8 Alasan Kenapa Saya Beralih ke Android

Jika kalian adalah pembaca setia blog ini dari sejak jaman dulu, bisa jadi kalian akan berkerut dan sedikit dongkol dengan tulisan ini. Setelah 4 tahun lebih menggunakan ponsel berbasis Windows sebagai ponsel utama, akhirnya saya memutuskan untuk beralih ke Android.

Beralih ke sesuatu hal baru dengan meninggalkan hal-hal lama bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi jika menilik pendekatan yang dilakukan Windows 10 mobile yang sangat berbeda dengan Android. Mungkin akan terasa lebih mudah jika pengguna Windows 10 mobile pindah ke iPhone. Tapi saya memiliki alasan tersendiri mengapa akhirnya memilih Android sebagai sistem operasi untuk ponsel utama.

Inilah 6 alasan kenapa saya beralih ke Android:

Aplikasi banyak

Siapa yang bisa menolak fakta ini. Play Store memiliki jumlah aplikasi yang paling banyak dibandingkan dengan App Store apalagi Windows Store. Meski banyak aplikasi ga jelas yang ada disana (Ya, Google perlu bikin standar kualitas yang lebih ketat), namun saya hampir tidak pernah tidak menemukan aplikasi yang ingin saya gunakan. Berbeda dengan saat menggunakan Windows 10 mobile yang harus selalu bersabar menunggu aplikasi resminya muncul di Store.

Potong pulsa

Ini adalah salah satu alasan mengapa saya lebih memilih Android dibanding iPhone. Play Store sudah bisa bertransaksi menggunakan pulsa. Hampir semua operator besar sudah mendukung fitur pembayaran aplikasi menggunakan pulsa.

Saya tidak memiliki kartu kredit, dan akan susah jika harus membeli aplikasi dengan sistem pembayaran tersebut. Bisa sih dengan jasa pihak ketiga untuk membelikan iTunes Gift Card, tapi, jika bisa lebih gampang dan murah menggunakan pulsa, kenapa harus cari yang susah dan mahal?

Banyak fitur yang bisa digunakan di Indonesia

Ini juga alasan mengapa saya lebih memilih Android dibandingkan iPhone. Banyak fitur dan layanan Google Android yang bisa digunakan di Indonesia tanpa harus mengubah region. Fitur “OK Google” sudah bisa di akses menggunakan bahasa Indonesia (bandingkan dengan Cortana dan Siri yang harus mengubah region dan tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia).

Banyak konten tersedia untuk pasar Indonesia

Alasan ini juga berkaitan dengan alasan sebelumnya. Di Play Store, kita bisa menemukan konten-konten hiburan seperti film dan buku yang bisa di akses dengan region Indonesia. Bahkan koleksi-koleksi buku berbahasa Indonesia sudah cukup banyak disana.

Windows Store masih terbatas hanya region Amerikas Serikat saja yang bisa mengakses konten musik dan film, sedang iTunes, mereka belum banyak memiliki koleksi buku berbahasa Indonesia.

Tuntutan Pekerjaan

Saya memiliki sebuah usaha rintisan digital bernama Listeno, sebuah aplikasi Buku Suara yang baru tersedia di Android. Untuk selalu bisa menguji performa dari aplikasi ini, saya harus menggunakan ponsel Android agar bisa melakukannya kapanpun saya mau. Saya bukan tipe orang yang suka membawa lebih dari satu ponsel, jadi memilih Android sebagai ponsel utama adalah konsekuensi terbaik dibandingkan dengan harus membawa lebih dari satu ponsel di kantong.

Aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan-pun lebih banyak tersedia di Android. Bahkan aplikasi-aplikasi buatan Microsoft seperti Office, Skype, Outlook, OneNote dan OneDrive berjalan lebih baik dibandingkan di Windows 10 mobile.

Developer aktif

Seberapa sering kalian mendengar berita para pengembang aplikasi menghentikan dukungan mereka untuk Windows 10 mobile? dan untuk aplikasi yang masih aktif, seberapa sering mereka melakukan update penambahan fitur?

Hal terbaik dari Android adalah, penggunanya yang cukup banyak di seluruh dunia. Dengan pengguna sebanyak itu, developer aplikasi tidak akan mungkin untuk membiarkan aplikasinya terbengkalai. Selama beberapa minggu menggunakan Android, hampir setiap hari selalu ada update dari masing-masing aplikasi berbeda. Dan jika ada fitur baru yang tersedia, Android biasanya mendapat kesempatan pertama untuk bisa mencicipinya.

Android adalah bisnis Google

Meski tidak mendapatkan keuntungan langsung dari Android, namun Google mendapatkan banyak data penting untuk melanjutkan dominasi bisnis mereka di ranah internet. Oleh karena itu, sebagai salah satu lini bisnis yang menjanjikan, Google menaruh perhatian yang cukup besar untuk Android.

Berbeda dengan Microsoft yang tidak menaruh prioritas pada WIndows 10 mobile karena memang bukan bagian dari bisnis utama mereka. Jadi wajar jika ekosistem Windows 10 mobile hanya berputar-putar tak tentu arah.

Banyak pilihan merek

Tak diragukan lagi, manufaktur ponsel lebih suka membuat ponsel Android dibanding dengan Windows 10 mobile. Banyak pilihan merek dan jenis, mulai dari harga murah hingga mahal adalah keuntungan. Kita bisa memilih ponsel disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Itulah 8 alasan mengapa saya beralih ke Android. Bagi saya, ponsel adalah alat untuk membantu agar pekerjaan dan aktivitas lain menjadi lebih mudah. Jadi memilih ponsel bukan semata karena ingin terlihat keren atau berbeda.

Sampai saat ini, saya belum memutuskan untuk memilih jenis dan merek ponsel Android sebagai ponsel utama. Mungkin dari kalian ada yang bisa memberi saran?

  1. Mas Afit, ntar review pengalaman di Androidnya ya…

    Aku masih agak trauma tahun 2013 ke bawah pakai Android sangat nggak reliabel. Handheld mati sendiri, restart, sampai crash program terus menerus.

  2. oke mas, nanti setelah memutuskan device utama yang mau tak pakai ya. Masih milih-milih nih device yang keluaran 2016 😀

  3. Sekalian beli yg kelas mid-end ke atas (high-end) bila perlu mas. Jgn tanggung-tanggung biar pengalamannya lebih maksimal.

  4. alesan yg terakhir adalah bentuk kekecewaan terhadap microsoft, mungkin perubahan terbesar para user adalah setelah updat w10m yg ternyata tidak menimbulkan perubahan dibidang performa maupun gap app yg kerasa hanyalah pwrubahan UI

  5. Ane yakin pasti suatu saat kangen juga sama Lumianya (windows 10 mobile).

  6. that’s a choice!!!!
    hidup penuh pilihan,,,
    sama halnya dengan lumia esok hari,,,
    lumia akan terkubur diganti dengan surface phone di esok hari,,
    come back to myself,,,
    menurut dengan kebutuhan kita masing masing
    positif thinking itu jalan terbaik,,,,

  7. Benar juga apa kata Mas Afit.. Mungkin dengan alasan konvensional seperti “…karena ingin terlihat keren atau berbeda.” Sampai saat ini pun, saya masih bertahan pada Lumia, padahal anggota keluarga yg lain sudah berhijrah ke Android (dulunya user Lumia 530)

  8. saya ga ada masalah dengan W10M secara performa, gap aplikasi itu yang membuat saya akhirnya memilih android

  9. ponsel-ponsel Lumia/Windows Phone, masih saya pakai dan gunakan. Hanya sudah ga jadi device utama 😀

  10. semoga W10m bisa berbicara banyak di masa depan. Masih yakin klo OS W10m itu bagus, hanya ekosistemnya yang terlalu menyedihkan

  11. Gal-note 7 aja sekalian mas… Lagi gress itu ?

    Saya tunggu review device barunya mas

  12. sudah kecium juga sih sejak tema & nama situsnya berubah, dari yang khusus windows jadi lebih universal..

  13. gal note ada masalah di baterai, bahkan sebelum di jual resmi. Sekarang lagi pada ditarikin semua tuh barangnya. Masih kahwatir beli itu 😀

  14. Saran saya, coba smartphone dari varian google nexus, katanya biar gampang dpt update resmi dari google nya.

    Jujur kalo saya pilihannya ke vendor SONY, HTC, atau Xiaomi, tinggal menyesuaikan budget yg di punya.

  15. Nah itu masalahnya, rencana mau beli Nexus, tapi kemarin baca kabar rumor klo Google sudah berhenti bikin ponsel dengan merek Nexus. bikin bimbang juga 😀

  16. More Impressive..Baru ini baca blog yg asal mula nya pro banget dg Windows Phone tiba tiba mau hijrah ke Android dan itu bukan lah sebuah keputusan yg mudah. Begitupun yang saya rasakan. Semuanya hampir persis sama dg pemikiran sy. Penulis benar sy pun berpikir kapan os windows 10 ini benar2 bs diterima di khalayak massal ? Dengan segala fitur yg mumpuni dan bukan kelinci percobaan. Satu hal yang membuat saya bingung jika berhijrah ke os Android atau ios sekalipun yaitu open source nya. Android dan ios menurut sy rentan terserang malware atau virus dan kena hack dari org2 yg mungkin tdk bertanggung jawab jika salah perhitungan dibandingkan os Windows yg resikonya mungkin sedikit bs terinfeksi. Walaupun tidak menutup kemungkinan bs jd fatal. Entah kapan os windows Mobile ini bangun dan maju. Sampai aplikasi pojok anak aja hilang, malah merepotkan masa harus diganti dengan pojok aplikasi gak lucu kan..tp semua ini kembali pd penulis blog ini mau apa dan setelah pindah apa yang mau dikerjakan dan kenapa harus pindah.

  17. Ulala… Sangat mewakili kegalauan (isi hati) saya yg memang sdh mulai menabung utk ngincer mid to high ? walaw saya akui os windowsmobile10 itu bagus dan ringan tapi…………….. There’s one problem… Apa? APP GA……………..P That’s it! Resumeku biarkan microsoft nyaman dgn keputusannya dan aku juga ?

  18. Menurut saya pribadi, sebagian alasannya iya masuk akal, tapi ada sebagian juga yang tidak relevan. Contohnya masak iya apps microsoft berjalan lebih baik diandroid, masuk nggak yakin saya, seingat saya waktu blog ini masih bernama IDWINPHONE pernah membandingkan performa kedua OS dimana disampaikan bahwa WP mejemen memory lebih baik sehingga bisa menjalankan aplikasi lebih baik, kira2 sperti itu. Potong pulsa, bukannya lebih dulu WP yang memberikan fitur beli apps potong pulsa, yang waktu itu masih nokia, waktu itu saya taunya dari baca di IDWIMPHONE. Iya memeng mungkin masih hanya sekedar beli apps saja tidak seperti di android saat ini yang bisa beli/sewa film juga. “Ponsel adalah alat untuk membantu agar pekerjaan dan aktivitas lain menjadi lebih mudah. Jadi memilih ponsel bukan semata karena ingin terlihat keren atau berbeda.” saya rasa fungsi ponsel yang 700 ribuan untuk membantu pekerjaan dan aktifitas lain menjadi lebih mudah hampir setara dengan ponsel yang harganya 7 jutaan, selain fungsi itu saya pikir memilih ponsel diatas 7 jutaan semata karena ingin terlihat keren atau berbeda saja. Disini setau saya masnya ini pakai ponsel dari yang 930 sampai 950, itu waw bagi say, dan saya pikir rencana mau beli ponsel berbasis android pasti yang waw juga. Dan akhirnya disini saya hanya melihat ketidak konsistenan saja. Untuk srannya, menurut saya kalau mau pake ponsel android untuk mempermudah pekerjaan dan aktivitas lebih bijak kalau memakai merek dalam negri misalnya evercoss, polytron atau mito karena menurut saya lagi, kenapa samsung itu sukses karena orang korea bangga pake produk dalam negri mereka dan orang indo juga bangga pakai produk korea itu, coba misalnya orang indo bangga pakai polytron/evercoss dan orang korea juga pakai dan bangga pasti polytron/evercoss lebih sukses dari samsung.

  19. Coba Nexus Series Om,
    Pure Android + Update guarantee buat OS nya langsung dari Google,

    Atau apalah namanya nanti, karena gosipnya produk Nexus dari Google mau ganti nama 😀

  20. Yah, sesuai selera masing-masing dah…disesuaikan dengan kebutuhan. #…

  21. 1. Kenapa saya bilang apps microsoft lebih baik jalan di Android daripada di W10M? karena saya sudah mencoba dan membandingkannya. Jadi itu bukan asumsi atau khayalan saja.
    2. Di artikel ini saya tidak menuliskan OS Android lebih baik dari W10M. Sampai saat ini, saya masih menganggap bahwa OS W10M lebih baik dari Android. Tapi yang bikin jelek OS W10M adalah gap apps yang sangat jomplang.
    3. Potong pulsa, di artikel ini saya membandingkannya dengan iOS. Kenapa memilih Android bukan iOS.
    4. Saya bangga pakai produk Indonesia yang berkualitas.

  22. jangan khawatir, bagi pengguna Windows 10 Mobile, kami masih akan mengulasnya kok. Ini kan preferensi saya pribadi sebagai end-user, ga ada sangkut pautnya sama konten blog. Meski pake Android sebagai device utama, tapi device W10M masih tetap dipakai untuk hal-hal lain

  23. Sepertinya Alasan GAP App dan varian produk dr merek android yg bervariasi adalah mayoritas penyebab utama pengguna lumia dan saya pindah juga ke andro, padahal saya dulunya penggemar berat si Lumia, bahkan tiap hari selalu buka blog ini yg masih idwinphone. Karna gak ada perubahan yg signifikan dalam hal app di windows maka saya lbh baik pindah aja. Saya kaget juga baca artikel ini kalo mas afit jg ikut hijrah ke andro jga untuk device utamanya 😀
    Gak sabar nungguin mas afit ngoprek2 androidnya dan dibikinin artikelnya. 😀

  24. sama sob.. sebagai salah satu user yg migrasi dari wp ke andro juga berpendapat yg sama seperti di atas (walaupun wp juga tak tergantikan sih / lebih tepatnya nokia yg tergantikan wkwk)
    tapi device andro saat ini udah jauh lebih baik ko (kalau ga salah sejak asus & xiaomi turun dikelas ini..) jadi udah ga seperti dulu waktu samsung masih jalan sendiri.. harga mahal spec pas-pasan.. sekarang lebih banyak pilihan spec yg lebih baik dengan harga yg bersahabat..

    tapi tetep nokia yg jadi sahabat.. haha

  25. yup, karena memang gap app ini bermasalah banget ketika harus bersentuhan dengan dunia kerja. Siap mas, jangan lupa subscribe yak 😀

  26. saya udah coba 3x Xiaomi. Redmi Note, Mi3, Mi4 dan semuanya kurang memuaskan. Mau coba merek lain dulu

  27. Okay mas,jd keinget nasihat ortu saya. hidup ini sudah sulit gak perlu dipersulit lagi, :v

  28. This article should not be posted.

    Dulu artikel idwinphone selalu menguatkan saya sbg pengguna wp untuk tetap konsisten dan tdk beralih ke os tetangga. I supported this blog bahkan harus sampe beli aplikasi 2x saat windowsblog dapat “surat cinta” dr Microsoft. But well, mungkin nama baru urbandigital sendiri harusnya menyadarkan saya sejak awal bahwa this is no longer just about Windows. FYI, i pinned this blog on my startscreen because idwinphone/windowsblog. It just hurts seeing my favorite Windows blog talk about this stuff.

    Just saying what i feel, no hatred, just disappointed.

    Sorry i have to unpin this website address. Maybe it doesn’t matter at all, but you just lost one loyal windows fan.

  29. Sudah beberapa hari ini kepikiran mau ganti Lumia 730 dengan galaxy A3 2016 tp masih ragu…eeeh baca artikel ini malah tambah kuat keinginan pindah ke android… Nunggu galaxy A3 turun jadi 2 jutaan dulu aahhh sambil ngumpulin duit ?

  30. we still and always coverage windows, but not exclusive anymore. thanks for being a huge fans. appreciate.

  31. Jujur kecewa…saya juga pake Andro tpi hati sy ttp d Windows mobil dengan segala bug nya tpi itu lah yang membuat kita beda..tapi sy yakin suatu saat mas akan kangen dengan windows mobil

  32. Iya gan kecewa…dulu tiap hari buka blog ini tpi semenjak di akusisi Microsoft malh jauh sngt berbeda

  33. Gimana kalau Galaxy S7 Edge? sampai saat ini belum ada yang meragukan itu, tidak seperti Note 7 yang “ditarik lagi” karna masalah baterai

  34. Saya kira membandingkan seorang bayi yang masih belajar merangkak (Microsft) dengan seorang anak/pemuda (Android/iOS) yang sudah sekolah dan mampu berjalan atau bahkan lari dengan sangat cepat, adalah sesuatu yang kontra, tidak adil, bahkan cenderung dipaksakan.

  35. Saya pengguna Windows 10 mobile dan android, pernyataan aplikasi microsoft berjalan lebih baik di android daripada di w10m saya tolak mentah2, sewaktu pertama kali saya membeli hp andorid (kurang lebih 6 bulan yg lalu) saya mencoba konsisten dengan mengalihkan fungsi aplikasi microsoft dari L950 saya ke S7, sehingga L950 saya hanya untuk telepon dan sms tp cuma bertahan 3 hari, outlook dan onenote tetap saya akses dari L950, terutama outlook di android sangat jelek, kemudian onedrive di L950 berjalan sangat nyaman untuk terintegrasi dengan hal2 lain dalam mendownload file, sharefile dibanding melalui android, sehingga saya kl butuh mengakses data2 saya pada onedrive, saya memilih membukanya dari L950 dibanding S7

  36. 5 tahun di dunia teknologi sudah tidak di kategorikan merangkak lagi menurut saya. Dunia teknologi itu sangat dinamis

  37. Udah beralih ke andro dari 2 bulan yang lalu setelah pake WP sebagai satu2nya os utama sekitar 3 tahunan. .

    Berat di awal, tapi perpindahan memang akan selalu terjadi

  38. Outlook bagusan di android ada fitur focus nya, di windows gak ada padahal penting itu tapi emang lebih cepat windows si buka app nya,
    kalo office jauh lebih baik windows karna lebih cepat fitur sama.. 😀

  39. Mungkin belum mas afit, masih harus menunggu (kalo emang mau yg resmi). Saya akui emang keren tuh terobosan lenovo/motorola. ?

  40. yup, pernah coba moto x 2014. enak banget itu, sayang udah ga bisa dapat update andro terbaru

  41. Wah bang Afit hijrah ke robot ijo ya.. Saat ini saya msh aktif n nyaman pakai Lumia 640 LTE, sebenarny bulan 4 kemarin saya smpet pindah ke Robot ijo jg, tuntutan pkerjaan sih, org kntor mnggunakan Grup di BBM sbgai sarana berkomunikasi, karena bbm di windows Phone ng-Lag muluk, akhirny saya putuskan beli Smartphone android, dan kirim lumia saya ke adik, ok lancar kerjaan jg lancar dg android, tp cuman sebulan doank, ntah knp saya mulai mmbndingkan android dg windows phone, pertama Glance Screen..itu sederhana tp sangaat penting..
    Trus UI nya..android terlalu biasa, walaupun bisa di custom dg launcher ya..tetep aja gak se asik UI windows phone..
    Hal lain mungkin lbh personal sih..kek gap aplikasi di windows Phone, saya bukan org yg gila app sih jd gap app gak pengaruh buat saya, akhirny skrng saya balikan sama Lumia 640 yg smpat saya kirim ke adik saya..

  42. Semisal di masa depan (entah itu kapan) W10M menjadi lebih baik, dan sangat baik & bisa di andalkan, apakah mas Afit mau comeback menggunakan WP sbg daily driver?

  43. Situs JAMBAN ONLINE kaya gini pake moderator komentar segala. Kenapa loe, nggak suka dikritik balik orang lain yang masih setia dan masih waras ya…? Hehe…

  44. secara performa tidak ada yang meragukan W10M. Jika nanti gap apps ini sudah teratasi dan bisa mengakomodir kebutuhan saya dalam penggunaan pribadi ataupun penggunaan bisnis, pasti bakal balik lagi dong 😀

  45. Lumia 950 cuma dipakai buat telpon dan SMS? Anda luar biasa! 🙂

  46. setuju sya, saya aj pk 2 merk hp w10 dan andro, tp andro saya mlh nganggur karena game.a nggk bisa bnyk mlhn hnya buat sebagai wifi hotspot

  47. Bangga dgn produk indonesia yang berkualitas? Coba bandingkan produk evercoss harga dibawah 1 jt dgn produk samsung yang harga setara!! Dan saya rasa menulis hasil perbandingan itu diblog lebih bagus daripada artikel ini.

  48. kaLo andro kwalitas josss itu di seri sony xperia ( yang sekarang seri Z5 ),
    yang merek china josss sih masih di pegang xiaomi Mi5,
    kalo mas afit pindah andro, lumia yang 950 di kamanain mas ?
    dijual yah ?
    atau masih di pakai ?

  49. Awalnya udah sreg pake wp sampe suatu hari l925 saya yg notabene flagship malah ga dapat wp 10,masih bisa sabar,tapi lama2 aplikasi semakin berguguran,dan here maps ilang dari wp adalah puncak kekesalan saya. Gimana ga kesel mau cari jalan susah minta ampun,aplikasi google ga ada,semakin lama gap wp dengan OS lain semakin besar bukan malah mengejar…so goodbye wp,no hard feeling buat penggunanya..

  50. Setelah berkelana dengan Windows phone akhirnya aku juga ganti ke Android. Hhe. Awal mulanya sih sejak NCC Jogja dilebur, jadi ragu kelanjutan WM10 di Indonesia, apalagi kelanjutannya cuma 950, nggak kuat beli. Abis itu banyak petinggi MS pake device non-WM10 secara gamblang dan karena mampunya beli device yang menengah, tapi sama MS dihapus (730 nggak ada kelanjutannya). Intinya WM10 terlalu dianaktirikan sama MS sendiri dan dikerdilkan. Yowis aku ganti wae, bukannya nggak puas dengan performa dan kualitas devicenya. Tapi lebih ke orang-orang dibalik layar nya yang membuat pindah dari WM10.
    Sante mas, Mehedi cah MSPU Sik genah nganggo jeneng “MS” we daily drivere nek ra iPhone yo OnePlus3 kok. Wkk

  51. Bener onedrive lebih nyamab dan smoott laancarr jaya jika d buka lewat lumia…sy punya lumia 1520, 920…dan lambatt bahkan proses pngambilan data dari vloud lebih lama pake android..buat krja lumia..aplikasi2 lain…forex dll ya android

  52. Kalo aq sendiri sih skrg untuk hp utamanya lebih nyaman pake SHARP AQUOS CRYSTALL harga murah desine anti mainstream. Untuk lumia 620 tetep kepake tapi sementara buat telp sm aja. Karena sama2 single sim. Q lebih prefer ke win 8 dulu pada saat lumia masih milik NOKIA. Pengalaman dulu NOKIA lebih care dengan semua device keluarannya, dengan update rutin semua device tanpa pilih2. Semenjak diakuisisi microsoft q ndak pernah lagi merasakannya. Akhirnya lumia 535 jarang kepake padahal sudah coba win10 tp tetep aja ndak bisa maksimal.

  53. tetep setia sama WP y gan, sama saya juga, device di rumah ada semua Iphone + android punya adik ipar, saya pake WP Lumia 640 LTE, bener kata bang Afit juga sih di tungtut sama pekerjaan juga, saya pake windows karena Here Maps Lumia OK, walaupun sudah tidak di support lagi, waktu Here keluar dari microsoft di ganti sama Windows Maps, agak kecewa juga, karena Favorite nya susah di import, tetapi sekarang sudah teratasi, semua favorite di here maps sudah bisa d import ke Windows Maps, 😀 total import 622 , selamat tinggal HERE,

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: