5 Fungsi Tersembunyi Airplane Mode yang Belum Diketahui

airplane mode

Mungkin kalian pernah mendengar istilah Airplane Mode. Airplane Mode merupakan fitur yang ada di dalam smartphone (Android, iOS, Blackberry, serta Windows Phone). Tentu banyak orang sudah mengetahuinya.

Nah, Airplane Mode atau Modus Penerbangan ini memang secara khusus disediakan bagi pengguna smartphone yang tetap ingin menggunakan perangkat tanpa perlu khawatir mengganggu sistem komunikasi dalam pesawat terbang. Jadi dengan menggunakan mode ini, kalian nanti tetap bisa menggunakan smartphone tanpa perlu khawatir mengganggu penerbangan. Sangat membantu bukan?

Tapi sebenarnya, selain bisa digunakan untuk keselamatan, tahukah kalian bahwa Airplane Mode sebenarnya masih mempunyai fungsi lain yang bisa kalian gunakan saat di darat.

Lalu, kira-kira apa saja ya fungsi dari Airplane Mode ini? Nah berikut ini kami berikan ulasan lengkapnya buat kalian. Simak ya.

Mempercepat Pengisian Baterai

Selama ini banyak orang yang tidak tahu bahwa Airplane Mode bisa membantu proses pengisian baterai (charging). Jika kalian buru-buru ingin baterai cepat terisi, bisa kok mengaktifkan Airplane Mode sambil menghubungkan smartphone dengan kabel daya. Menarik juga kan.

Saat Airplane Mode dalam smartphone ini aktif, maka semua koneksi internet akan otomatis dimatikan. Sehingga daya baterai nanti tidak banyak tersedot untuk melakukan aktivitas lain. Makanya tidak heran jika bisa cepat terisi baterai nantinya.

Menghemat Baterai

Saat kalian tahu bahwa baterai tinggal sedikit, tapi masih ada keperluan untuk menelepon seseorang beberapa saat kemudian. Maka mengaktifkan Airplane Mode bisa membantu kalian untuk menghemat baterai lho. Dengan mengaktifkan fungsi tersebut,  maka proses background yang ada dalam sistem smartphone kalian nanti bisa otomatis berhenti. Sudah pernah coba?

Memperkuat Sinyal

Buat kalian yang sering merasa tiba-tiba sinyal di smartphone kurang bagus. Maka bisa mengaktifkan Airplane Mode. Saat mode ini aktif, maka dia akan  langsung memutus semua jaringan yang saat itu terhubung dengan smartphone kalian. Jadi, saat dinonaktifkan kembali, maka secara otomatis smartphone akan bisa mencari jaringan baru. Setelah smartphone mencari jaringan baru, maka sinyal biasanya bisa lebih cepat.

Jadi tidak heran jika mengaktifkan fitur Airplane Mode menjadi langkah wajib para customer service operator telko saat mendapat keluhan soal melambatnya jaringan.

Menghindari Gangguan yang Ada

Sadar atau tidak, sebenarnya keberadaan smartphone terkadang bisa mengganggu konsentrasi kita. Mungkin saat berkendara atau bekerja. Hal ini tidak lepas dari bunyi atau getaran notifikasi yang biasanya masuk. Baik itu dari SMS masuk, panggilan telepon atau bahkan notifikasi dari aplikasi chatting yang lain.

Cara jitu yang bisa kalian lakukan untuk menghindari gangguan semacam itu adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode. Dengan aktifnya mode ini, maka tidak akan ada lagi notifikasi masuk yang bisa mengganggu kalian nanti. Kalian bisa bekerja atau mengemudi dengan lancar. Cukup membantu bukan?

Mempercepat Android

Salah satu hal penyebab Android kalian bisa lambat adalah banyaknya data keluar-masuk. Nah ketika Airplane Mode aktif, maka semua lalu lintas data yang ada nanti bisa dimatikan sehingga membuat smartphone kalian menjadi lebih cepat dibanding sebelumnya.

Itu tadi beberapa fungsi rahasia Airplane Mode yang jarang diketahui orang. Sangat membantu ya ternyata. Jika kalian sudah tahu lebih banyak mengenai fungsi lain Airplane Mode ini, maka kalian bisa punya pengalaman menarik dalam menggunakan Airplane Mode. Tertarik mencoba?

Ada komentar?