5 Kasus Balasan Developer untuk Gamers Curang

Halo guys, kalian pasti pernah dong bermain game. Terlebih untuk membunuh rasa jenuh saat tidak ada acara. Atau sebagai teman ketika lagi mager. Tapi tahukah kalian jika banyak orang yang melakukan kecurangan saat bermain game?

Pada dasarnya, ketika suatu developer merilis game mereka ke pasaran, mereka sekaligus mempunyai pekerjaan baru yang menuntut harus diselesaikan. Hal tersebut juga dirasakan oleh gamers yang memainkan sebuah game selama bertahun-tahun. Semua developer juga bersemangat dalam mencegah kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh gamers.

Teknologi yang kian canggih saat ini menjadikan banyak gamers yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya dengan menggunakan cheat, membajak atau bahkan mencuri data dari gamers lainnya.

Hal seperti ini pada umumnya dilakukan biasanya hanya untuk satu tujuan saja, yaitu untuk bisa menang. Oleh karena itu, kami akan mengulas beberapa kasus developer yang mengirim serangan balasan kepada gamers yang ketahuan bermain curang.

Grand Theft Auto IV

Sumber gambar: Rockstargames

Memang benar franchise Grand Theft Auto kerap kali tersandung kasus hukum. Hal tersebut tidak lepas dari tema kekerasan serta kejahatan yang ada dalam game. Sehingga dinilai terlalu berlebihan jika ada dalam suatu game. Tapi walaupun begitu, Rockstar selaku developer game ini sama sekali tidak mau memberikan toleransi terhadap gamers bajakan.

Nah, adanya nol toleransi ini juga diberlakukannya kepada seluruh game buatan mereka. Tidak terkecuali untuk GTA IV. Nah, buat kalian gamers yang memainkan GTA IV seri bajakan, kalian nanti akan mendapatkan sudut pandang kamera yang selalu bergoyang-goyang. Tidak hanya itu saja guys. Saat kalian mengendarai mobil, maka kontrol juga akan selalu mengarah ke samping. Repot juga kan?

Serious Sam 3 BFE

Game ini bisa dikatakan sebagai awal kemunduran dari franchise Serious Sam yang dulu terkenal hebat dan punya banyak penggemar. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, game ini tetap masih bisa diterima dengan baik oleh banyak gamers kok. Ya walaupun tidak sesukses dulu.

Croteam selaku pembuat game ini rupanya tidak lantas menghentikan kepedulian mereka terhadap game FPS ini lho guys. Terbukti, Croteam akan langsung menghukum gamers bajakan dengan cara memberikan musuh yang tidak akan pernah bisa mati. Yang lebih menyebalkan lagi, musuh tersebut juga bisa kebal terhadap berbagai serangan apa pun. Dan akan terus mengejar kalian sampai karakter utama mati berkali-kali. Wah ngeri juga ya guys.

Game Dev Tycoon

Sumber gambar: Reddit

Game ini salah satu yang menarik. Hal tersebut karena ini merupakan sebuah game simulasi membuat game. Dikembangkan oleh Greenheart. Nah, untuk bisa memberikan pelajaran kepada gamers bajakan, maka developer asal Australia ini sengaja membuat versi bajakan.

Dan secara garis besar, versi bajakan ini juga dibuat tidak berbeda jauh dengan versi berbayar. Tapi, satu-satunya perbedaan yang ada pada versi bajakan dengan berbayar adalah pemain akan mendapatkan notifikasi apabila game yang mereka buat dalam Game Dev Tycoon ini telah dibajak.

Nah, jika sudah seperti ini, maka perusahaan yang sudah mereka buat akan bangkrut secara terus-menerus sampai akhirnya tidak bisa dimainkan. Termasuk cara halus namun mematikan bukan?

Ark Survival Evolve

Ada suatu  kasus dimana salah seorang pemain mengganggu pemain lainnya dengan cara yang tidak bertanggung jawab. Alih-alih bisa mengembangkan peradaban dan juga bertahan hidup melawan dinosaurus. Pemain ini justru lebih senang melakukan tindakan rasis. Otomatis pemain lainnya geram dong. Mereka langsung bekerja sama membuat sebuah gubuk kecil dan mengunci karakter pemain rasis ini di dalamnya.

Tapi untuk kasus ini, tidak selamanya kok developer akan menghukum pemain yang salah secara langsung. Hal ini dilakukan biasanya untuk memberi rasa adil dimana developer ingin menciptakan dunia yang memungkinkan hukuman tersebut bisa terjadi. Bagaimana menurut kalian?

Earthbound

Sumber gambar: My Nintendo News

Ini merupakan game SNES klasik dan biasanya mempunyai sebuah panduan strategi untuk gamers pemula. Sayang sekali, panduan strategi yang bisa sangat membantu ini, justru akan hilang pada saat game tersebut dimainkan dalam versi bajakan atau cracked.

Bukan hanya itu saja, sepanjang permainan, pemain nanti akan diserang oleh musuh yang tidak ada batasnya dan disertai dengan tingkat kesulitan yang bisa naik drastis. Yang lebih menyusahkan lagi, saat misi terakhir dari game ini, secara otomatis akan freeze serta menghapus semua file penyimpanan pemain.

Nah itu tadi sedikit info menarik tentang beberapa kasus developer yang melakukan serangan balik pada gamers curang.

Sebenarnya dalam industri kreatif terutama seperti video game, tindak kecurangan memang sering dilakukan oleh konsumen. Bahkan bisa dikatakan masuk dalam tahap yang memilukan. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita bisa selalu mendukung developer dengan cara membeli game yang mereka buat dan tidak melakukan tindakan curang lainnya guys.