menginginkan OS Windows yang asli maka kamu harus membeli lisensinya terlebih dahulu, dan harga lisensinya tidak terbilang murah guys, bahkan sampai menyentuh angka jutaan rupiah.

Hal ini sangat berbeda dengan Linux yang bisa kalian unduh secara gratis di distro yang menyediakan OS ini.

Aman dari Virus

Sumber Gambar : TechRepublic

Jika kamu menggunakan Windows OS maka kamu harus siap-siap dengan serangan malware kapan saja, karena Windows sangat rentan terkena virus.

Kamu harus selalu mengaktifkan anti virus untuk menangani masalah tersebut, bahkan terkadang anti virus berbayarpun masih belum bisa melindungi PC-mu sepenuhnya.

Sedangkan jika kamu menggunakan OS Linux kamu tak perlu lagi menginstal software untuk melindungi PC.

Karena pada dasarnya Linux tidak dijalankan sepenuhnya oleh mesin yang rawan akan serangan hacker, jadi jika ada perubahan atau pembaruan harus melalui persetujuan penggunanya terlebih dahulu.

Ringan

Sumber Gambar : itrendovi.hr

Jika kamu terhalang akan biaya dan tidak bisa mengupgrade laptop atau komputermu dengan spesifikasi yang lebih tinggi, maka dengan menggunakan OS Linux adalah solusinya.

Selain OS-nya yang gratis diunduh, dan aman dari virus, Linux juga merupakan OS yang terbilang cukup ringan.

Bahkan kamu bisa menjalankan Linux hanya dengan kapasitas RAM 1 GB dan CPU 1Ghz.  Dengan kecepatan sekecil itu kamu sudah bisa menjalankan sistem operasi Linux dengan lancar tanpa kehilangan kecepatan dan tentunya tetap full-featured.

Selain itu OS Linux ini juga terkenal karena konsumsi hardware-nya yang tidak terlalu banyak, bahkan ada juga distro Linux yang bisa mengoperasikan OS ini meskipun dengan RAM 256GB dan CPU yang sudah usang.

%d blogger menyukai ini: