5 Aplikasi yang Dulu Disayang Kini Mulai Ditinggalkan

Indri Penulis

Masalah popularitas memang tidak bisa bertahan selamanya. Mungkin jika berada di titik populer, mereka akan dicari banyak orang. Namun jika sudah ada yang baru dan lebih bagus, maka orang-orang akan mencari yang baru itu. Kemudian yang lama akan terlupakan.

Hal tersebut juga berlaku di beberapa aplikasi smartphone. Pada jamannya, beberapa aplikasi ini pernah mempunyai kepopuleran yang sangat luar biasa.

Nah berikut ini 5 aplikasi yang dulu sangat populer tapi kini telah ditinggalkan. Apakah diantara kalian masih menggunakan aplikasi ini guys?

Blackberry Messenger (BBM)

Salah satu aplikasi instan messaging ini memang pada awalnya hanya bisa digunakan dalam perangkat Blackberry saja. Awalnya, saat pertama kali BBM diluncurkan di platform Android, semua orang bahkan seperti demam BBM. Kalian termasuk salah satunya?

Dulu banyak orang yang beramai-ramai menginstall dan kemudian saling bagi PIN. Tapi, jika dilihat sekarang ini, kepopuleran BBM sudah mulai pudar dan digantikan dengan berbagai aplikasi lain.

Mungkin beberapa orang mulai meninggalkan aplikasi ini karena beberapa faktor, salah satunya adalah BBM tidak terlalu ramah kuota. Selain itu, jika dibandingkan dengan Whatsapp Messenger, BBM sulit menerima pesan masuk jika dalam kondisi minim sinyal. Berbeda dengan Whatsapp yang masih bisa digunakan menerima maupun mengirim pesan walaupun dalam kondisi minim sinyal.

Selain itu, menginstall BBM juga menyedot banyak ruang data. Dan kadang menjadi berat jika dibuka. Apakah kalian merasa seperti itu juga?

Kamera 360

Siapa sih yang tidak tahu Camera360? salah satu aplikasi kamera yang dulu pernah populer karena kemampuannya yang bisa membuat tampilan menjadi lebih cantik. Berisi berbagai filter atau efek spesial juga membuat foto kalian menjadi lebih menarik nantinya. Tapi sayangnya, kepopuleran Camera360 sudah mulai luntur. Hal tersebut tidak lepas dari munculnya berbagai aplikasi yang serupa.

Selain itu, tidak bisa dipungkiri juga karena saat ini sudah banyak smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur beauty filter. Menjadikan hasil foto selfie menjadi otomatis terlihat cantik tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan seperti Camera360 ini. Apakah kalian pernah mencoba aplikasi ini?

Clash of Clans (COC)

Sebelum munculnya demam Mobile Legends, game ini sudah pernah merajai Indonesia lho. Yap, Clash of Clans atau yang sering disingkat dengan COC ini membuat pemain bisa membangun sebuah benteng pertahanan versi mereka sendiri, lalu berperang bersama dengan klannya. Sampai saat ini total sudah didownload lebih dari 43 juta orang. Tapi sayangnya setelah diluncurkannya Mobile Legends membuat COC kian meredup popularitasnya.

[irp posts=”50027″ name=”6 Media Sosial Khusus Berdasar Hobi”]

Dubsmash

Merupakan salah satu aplikasi pembuat video lip-sync yang dulu menuai popularitas tinggi. Aplikasi satu ini dulu sangat menyedot perhatian banyak orang. Hingga banyak yang membuat video Dubsmash dan mengunggahnya di Youtube. Namun semenjak munculnya Musically maupun Tik-Tok, membuatnya jarang digunakan lagi. Apakah kalian sampai sekarang masih menggunakan Dubsmash guys?

Path

Tentunya kalian yang hobi main media sosial tidak asing lagi dengan Path bukan? Path merupakan suatu aplikasi yang mempunyai fitur khas. Misalnya saja bisa check-in di suatu tempat, share lagu yang sedang kalian dengar, dan bisa memberi tahu teman kalian saat bangun atau akan tidur.

Sayangnya, walaupun dulu sangat populer, kini Path sudah tidak sepopuler dulu. Hal tersebut karena aplikasi satu ini tidak mampu bersaing dengan media sosial lain. Selain itu, fitur yang hanya itu-itu saja terkesan monoton dan membosankan. Jika dibandingkan dengan Snapchat, Instargram atau Facebook, Path kami rasa masih belum bisa sebanding. Dimana beberapa aplikasi pesaing sering melakukan pembaharuan yang kian menarik minat pengguna.

Nah itu tadi 5 aplikasi yang dulu sangat populer tapi sekarang sudah tidak digunakan. Bagaimana? Apa kalian sampai sekarang masih menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut?

    %d blogger menyukai ini: