4 Aplikasi Office Gratis yang Memiliki Fitur Canggih

Jika berbicara aplikasi Office, tentu Microsoft dengan produk Microsoft Office-nya menjadi penguasa pasar saat ini. Di tahun 2002, Sun Microsystem menghadirkan aplikasi Office gratis dengan nama OpenOffice. Namun sayangnya, beberapa hari lalu, OpenOffice secara resmi sudah tidak dikembangkan lagi.

Buat kalian pengguna OpenOffice, saya akan memilihkan 4 aplikasi Office gratis yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti OpenOffice. Dan inilah keempat aplikasi tersebut:

LibreOffice

LibreOffice merupakan aplikasi yang dibangun oleh team yang pernah membangun OpenOffice. Jadi, kamu yang sebelumnya menggunakan OpenOffice, LibreOffice adalah pilihan masuk akal. Selain itu, dukungan komunitas dari aplikasi ini sangat aktif. LibreOffice versi 5.1 juga sudah bisa membuka file dari cloud, baik melalui layanan Google Drive ataupun OneDrive. LibreOffice tersedia untuk platform Windows, Mac dan Linux.

Download LibreOffice disini.

SoftMaker Free Office

Free Office memiliki basis penggemar yang berkembang setiap harinya. Aplikasi Office gratis ini bahkan sempat menjadi Microsoft Word dan office alternatif terbaik. Alasannya, Free Office mampu bekerja dengan format yang digunakan oleh Microfot Office. Jadi kalian tidak akan terkendala untuk membuka dokumen yang dibuat menggunakan Microsoft Office. SoftMaker Free Office tersedia untu platform Windows dan Linux.

Download Free Office disini.

WPS Office

Banyak pengguna menyukai menu Microsoft Office Ribbon dan kemampuan untuk melakukan kustomisasinya. Semua aplikasi Office gratis yang tersedia tidak memiliki fitur tersebut, kecuali satu: WPS Office yang dibuat oleh Kingsoft.

WPS Office merupakan software yang luar biasa, menghadirkan Writer, Presentation dan Spreadsheets. WPS Office justru lebih cocok sebagai pengganti Microosft Office dibandingkan pengganti OpenOffice. Selain memiliki tampilan profesional ala Microsoft Office, WPS Office juga mampu membuka file dengan ekstensi DOCX, XLSX dan PPTX, format file yang digunakan oleh Microsoft Office. WPS Office tersedia untuk platform Windows dan Linux.

Download WPS Office disini.

iWork

Buat kalian pengguna Mac, kalian tidak bisa mencoba WPS Office dan FreeOffice. Tapi kalian bisa mencoba iWork milik Apple. iWork memiliki tiga aplikasi yang fungsinya sama dengan Word, Excel dan PowerPoint. Bahkan untuk aplikasi Keynote untuk membuat presentasi, PowerPoint harus mengakui kalah sederhana dan menarik.
Bagi kalian yang membeli MacBook tahun 2013 dan yang terbaru, iWork bisa di download secara gratis di iTune Store. Buat pengguna Windows yang ingin mencoba iWork, bisa mengaksesnya melalui web di alamat icloud.com.

Itulah 4 aplikasi Office gratis yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti OpenOffice yang sudah tidak dilanjutkan lagi pengembangannya.

Secara pribadi, saya menggunakan Microsoft Office. Tapi jika kalian enggan mengeluarkan uang dan mencari aplikasi Office gratis, maka keempatnya bisa dicoba untuk mengetahui mana yang lebih cocok dengan kalian.

    %d blogger menyukai ini: