Diskon VPN terbaik: Klik di sini

3 Cara Membersihkan Timeline Facebook

facebook page

Apa pentingnya membersihkan timeline Facebook? Ya, karena kadang ada status atau kiriman foto atau link yang bisa membuat kurang nyaman. Entah karena tidak etis, atau berupa spam. Sekali dua kali mungkin tidak bermasalah. Tapi kalau sering, jelas bisa mengganggu.

Media sosial tidak jauh berbeda dengan obrolan di pos ronda atau di arisan ibu-ibu PKK. Gosip, kontroversi, dan berbagai hal jelek dengan mudah menjadi perbincangan hangat. Dunia jurnalisme punya pepatah yang sesuai dengan ini. “Bad news is a good news”.

[junkie-alert style=”white”] Artikel terkait: 4 Faktor yang Membuat Status Facebook Populer [/junkie-alert]

Sayangnya hal ini menyebabkan status, foto, video, atau tautan bertema jelek semakin populer. Makin banyak orang bereaksi—entah setuju atau tidak—makin mudah hal itu tersebar.

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan timeline Facebook dari hal tersebut. Ketiga cara ini bisa dilakukan dengan klik ikon panah  di pojok kanan atas sebuah kiriman. Nanti akan ada pilihan (drop down menu) yang akan muncul.

membersihkan timeline facebook

Sembunyikan kiriman (Hide this post)

Pilihan ini akan menyembunyikan status atau kiriman seseorang dari News Feed kamu. Dengan cara ini, Facebook juga akan mengetahui bahwa kamu tidak suka dengan kiriman jenis ini. Nantinya, kiriman semacam ini akan semakin sedikit muncul (ada keterangan See fewer post like this).

Saat menekan pilihan ini, kamu akan diberi pilihan sesuai kiriman yang bersangkutan. Misalnya kalau seorang teman berbagi kiriman dari sebuah Page, akan muncul pilihan untuk menyembunyikan kiriman dari temanmu dan menyembunyikan kiriman dari Page yang dibagi.

sembunyikan kiriman facebook

Unfollow pihak bersangkutan

Ya, kita bisa tidak mengikuti berita dari seseorang tanpa memutuskan pertemanan (unfriend). Dengan cara ini, walau pun kita tetap menjadi teman pihak bersangkutan, kita tidak akan melihat lagi status atau kirimannya di timeline kita.

unfollow di facebook

Laporkan kiriman ini (Report this post)

Cara ini mungkin yang paling keras. Kita melaporkan ke Facebook kalau kiriman orang yang bersangkutan mengganggu, atau tidak sesuai dengan norma yang ada. Pilihan alasan itu akan diberikan ketika kita menekan pilihan ini.

laporkan kiriman facebook

[junkie-alert style=”white”] Baca juga: Menyingkat Tag Nama di Facebook [/junkie-alert]

Tiga cara ini diberikan Facebook agar penggunanya bisa mendapat status atau kiriman yang lebih berkualitas. Dengan demikian bisa lebih nyaman membaca News Feed atau timeline. Pengguna juga tidak akan asal-asalan mengirim sesuatu.

Apakah kalian sering membaca hal yang menggangu di Facebook? Sudahkah mencoba cara di atas? Berhasilkah? Silakan berbagi dengan pengguna lain.

More Stories
4 Rekomendasi Aplikasi Smartphone untuk Belanja Sayur