Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

4 Rekomendasi Gimbal Stabilizer Untuk Smartphone

gimbal untuk smartphone
Avatar of Anom
Anom Penulis

Apabila kamu sering dan benar-benar serius membuat video dengan handphone, mungkin kamu perlu mempertimbangkan membeli gimbal. Berikut ini ada beberapa pilihan gimbal stabilizer untuk smartphone.

Salah satu tantangan dalam merekam video adalah membuat gerakan kamera stabil. Apalagi kalau kamu merekam dengan handphone yang terhitung ringan. Sedikit saja goyangan atau guncangan bisa terlihat di video. Untuk itu, kamu butuh bantuan alat sebagai stabilizer.

Aksesoris yang bernama gimbal ini sebenarnya bukan barang baru. Para profesional di bidang audio visual sudah menggunakannya sejak lama. Ada yang menyebutnya dengan istilah “steadicam“. Seiring kemajuan teknologi, gimbal dibuat bukan saja untuk kamera, tapi juga sudah tersedia sebagai aksesoris smartphone.

Rekomendasi Gimbal Stabilizer untuk Smartphone

DJI Osmo Mobile 2

gimbal dji osmo mobile 2
Gimbal DJI Osmo Mobile 2

DJI Osmo Mobile 2 memiliki kontrol 3 sumbu (axis), ringan, mudah disetel dan dipakai, dan memiliki bantuan efek seperti timelapse dan dolly zoom (zoom in/out + track out/in; seperti di film Vertigo karya Alfred Hitchcock). Selain itu, DJI OSmo Mobile 2 memiliki baterai yang awet. Merk DJI sendiri juga sudah terkenal sebagai pembuat drone dan aksesoris lain.

Zhiyun Smooth-Q

gimbal untuk smartphone zhiyun smooth q
Gimbal Zhiyun Smooth Q

Zhiyun Smooth-Q juga merupakan gimbal dengan 3 sumbu. Fitur Smooth-Q yang menarik adalah kemampuan rotasi 360ΒΊ dan bisa dipakai sebagai charger handphone. Selain itu, konstruksinya yang terbuat dari bahan metal membuatnya lebih awet.