4 Tips Handal Untuk Menghidari Serangan dari Hacker

maxresdefault

Hacker adalah musuh terbesar bagi dunia maya, perkembangan dunia digital yang semakin besar membuat beberapa orang salah memanfaatkannya.

Salah satunya adalah hacker ini. Biasanya para hacker cenderung melakukan perang antar perusahaan, mereka berusaha mengambil data-data penting yang ada di perusahaan tersebut.

Data yang diambil para hacker bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, dan tentunya mayoritas data curian tersebut digunakan untuk hal negatif.

Biasanya para hacker menggunakan data curiannya untuk penipuan, hingga hal yang lebih buruk adalah data tersebut bisa dijual ke perusahaan lain.

Bahkan serangan hacker bisa datang kapan aja tanpa kamu sadari,misal saat kamu menggunakan WiFi gratis di suatu hotel, maupun tempat-empat nongkrong lain yang sering kamu kunjungi.

Agar kamu terhindar dari para hacker nakal, kamu bia melakukan 4 langkah jitu di bawah ini. Dengan melakukan langkah dibawah ini, diharapkan kalian dapat mencegah atau bertahan dari serangan hacker.

Berikut adalah langkah yang harus kamu lakukan.

Gunakan password yang rumit

Sumber Gambar: securitymagazine.com

Hal sepele namun menjadi masalah utama adalah tentang menggunakan sebuah password ini. Biasanya kebanyakan orang dalam membuat password tidak mau ribet, karena mereka takut lupa.

Namun hal itu yang justru mengundang tawa hacker untuk segera meretasnya. Usahakan jangan membuat password yang terlalu umum atau mudah ditebak.

Jika password yang kamu gunakan untuk login ke akun yang tidak terlaku penting, tentunya sebuah password sederhana tidak masalah.

Namun jika kamu menggunakan password untuk melindungi sebuah data penting, usahakan membuat password dengan kombinasi berbagai huruf dan angka.

Password yang baik tidak melulu harus panjang, kamu dapat mengkobinasikan beberapa huruf, angka, dan simbol untuk mempersulit hacker.

Atur software updates di PC dan smartphone secara otomatis

Sumber Gambar: superuser.com

Cara yang kedua ini bertujuan agar PC dan smartphone-mu datap meng-updates secara otomatis dan menghilangkan hal-hal yang mencurigakan.

Seperti misalnya ketika di dalam PC atau smartphonemu terdapat celah-celah baru yang ditemukan, maka semuanya dapat teratasi melalui update software tersebut.

Jika kamu malas-malasan untuk meng-updates softwaremu, maka dengan mudah hacker bisa masuk melalui celah-celah yang belum di update tersebut.

Hati-hatilah saat membuka email terutama yang bersifat Spam

Sumber Gambar: hiverhq.com

Hal yang paling sering digunakan hacker untuk menyerang pengguna adalah melalui E-mail. Cara ini  merupakan strategi umum yang digunakan hacker agar pengguna e-mail membuka sebuah tautan dan mengunduh file yang berbahaya.

File tersebut biasanya berisi akses untuk mendapatkan data pribadi dari pengguna. Misal kalian diperintahkan untuk menginstal ransomware atau malware yang dapat membahayakan data pribadimu.

Pesan  yang dikirim dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan pesan perusahaan atau merek nasional pada umumnya.

Jika kamu menemukan pesan seperti itu pada spam e-mailmu, sebaiknya perhatikan secara detail pesan tersebut. Pesan yang dikirm hacker pasti terdapat petunjuk atau kejanggalan yang menunjukan pesan tersebut tidak asli.

Gunakan Virtual Private Network (VPN)

Sumber Gambar: techswitch.cf

Jika kalian ditawari akses WiFi gratis tentunya akan tertarik bukan? Namun, hati-hatilah dari pengguna akses Wifi yang gratis tersebut, justru dapat mengundang bahaya bagi data pribadimu.

Hacker akan lebih mudah membobol datamu ketika kamu sedang tersambung dengan WiFi gratis sebuah restoran ataupun cafe.

Usahakan sebisa mungkin hindari cara tersebut, jika memang terpaksa kamu bisa menggunakan VPN atau virtual private network.

VPN ini akan dapat memastikan jalur lintasmu terenkripsi, sehingga datamu tidak mudah terbaca oleh para hacker nakal.

Itu dia, beberapa cara untuk menghindari serangan dari hacker. Selamat mencoba.

Ada komentar?