5 Cara Jitu Belanja Online Supaya Tidak Terjerat Hutang

Indri Penulis

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Apalagi bila kegiatan tersebut dilakukan ketika tengah ada diskon besar-besaran.

Selain itu, manahan godaan dari penawaran barang menarik memang sulit. Terlebih ketika musim-musim tertentu, seperti hari raya.

Tidak sedikit orang yang mengejar promo. Hal tersebut tidak jarang membuat mereka merasa takut untuk membayar atau tidak. Selain itu, ada pula calon pembeli yang merasa takut terliling hutang karena mengejar promo.

Hal ekonomis yang biasa dilakukan oleh shopaholic adalah membeli persediaan berbagai macam produk, ketika musim belanja tengah berlangsung.

Beberapa waktu yang paling efektif untuk melakukan belanja adalah, Black Friday di bulan November, Harbolnas dan Tahun Baru Cina, yang berlangsung pada penghujung bulan Januari/Februari.

Namun selain musim belanja yang kami sebutkan di atas, masih ada beberapa waktu yang dapat digunakan untuk berbelanja.

Sumber Gambar : Economy Okezone

Berikut ini kami akan berbagi tips belanja yang tepat, agar tidak sampai terlilit hutang. Beberapa tips tersebut antara lain:

Belanja di Akhir Pekan

Saat ini pergerakan dunia e-commerce pasti selalu menurun ketika akhir pekan. Hal tersebut kemudian membuat banyak penjual, yang memberikan promo besar-besaran di akhir pekan.

Daripada harus terjebak dalam musim belanja tertentu, mengapa tidak mencoba belanja ketika akhir pekan saja?

Ketika belanja di akhir pekan, tidak jarang kalian akan dapat menemukan diskon hingga 20%, untuk barang yang akan dibeli.

Jangan Mudah Terbujuk Rayuan

Berbicara mengenai harga barang yang selalu bersaing dalam situs belanja online, terdapat dua e-commerce dari China yang cukup terkenal di Indonesia.

Dua e-commerce tersebut adalah AliExpress serta Gearbest. Yang perlu diingat adalah, walaupun belanja online terlihat menarik untuk dilakukan, terdapat beberapa kerugian ketika melakukan hal tersebut.

Yang patut diperhatikan adalah, jangan sampai terbujuk harga murah sebuah produk. Salah satu kerugian yang didapat ketika belanja online adalah, pengiriman yang dapat memakan waktu.

Tidak jarang untuk pengiriman jarak jauh, dapat memakan waktu hingga 3 bulan. Selain itu, bila pemesanan bernilai lebih dari Rp 2.500.000,-, maka bersiaplah untuk membayar biaya wajib bea cukai.

Bukan hanya itu saja, apabila proses belanja melebihi Rp 400.000,-, maka pembeli juga akan dikenakan tarif PPN.

[irp posts=”1551″ name=”Shopping List: Aplikasi Catatan Belanja”]

Penjualan Promo Lokal pada Musim Khusus

Bagi yang mulai malas dengan proses belanja melalui e-commerce luar negeri, tidak ada salahnya untuk mencoba belanja melalui e-commerce lokal. Terlebih dalam musim-musim tertentu.

Misal setiap satu tahun sekali di bulan Agustus, serta ketika tahun ajaran baru dimulai, pasti akan ada peluang untuk mendapat laptop baru dari Bukalapak maupun Lazada Indonesia.

Promo ketika lebaran, hari kemerdekaan, hari kasih sayang, maupun hari ibu juga bisa dimanfaatkan, untuk mendapat produk dengan harga murah.

Penjualan Obral

Penjualan yang dilakukan secara obral memang kerap diselenggarakan oleh toko online, yang menjual pakaian. Salah satu toko online yang kerap melakukan penjualan obral adalah Zalora.

Namun tidak jarang pula, ada beberapa toko online yang menjual barang elektronik, sering memberikan promo obral.

Namun berbeda dengan model pakaian yang cepat usang, dan tidak menarik walau telah diberi diskon sebesar 90%, belanja obral untuk barang elektronik akan mempunyai nilai yang berbeda.

Royalti Program

Perlu diperhatikan, bahwa sebuah royalti program yang ada dalam situs jual beli mempunyai banyak manfaat.

Salah satunya royalti program dari Zilingo. Pembeli akan mendapat sebesar 10%, dari setiap total pembelian. Selanjutnya, pembeli akan mendapatkan cashback yang dapat disimpan ke dalam akun keanggotaan.

Sementara itu, uang yang terkumpul dalam akun tersebut, dapat menjadi modal belanja di waktu yang akan datang.

Sebenarnya belanja murah dapat dilakukan kapan saja. Namun bila benar-benar ingin belanja murah, maka kami sarankan untuk berbelanja pada saat Black Friday dan Cyber Monday, untuk mendapat diskon sampai 90%.

Sekian tips belanja online yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan selamat berbelanja.

    %d blogger menyukai ini: