5 Teknologi yang Tercipta Dari Barang Bekas

Barang bekas mungkin identik dengan tumpukan sampah kotor, yang berserakan di sekitar rumah. Biasanya orang-orang memilih membuang, atau membakar barang bekas.

Namun ada pula orang kreatif yang mengolah barang bekas, untuk menjadi berbagai kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi.

Ada banyak kerajinan yang bisa dibuat dari barang bekas. Seperti tas yang terbuat dari plastik bekas bungkus kopi, hiasan rumah dari sedotan, miniatur cantik dari botol bekas minuman, dan lain sebagainya.

Produk kerajinan dari barang bekas memang bisa mendatangkan keuntungan berlipat ganda. Sebab dari segi bahan, orang tidak perlu membelinya. Cukup hanya mencari barang bekas di rumah, atau di tempat sekitar rumah.

Selama ini barang bekas kerap digunakan sebagai kerajinan. Namun ada pula beberapa orang yang berhasil membuat alat teknologi menggunakan barang bekas.

Hal tersebut rupanya telah dilakukan beberapa orang di dunia. Mereka memanfaatkan kreativitas untuk menciptakan alat teknologi, yang hanya bermodalkan barang bekas.

Sumber Gambar : Irish Times

Mungkin bila kalian di rumah mempunyai barang bekas, maka tidak ada salahnya untuk menyimak uraian dalam artikel ini. Karena pada kesempatan ini, kami telah merangkum beberapa alat teknologi yang bisa diciptakan dari barang bekas.

Siapa tahu dengan informasi ini, dapat memotivasi kalian untuk memanfaatkan barang bekas jadi alat teknologi.

Alat Pengubah Plastik Menjadi Bahan Bakar

Sumber Gambar : YouTube

Sebenarnya ini adalah alat unik pertama yang terbuat dari barang bekas. Keberadaan alat tersebut sangat membantu manusia dalam mengurangi sampah plastik.

Alat yang diciptakan dari barang bekas tersebut, dapat membakar sampah plastik beserta botol dengan panas sebesar 400 derajat celcius.

Plastik yang dibakar akan menjadi cairan. Kemudian cairan plastik tersebut akan disuling menjadi bahan bakar. Bahan bakar ini bahkan bisa digunakan sebagai generator listrik maupun mobil.

Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Salah satu pelopor terciptanya alat ini bernama William Kamkwamba, yang berasal dari Malawi. Malawi merupakan sebuah negara kecil yang terletak di benua Afrika.

Kebetulan di daerah tempat dia tinggal, sama sekali tidak terjangkau oleh listrik. William yang baru berusia 15 tahun, saat ini mencoba membangun pembangkit listrik menggunakan tenaga angin.

Pada mulanya, dia hanya membangun pembangkit listrik untuk rumah keluarganya. Pembangun listrik tersebut dibuat menggunakan rongsokan, yang dia temukan pada tempat pembuangan.

William juga menggunakan beberapa bagian sepeda bekas untuk proyek pembangkit listriknya. Kini, William menjadi salah satu pelopor untuk membuat energi bersih pada masa depan.

Rayguns

Mungkin bila kalian gemar dengan sci-fi terutama Star Wars, maka kalian bisa menciptakan sebuah rayguns secara mandiri.

Barang-barang yang dibutuhkan juga cukup mudah. Kalian hanya membutuhkan kamera rusak, potongan logam, dan lampu LED bekas pakai.

[irp posts=”59035″ name=”5 Teknologi Ini Bisa Jaga Keselamatanmu dalam Tiap Penerbangan”]

Kapal Selam

Pada tahun 2009, ada seorang pemuda yang bernama Tao Xiangli. Pemuda tersebut berhasil membuat kapal selam hanya dengan menggunakan tong minyak bekas.

Tong minyak bekas tersebut, Tao gabung dengan beberapa potongan besi hingga dapat menciptakan kapal selam.

Setidaknya butuh waktu hampir 2 tahun, untuk bisa membangun kapal selam tersebut. Untuk biaya pembuatan, Tao telah menghabiskan uang sekitar 4000 dolar Amerika.

Kamera

Kamera unik ini dibuat oleh seorang fotografer dari Ceko, yang bernama Miroslav Tichy. Dia menciptakan kamera dari barang bekas ini dari tahun 1960-1985.

Miroslav membuat kamera tersebut hanya menggunakan tabung toilet, kayu, benang, dan amplas. Jangan heran, walaupun terbuat dari barang bekas, namun hasil jepretan kamera tersebut bisa dikatakan cukup bagus.

%d blogger menyukai ini: