Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Feedback Windows 10 Mobile yang Menarik

Anom Penulis

 

Feedback Windows 10 Mobile merupakan bagian dari program Windows Insider. Pengguna bisa melaporkan berbagai kesalahan yang mereka alami, dan memberikan usulan untuk fitur yang mereka inginkan. Berikut ini 5 feedback Windows 10 Mobile yang menarik.

popculture.id
  1. Cortana di Region Indonesia

    Cortana merupakan asisten pribadi kita di Windows, seperti Siri di iOS dan Google Now di Android. Cortana terkenal dengan perilakunya yang lebih manusiawi dibanding dua asisten pribadi di platform lain. Saat ini Cortana hanya terbatas pada beberapa wilayah tertentu. Di Indonesia, Cortana belum tersedia.

    Feedback untuk Cortana Indonesia sangat populer dan mendapat vote yang banyak. Hal ini menarik karena memang asisten pribadi seperti ini sangat membantu. Misalnya saat mengendarai mobil dan butuh arahan untuk tempat tertentu.

  2. Windows 10 Mendukung Animasi GIF

    Animasi GIF merupakan hal yang seru. Banyak kelucuan di internet ditemui dalam bentuk format animasi GIF. Windows Phone 8.1 belum mendukung format ini.

    Tentu saja usulan ini menarik. Tapi yang lebih menarik lagi, usulan ini sudah diterapkan. Windows 10 Mobile sudah bisa memainkan animasi GIF di aplikasi foto.

     

  3. Mode Lanskap untuk Start Screen dan Daftar Aplikasi

    Selama ini Start Screen dan Daftar Aplikasi Windows Phone hanya memiliki tampilan vertikal. Tidak bisa menggunakan tampilan lanskap (horizontal). Permintaan untuk mode ini juga cukup populer.

    Jangan kuatir, kelihatannya tim Insider sudah memperhatikan hal ini. Seperti yang pernah ditanyakan oleh Gabriel Aul beberapa waktu lalu. Bisa menggunakan Start Screen dan Daftar Aplikasi dalam tampilan horizontal akan menarik. Apalagi kalau kita bisa memilih tampilan mana yang akan digunakan sebagai tampilan utama.

  4. Dukungan Font yang Lebih Banyak

    Saat ini, Windows Phone menggunakan font Segoe sebagai font utamanya. Pilihan untuk menggunakan font lain hanya ada di developer untuk aplikasi mereka. Permintaan untuk dukungan font yang lebih banyak rupanya juga cukup populer.

    Ini jelas menarik. Menurut saya pribadi, font Segoe sangat nyaman digunakan, baik di ukuran besar atau kecil (untuk paragraf misalnya). Bukannya saya tidak setuju. Sebagai orang yang tertarik dengan tipografi, saya cukup sebal melihat teman saya menggunakan font tulisan tangan di handphone Android-nya. Bukan apa-apa, tulisannya susah dibaca!

    Dukungan font yang lebih banyak memang menggelitik. Apakah keterbacaan patut jadi urusan pengguna? Ataukah menjadi urusan Microsoft agar Windows 10 Mobile menjadi sistem operasi yang dioptimalkan untuk perangkat bergerak?

  5. Nama Bursa Windows

    Bursa untuk Windows Phone dan Windows sedang dalam proses peralihan ke Bursa Microsoft. Peralihan ini terjadi untuk mengakomodasi akses ke Universal Windows App yang lebih baik. Di aplikasi Feedback terdapat usulan agar Microsoft menggunakan nama Windows Marketplace untuk bursa tersebut.

    Dari sisi branding, usulan ini masuk akal. Seperti yang disebutkan, iOS menggunakan istilah App Store (yang kurang spesifik), dan Android memiliki Google Play Store (unik). Windows diharapkan memiliki bursa dengan nama spesifik. Pilihan Bursa Windows untuk pasar aplikasi dan game (perangkat lunak), dan Bursa Microsoft untuk handphone, laptop, dll (perangkat keras), sangat masuk akal. Menarik.

Itulah 5 feedback Windows 10 Mobile yang menarik. Kalau menurut kalian usulan tersebut juga menarik (selain animasi GIF yang sudah diterapkan), silakan cari di aplikasi Feedback dan beri dukungan. Atau, apakah kalian menemukan usulan menarik lain dari aplikasi Feedback? Beritahu kami. Siapa tahu, kalau memang berguna, bisa menjadi diskusi rutin.

Untuk pengguna Windows Phone 8.1, silakan gunakan halaman Windows Phone di UserVoice untuk memberikan usulan kalian.

 

    %d blogger menyukai ini: