Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Alasan Logis Kenapa Kamu Tidak Perlu Beli Tablet Android

Indri Penulis

Kamu ingin membeli tablet Android? Tunggu dulu. Jangan terburu-buru, karena siapa tahu belum pas. Ada beberapa alasan kenapa kamu tidak perlu beli tablet Android. Awas, menyesal!

Meski saat ini popularitas smartphone telah jauh melebihi tablet, namun keberadaan tablet masih ada sampai sekarang. Bahkan beberapa produsen masih tetap mengeluarkan seri tablet terbarunya.

Bicara soal tablet yang paling populer, mungkin iPad masih nomor satu. Tapi kalau kamu lebih suka Android dan ingin membelinya, kamu harus baca artikel ini dulu.

Alasan Tidak Perlu Beli Tablet Android

Tablet Android mungkin punya beberapa kelebihan, tapi kali ini saya akan berikan alasan kenapa kamu tidak perlu beli tablet Android. Ini alasannya.

Pilihan Tablet Android Kian Sedikit

Kalau kita bandingkan pilihan tablet dengan smartphone Android yang ada di Indonesia, jelas jauh lebih banyak pilihan smartphone Android. Kenapa? Karena mayoritas masyarakat Indonesia lebih suka pakai smartphone dibanding tablet. Yah, lebih praktis dan mudah dibawa saja sih.

Sumber Gambar : Pocket-Lint

Mungkin inilah salah satu alasan kenapa hanya beberapa produsen saja yang berani merilis tablet Android di Tanah Air. Katakanlah seperti Samsung (contoh Samsung Galaxy Tab S7 Series), Lenovo (contoh Lenovo MIIX 2 Tablet), Huawei (HUAWEI MatePad T), dan Advan (Tab Sketsa dan Tab Gallilea).

Gimana, pilihannya cuma sedikit kan? Mau beli tablet Android dari Samsung atau Lenovo spesifikasi oke, tapi harganya mahal. Kalau kamu ingin menggunakannya untuk keperluan bisnis sih tidak masalah. Tapi kalau cuma untuk penunjang belajar, saya rasa percuma. Sayang uangnya.

Di sisi lain jika ingin membeli tablet Android seperti dari Huawei atau Advan, harganya memang murah. Tapi spesifikasi yang mereka tawarkan juga tidak ‘memuaskan.’ Bahkan tidak jarang, spesifikasinya lebih bagus ponsel Android.

Dukungan Pembaruan Android yang Buruk

Pembaruan Android di smartphone dan tablet berbeda jauh. Karena orang-orang lebih banyak memakai smartphone, otomatis pembaruan Android akan lebih cepat di smartphone dibanding tablet.

Katakanlah seperti Lenovo Tab M10 dan Yoga Tab. Keduanya rilis tahun 2018 dengan Android 9. Lenovo Tab M10 dapat update Android 10 pada Oktober 2020, sedangkan Yoga Tab dapat pembaruan Android 10 pada Januari 2021.

Sumber Gambar : Make Use Of

Di halaman resminya, Lenovo menandai tablet-tablet mereka dengan label ‘Complete.’ Itu artinya, kedua tablet ini tidak akan mendapat pembaruan Android lagi. Padahal sekarang kita sudah masuk di era Android 11. So pasti, tablet Android yang kamu beli bakal ketinggalan zaman.

Beda ceritanya dengan Galaxy Tab S7 yang hadir dengan Android 10. Memang, tablet ini akan mendapat pembaruan Android 11 meski harus menunggu lumayan lama. Tapi it’s okay, setidaknya kamu bisa merasakan sensasi premium  memakai Android 11.

Bagaimana kalau kamu membeli tablet Android murah? Hm, kebanyakan mereka hadir dengan Android versi lama. Bahkan mereka ‘hampir tidak pernah’ mendapatkan pembaruan Android yang baru.

Beli Laptop Sekalian Saja

Alasan orang membeli tablet Android biasanya jika tidak untuk kerja maka buat keperluan belajar. Apapun alasannya, saya rasa lebih baik kamu membeli laptop sekalian.

Sumber Gambar : Digital Trends

Jangan menganggap semua laptop mahal ya. Sama seperti ponsel, laptop pun terbagi menjadi beberapa kelas harga. Tidak sedikit kok laptop berharga murah, tapi bisa menunjang produktivitas kerja.

Contohnya laptop berharga Rp 3 jutaan. Mereka sudah bisa kamu pakai kerja (untuk perkantoran) dan tidak perlu membeli keyboard tambahan. Tapi tentu jangan berharap performa tinggi.

Bandingkan jika kamu memakai tablet Android untuk kerja. Kamu masih harus membeli keyboard tambahan buat mengetik. Kalau menurut saya, mendingan menambah budget sedikit untuk mendapatkan satu produk yang serbaguna sih.

Kalau Untuk Gaming, Lebih Oke iPad

Katakanlah kamu sekarang sudah punya ponsel Android, tapi kamu mencari tablet untuk menunjang aktivitas gaming. Hm, kalau ini alasanmu, saya rasa kamu lebih baik membeli iPad.

Perlu kamu tahu, berbagai game sering kali diluncurkan di iOS lebih dulu. Bahkan mereka rilis berbulan-bulan lebih awal dibanding Android. Selain itu, pengembang game cenderung lebih fokus ke iOS karena pengembangannya lebih mudah.

Di sisi lain, kinerja game juga lebih bagus di iPad. Apalagi kalau kamu membandingkan iPad modern dengan mayoritas tablet Android murah. Jelas beda jauh.

Manfaat besar lainnya jika kamu memilih iPad, kamu bisa memanfaatkan Apple Arcade seharga $5/bulan. Layanan ini akan memberimu akses ke 100 game tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi.