Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Tools Canggih untuk Memperbaiki File Windows yang Rusak

Indri Penulis

File di PC Windows-mu rusak dan nggak bisa dibuka? Mungkin kamu bisa coba beberapa tools untuk memperbaiki file Windows yang rusak berikut.

File komputer adalah sekumpulan data yang diatur sedemikian rupa, sehingga program bisa membuka lalu membacanya. Makanya kalau bagian dari data file nggak diatur atau bahkan sampai hilang, file tersebut jadi nggak bisa dibaca oleh sistem – atau dengan kata lain, rusak / corrupt.

Corrupt sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bisa jadi file tersebut dibikin oleh buggy software yang salah menulis file. Kadang-kadang sebuah program perlu menjaga agar file tetap terbuka ketika dipakai, lalu saat program tersebut macet, file yang terbuka tadi bakal jadi campur aduk. Nah saat itulah kadang-kadang virus ikut masuk memporak-porandakan file.

Masalahnya, memperbaiki file yang rusak bukan perkara mudah. Peluang keberhasilan tergantung pada seberapa fleksibel format file, berapa banyak data yang hilang atau kacau, dan seberapa canggih aplikasi atau tools yang dipakai untuk memperbaiki file.

Walau begitu, bukan berarti file yang rusak di PC tidak bisa dipulihkan. Buatmu pengguna Windows, kamu bisa coba beberapa tools untuk memperbaiki file Windows yang rusak berikut ini.

Hetman File Repair

Hetman File Repair khusus dipakai untuk memperbaiki gambar yang rusak. Tapi ingat, Hetman File Repair nggak bisa mengembalikan foto yang sudah dihapus, atau memulihkan foto dari perangkat yang rusak. Alat ini hanya bisa memperbaiki ‘gambar yang nggak bisa dibuka.’

Alat ini bisa memperbaiki gamber JPEG yang rusak (tanpa mengorbankan kualitas gambar atau data EXIF), TIFF (varietas terkompresi dan tidak terkompresi), BMP dan PNG (tanpa mengompresi ulang data gambar).

Baca Juga:  Ini Cara Termudah Mencari File Berukuran Besar di Windows

Hetman File Repair bisa kamu dapatkan seharga $60 untuk keperluan biasa. Sedangkan untuk kepentingan bisnis bisa didapatkan dengan harga $140. Tentunya versi bisnis akan menyajikan fitur yang lebih lengkap dan canggih dari versi biasa.

Digital Video Repair

Digital Video Repair adalah alat gratis yang bisa memperbaiki video MP4, MOV dan AVI yang rusak. Tapi syaratnya video-video tersebut harus dikodekan dalam Xvid, DivX, MPEG4, 3ivx atau Angel Potion.

Satu yang perlu kamu tahu. Kalau file video kehilangan frame, alat ini tidak bisa mengembalikan frame di video tersebut. Alat ini hanya akan memperbaiki video yang tidak bisa dibuka.

Stellar Microsoft Office Repair Toolkit

Stellar Microsoft Office Repair Toolkit terdiri dari 3 utilitas yang masing-masing punya tugas berbeda. Ada yang bertugas memperbaiki file Microsoft Word, Microsoft Excel sampai presentasi Microsoft PowerPoint.

Saat kamu menjalankan aplikasi ini, kamu bisa memindai seluruh sistem untuk mencari file yang rusak,  atau memilih file tertentu yang mau diperbaiki. Menariknya, tools ini tetap bisa memperbaiki file yang rusak meskipun file tersebut dilindungi kata sandi.

Sayangnya tools ini nggak bisa dinikmati sembarang orang. Stellar Microsoft Office Repair Toolkit hanya dijual untuk utilitas bisnis dan harganya juga mahal. Walaupun kamu bisa mengunduhnya secara gratis, tapi kamu cuma bisa memindai dan melihat pratinjau file yang rusak. Untuk benar-benar bisa menggunakan fungsi perbaikan file, kamu perlu membelinya seharga $69.

Baiklah itu dia beberapa tools untuk memperbaiki file Windows yang rusak. Setiap alat punya fungsi dan kegunaan yang berbeda. Kamu tinggal menyesuaikan mereka dengan jenis file yang mau kamu perbaiki.