5 Tips Andalan Agar Komputermu Terhindar dari Serangan Virus Menyeramkan

Selalu melindungi komputermu dari virus yang berbahaya adalah hal wajib yang harus kamu lakukan.

Virus merupakan ancaman yang menyeramkan bagi kalian para pengguna komputer. Virus dapat kalian dapatkan dari mana saja, terutama saat kalian menjelajahi dunia internet.

Di dunia internet aneka jenis virus dapat kalian temukan, mulai dari yang biasa saja atau yang tidak begitu memiliki resiko hingga virus dengan resiko yang berbahaya.

Kalian perlu berhati-hati saat menjelajahi internet, jangan sembarangan membuka tautan, karena bisa saja semua datamu menjadi rusak bahkan dicuri peretas yang tak bertanggung jawab.

Kalian harus selalu waspada dengan ancaman virus seperti ini, karena lebih baik mencegah virus daripada harus mengobati.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak inginkan, kalian harus mengetahu tips andalan untuk menjaga komputermu tetap terbebas dari virus,

Berikut adalah 5 tipsnya,

Pasang antivirus dan update secara berkala

Sumber Gambar: avadirect.com

Hal pertama dan utama yang harus kalian lakukan adalah memasang antivirus dan usahakan untuk meng-update nya secara berkala.

Antivirus ini berisi daftar-daftar virus yang berbahaya dan dapat memberantas virus pada waktu yang bersamaan.

Dengan memasang antivirus, komputermu akan bersih dan terhidnar dari virus-virus jahat yang akan merugikanmu.

Pilih saja salah satu antivirus yang cukup terkenal, dengan begitu keamanannya juga lebih terjamin. Contohnya seperti antivirus asal Indonesia yaitu Smadav.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan antivirus lain seperti Avira, Eset Nod 32, Kaspersky, dan tentunya masih banyak lagi.

Jangan sampai salah memilih antivirus yak.

Scan secara berkala antivirusmu

Sumber Gambar: Sengedan Blog

Untuk meningkatkan keamanan komputermu, mengunduh antivirus saja belum cukup menjamin kemanannya.

Kalian juga perlu melakukan scan secara berkala pada komputer. Jangan terlalu sering melakuka scan, pada umumnya kalian dalam melakuan scan dengan jangka waktu seminggu sekali atau paling tidak sebulan sekali sudah cukup.

Tujuan dilakukan scan antivirus ini untuk memonitor virus yang ada di kompetermu. Jika memang terdeteksi, maka virus tersebut akan langsung dikarantina dan segera dihapus oleh antivirus yang sudah kalian pilih.

Selalu waspada saat menjelajah Internet

Sumber Gambar: Lifewire

Hal yag paling sering kalian lakukan tentunya menjelajahi dunia internet, dan perlu kalian ketahui sarang terbesar virus justru terletak di dunia internet. Oleh sebab itu kalian harus selalu hati-hati saat menggunakan internet.

Termasuk iklan-iklan di internet yang sering kalian jumpai, biasanya itu adalah sebuah virus. Jangan sampe membuat komputermu rusak dengan tak sengaja memasangnya di komputer. Maka dari itu jangan ngawur saat meng-klik sebuah iklan.

Jangan gunakan jaringan terbuka

Sumber Gambar: cleansoftware.org

Bagi kalian yang sering menggunakan jaringan terbuka seperti jaringan WiFi yang tidak menggunakan kata sandi, maka hal itu patut dicurigai.

Kalian harus selalu hati-hati dengan jaringan terbuka seperti itu, karena bisa saja jaringan WiFi tersebut memang sengaja dipasang para peretas untuk menyebarkan virus ke dalam komputer.

Jika kalian sedang berada di luar rumah dan menggunakan jaringan WiFi, pastikan terlebih dahulu jaringan tersebut aman.

[irp posts=”56388″ name=”5 Extensions Chrome untuk Hindari Link Jebakan Virus di Internet”]

Berhati-hati saat menggunakan USB

Sumber Gambar: TokoKomputer007.com

Yang kelima dan patut kalian waspadai adalah ketika menggunakan USB.  USB memang sebuah alat penyimpanan data yang sangat praktis. Namun hal itu justru menyebabkan USB sangat rentan terkena virus.

Jangan asal menancapkan USB ke komputermu, karena bisa saja komputermu tertular virus dari USB yang kalian gunakan tersebut.

Kalian harus memastikan terlebih dahulu bahwa USB yang akan kalian gunakan terbebas dari virus. Maka dari itu kalian harus selalu hati-hati ya, jangan asal colok.

Semoga dengan 5 tips diatas bisa membuatmu lebih hati-hati dalam menjaga komputer agar terbebas dari serangan virus yang membahayakan.