4 Alasan Kenapa Adobe Flash Player Diblok di Browser

adobe flash diblok

Belum lama ini, Mozilla dan Google memutuskan untuk mengurangi dukungan pada Adobe Flash Player. Mulai bulan September ini, Google Chrome akan mulai memblok konten yang memuat Flash. Mozilla Firefox malah sudah memulainya bulan Agustus ini (terutama untuk plugin Flash yang tidak update).

Microsoft pun melakukan pendekatan serupa. Dengan Windows 10 Anniversary Update, Microsoft Edge membawa fitur “auto pause”. Fitur ini menampilkan konten (animasi) Flash dalam kondisi diam, kalau konten tersebut tidak relevan. Sedangkan Google sudah memberikan fitur tersebut di Chrome tahun 2015.

[junkie-alert style=”white”] Baca juga: Cara Mengubah Browser Default di Windows 10 [/junkie-alert]

Masing-masing pengembang browser sudah memberikan pernyataan mengenai plugin Flash ini. Rata-rata memiliki alasan yang serupa.

Stabilitas

Dalam artikel di blog resmi, Mozilla menyatakan bahwa website dengan plugin Flash cenderung lebih mudah crash. Kecenderungan itu menurun ketika YouTube dan Facebook beralih ke video HTML5 pada tahun 2015.

Keamanan

Plugin browser sering menjadi celah keamanan. Terutama kalau kita tidak berhati-hati dan asal melakukan instalasi. Yah, saya bukan pakar keamanan internet. Tapi sehubungan dengan Flash Player, belum lama ini ada salah satu kasus yang Adobe sendiri menyebutkan (14 Juni 2016) bahwa ada versi Flash Player yang memiliki celah keamanan. Hal itu dilaporkan oleh Anton Ivanov dan Costin Raiu dari Kaspersky Lab.

Kecepatan

Di sebuah artikel blog, Google menyebutkan bahwa 90% konten Flash berjalan di belakang layar, dan ini memperlambat kinerja browser dan halaman website yang dimuat.

Konsumsi energi

Di artikel yang sama, Google juga menyebutkan bahwa plugin Flash Player bekerja berat dan mempengaruhi penggunaan daya.

Saat ini, sebagai pengganti Adobe Flash, browser populer mulai beralih ke teknologi lain, seperti HTML5. HTML5 disebut berkerja lebih ringan dan lebih hemat energi. Yang menarik, baik Google maupun Mozilla bekerja sama dengan Adobe untuk melakukan peralihan teknologi web ke HTML5 (sehubungan dengan Flash).

[junkie-alert style=”white”] Baca juga: Tab Mix Plus: Add On Mozilla Firefox Untuk Custom Tab [/junkie-alert]

Jadi, kalau kamu membuka sebuah halaman website (yang memiliki konten Flash), dan mendapat peringatan, jangan heran. Tapi kemungkinan besar kamu tidak akan terlalu terganggu. Karena banyak yang sudah beralih ke teknologi lain, atau kamu rajin update plugin flash.

%d blogger menyukai ini: