5G Sudah Di Depan Mata dan Siap Geser Posisi 4G

Jaringan-5G-

Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan internet, membuat koneksi internet semakin mengalami perkembangan.

Tuntutan untuk menggunakan internet yang lebih cepat membuat koneksi internet harus di upgrade sesuai kebutuhan sekarang.

Hadirnya 4G LTE memang terbilang masih baru, bahkan hadinya 4GLTE di Indonesia belum mencapai satu dekade.

Namun sebentar lagi nampaknya keberadan 4G LTE ini akan segera digeser dengan koneksi internet yang jauh lebih cepat yaitu 5G.

Kabarnya 5G sebentar lagi akan dioperaasikan, walaupun belum tau secara jelas kapan koneksi sinyal ini akan diluncurkan, namun sudah banyak masyarakat yang menunggu-nunggu kehadirannya.

Akhirnya setelah empat generasi sinyal diluncurkan, kini para ilmuwan dan ahli telekomunikasi segera menghadirkan sinyal yang jauh lebih mundukung yaitu 5G.

Tentunya kalian pasti penasaran, apa saja kelebihan dari sinyal 5G ini. Langsung saja yuk simak lanjtutan ulasan dibawah ini.

Generasi mobile communication teranyar

Sumber Gambar: moskva.bezformata.ru

Asal muasal adanya sinyal untuk komunikasi tentunya sudah dimulai sejak duhulu, yaitu sejak kelahiran 1G pada tahun 1980.

Semakin berkembangnya peradaban dunia akan teknologi, membuat teknologi digital pun menggantikan basis analog.

Dan dengan berjalannya waktu dari tahun ke tahun akhirnya terciptalah sebuah teknologi yang biasa kita sebut 2G, 2.5G, 2.75G, 3G, 4G dan kini yang paling terbaru dan akan dilncurkan adalah  5G.

Perlu kalian ketahui juga, huruf G untuk melengkapi angka-angka tersebut adalah singkatan dari kata Generation.

Contoh halnya jika kalian sekarang menggunakan teknologi 4G , maka artinya sekarang kamu sedang menggunakan teknologi generasi ke empat dan begitu seterusnya.

Kecepatan aksesnya menembus 1 Gbps

Sumber Gambar: romper.com

Harus kalian ketahui, ternyata jaringan 4G yang selama ini kalian gunakan sebenarnya bukanlah murni jaringan 4G, ternyata jaringan yang sering kalian gunakan masih berupa 4G LTE.

Dan menurut data yang dikumpulkan, ternyata rata-rata kecepatan maksimun dari transmisi data untuk downlink secara keseluruhan berada di angka 40 Mbps.

Namun di Indonesia sendiri, kecepatan maksimal untuk mengunduh hanya mampu menyentuh angka sekitar 13 Mbps, benar-benar perbedaan yang cukup jauh kan?

Sedangkan untuk 5G sendiri akan diperkirakan mempunyai kecepatan mengunduh maksimal sebesar 1 Gbps, berarti jika di Indonesia mencapa 70 kali lipatnya dari jaringan 4G LTE yang ada sekarang.

Bahkan di negara Korea Selatan akan menargetkan kecepatan sebesar 10 Gbps pada akhir tahun 2018 ini.

Mendukung IoT

Sumber Gambar: interestingengineering.com

Apa itu IoT? Iot adalah singkatan dari Internet of Things. Perkembangan teknologi yang semakin keren membuat komunikasi semakin mengalami kemajuan.

Saat melakukan komunikasi tak perlu lagi dilakukan antar manusia, melainkan sekarang bisa dilkukan antar perangkat.

Bahkan sekarang kalian bisa menghidupkan dan mematikan listrik hanya dengan menekan ponsel darimana saja. Saat peringatan tanda bahaya seperti banjir, gempa juga dapat kalian ketahui melalui pos pantau yang bahkan jaraknya bermil-mil jauhnya.

Dengan adanya koneksi internet yang semakin cepat seperti 5G ini memang sangat lebih membantu dan bisa diandalkan. Dengan jaringan 5G dapat membuat manusia dan perangkat menjadi saling terhubung dan tetap terhubung.

5G siap meluncur pada tahun 2020

Sumber Gambar: spacenews.com

Jaringan 5G ini rencananya akan mulai luas digunakan pada tahun 2010 nanti, termasuk juga Indonesia.

Namun kabarnya negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, dan Amerika sepertinya akan lebih dulu menikmaiti kecanggihan jaringan 5G ini.

Semua persiapan yang menjajikan ini semoga sesuai realitanya nanti, untuk bisa mengakses jaringan 5G ini kalian tentunya harus menggunakan ponsel yang memenuhi spesifikasi sinyal 5G ini.

Jadi untuk kalian yang ingin ikut menikmati kecepatan sinyal 5G ini siap-siap menabung untuk ganti ponsel baru.

Kira-kira di Indonesia kapan ya?

Ada komentar?