6 Cara Mudah untuk Mempercepat Download uTorrent

Sampai saat ini belum banyak orang yang bisa mengunduh file di BitTorrent. Ada beberapa masalah yang kerap timbul. Misalnya download lambat. Kali ini kami membahas soal mempercepat download dengan uTorrent.

Torrent merupakan sebuah file, yang mempunyai berbagai informasi yang dikemas dalam satu file. File tersebut biasa disebut dengan BitTorrent. Bisa dikatakan BitTorrent menyediakan paket kumpulan file yang sangat lengkap.

Sedangkan uTorrent adalah salah satu aplikasi yang sering dipakai untuk download torrent. Kembali ke masalah yang dihadapi, beberapa cara mempercepat proses download di uTorrent antara lain:

Sumber Gambar : YouTube

Perhatikan Seeder dan Leecher

Di dalam Torrent, terdapat istilah Seeder dan juga Leecher. Tidak sedikit pengguna uTorrent yang belum mengetahui istilah tersebut.

Agar lebih mudah, Seeder bisa digambarkan sebagai orang yang telah selesai mengunduh sebuah file di Torrent. Sementara Leecher, merupakan orang yang tengah menunggu giliran, untuk mengunduh sebuah file di Torrent.

Apabila pengguna ingin mengunduh file di Torrent dengan cepat, maka sarankan untuk memilih Seeder dan Leecher yang banyak.

Namun tetap dengan rasio Seeder lebih banyak daripada Leecher. Dengan rasio seperti itu, kalian bisa mengunduh file lebih cepat, dibanding saat memilih Seeder lebih sedikit dan Leecher lebih banyak.

Atur Kecepatan Download dan Upload

Salah satu metode mempercepat download pada uTorrent ini harus diperhatikan. Sebab setiap bittorent client software, pasti mempunyai sebuah fitur yang bisa digunakan untuk mengatur kecepatan download dan upload.

Hal ini juga berlaku dalam uTorrent. Oleh sebab itu, kalian bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mempercepat download uTorrent.

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan angka upload. Pastikan angka upload lebih rendah dibanding angka download.

Mengapa harus seperti itu? Sebab tujuan kalian saat ini adalah download. Supaya internet lebih fokus ke proses download, maka angka download harus lebih tinggi.

Atur Jumlah Peer

Peer merupakan salah satu istilah yang kerap digunakan dalam uTorrent. Singkatnya, Peer merupakan seluruh pengguna uTorrent, baik yang sedang download maupun upload.

Dengan banyaknya Peer, otomatis akan menjadi hambatan kalian ketikan mengunduh di uTorrent. Namun hal ini bisa diatasi, dengan mengatur atau membatasi jumlah maksimal Peer.

Untuk membatasi jumlah maksimal Peer, klik menu β€˜Options > Preference > Bandwidth.’ Setelah itu, tentukan β€˜Maximum number of connected peers per-torrent.’

Mengubah Pengaturan Advanced

Untuk metode ini, kalian perlu memperhatikan Settings Advanced pada uTorrent. Disini kalian diharuskan untuk mengubah beberapa pengaturan, agar dapat mengunduh file lebih cepat.

Beberapa pengaturan yang perlu diubah seperti β€˜allow_same_ip menjadi True,’ β€˜show_notorrents_node menjadi false,’ β€˜update_interval menjadi 20,’ dan β€˜max_halfopen menjadi 50 – 100.’

Jangan Mengunduh File Sekaligus

Salah satu cara mudah untuk mempercepat download melalui uTorrent adalah, jangan pernah memaksa untuk mengunduh file dalam waktu bersamaan.

Memang benar, uTorrent memperbolehkan pengguna untuk mengunduh lebih dari satu file sekaligus. Namun sebenarnya hal tersebut justru bisa menyebabkan proses download lambat.

Kami menyarankan untuk menyelesaikan terlebih dahulu satu unduhan. Setelah itu kalian dapat mengunduh file lain secara berurutan.

Cek Koneksi Internet

Apabila sudah melakukan cara di atas, namun proses download masih tetap lambat, maka kalian bisa memeriksa koneksi internet.

Memang lebih baik bila mengunduh menggunakan WiFi. Namun pastikan pula pengguna WiFi tidak terlalu banyak. Karena pengguna WiFi yang terlalu banyak juga bisa mengganggu kecepatan internet.

Apalagi jika kalian mengunduh film dengan resolusi HD, maka pastikan koneksi internet. Bagi pengguna WiFi, kalian harus pastikan pula bahwa WiFi telah dalam posisi benar.

Download

%d blogger menyukai ini: