4 Pilihan Mesin Pencari Lain Selain Google

google-logo

Siapa sih yang tak mengenal Google? Mesin pencari terpopuler di dunia ini memang sangat banyak digunakan hampir seluruh pengguna internet di dunia.

Memang benar jika Google menjadi mesin pencari paling mendominasi dibandingkan mesin pencari yang lainnya. Kebanyakan orang lebih cenderung memilih Google sebagai mesin pencari utama di dunia internet.

Hal ini terbukti dari hasil presentase pangsa pasar global Google yang menduduki angka 80 persen lebih, benar-benar permandingan yang sangat jauh dibandingkan mesin pencari yang lainnya.

Bagi kalian yang belum mengetahui berbagai macam mesin pencari selain Google, kalian bisa simak ulasana dibawah ini.

Mungkin bagi kalian Google adalah satu-satunya mesin pencari yang paling populer didunia, namun jangan salah, ternyata ada beberapa mesin pencari yang lebih populer ketimbang Google. Mesin pencari ini terkenal di negara asalnya melebihi kepopuleran dari Google.

Penasaran apa saja mesin pencari yang terkenal selain Google? Yuks ini dia infomasinya.

Baidu

Sumber Gambar: Marketing China

Mesin pencari pertama adalah Baidu, mungkin sebagain dari kalian pernah mendengar mesin pencari ini.

Baidu adalah mesin pencari yang paling dominan di China. Meskipn baru digunakan di China saja, namun nampaknya kini Baidu semakin mampu meraih pangsa pasar global dan terus berkembang semakin harinya.

Karena populasi masyarakat China yang besar, akhirnya kini Baidu mampu menjadi market share terpopuler di China dengan presentase 74 persen, angka ini berbeda jauh dengan Google yang hanya mendapatkan angka 1, 7 persen saja.

Bagi kalian para pembisnis dan ingin melebarkan sayap ke pasar online negara tirai bambu ini, Baidu adalah hal utama yang harus kalian ketahui.

Untuk mendapatkan peringkat tertinggi pada Baidu, kalian harus membuat konten produk dengan bahasa China, untuk domainnya gunakan ‘.cn’, host site dan jangan lupa untuk slalu sertakan tagar judul.

Bing

Sumber Gambar: UnderConsideration

Mungkin nama Bing ini tak asing lagi ditelinga kalian. Ya, Bing adalah mesin pencari seperti Google, meskipun tidak seterkenal Google, namun Bing masih memiliki presntase lumayan besar di deretan mesin pencari, aitu sebesar 6,45 persen.

Setiap mesin pencari tentunya memiliki kelebihannya masing-masing, Bing sendiri mampu menyuguhkan konten dengan visual yang lebih menarik, estetis, dan tentunya lebih beragam.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba menggunakan Bing Place for Business sebagai alteratif Google My Business untuk mempromosikan berbagai macam bisnismu.

Yahoo

Sumber Gambar: Instructables

Selanjutnya adalah mesin pencari Yahoo, nama ini tentunya tak asing lagi ditelinga kalian. Sebelum akhirnya diakuisisi oleh Verizon di tahun 2017, Yahoo juga pernah menduduki masa kejayannya pada masa itu.

Yahoo ternyata bukan berguna sebagai mesin pencari saja, ia juga menyuguhkan beberapa fitur seperti mail, news, dan finance.

Untuk tingkat kepopulerannya, Yahoo menduduki peringkat ketiga setelah Google dan Bing menurut pangsa pasar global.

Yandex

Sumber Gambar: MSPoweruser

Ada yang belum tau Yandex? Ya  wajar saja sih, karena mesin pencari ini paling populer di Rusia.

Yandex berasal dari Rusia, jadi wajar jika ia memiliki pangsa pasar lebih dari 50 persen di negaranya sendiri. Angka ini berbeda tipis dengan Google yang hanya memiliki angka 46 persen di Rusia.

Selain di Rusia Yandex juga cukup terkenal di beberapa negara seperti Ukraina, Kazakhstan, Turki, dan Belarusia.

Jika kalian tertarik mencoba Yandex dan ingin konten kalian menjadi nomer satu di mesin pencari Yandex, konten yang kalian buat harus wajib benar-benar asli.

Sekali saja kalian ketahuan menduplikat konten, maka akan langsung dikenakan sanksi keras.

Nah itu dia, berbagai macam mesin pencari selain google.  Apakah kalian tertarik mencobanya?

Ada komentar?