8 Kejutan di Acara Google 4 Oktober Mendatang

google 4 oktober
Anom Penulis

Pada tanggal 4 Oktober, Google berencana akan mengadakan konferensi media. Sebelum ini, Google sudah mengumumkan banyak hal di Google I/O. Mulai dari Android Nougat, aplikasi Duo dan Allo, platform VR Daydream, Google Assistant, dll. Di acara Google 4 Oktober mendatang, kita bisa berharap banyak hal datang menyusul.

Untuk acara tersebut, Google sudah memiliki website dengan alamat madeby.google.com. Tapi kalau kita menuju ke sana sekarang, belum ada apa-apa. Halaman tersebut dibuka dengan bilah pencarian yang kemudian berubah menjadi bentuk kotak dengan sudut melengkung, seperti bentuk handphone, dan berisi gambar yang berganti-ganti. Di sana hanya ada tulisan tanggal 4 Oktober, logo G dari Google, dan kolom isian email untuk menerima pemberitahuan lebih lanjut mengenai acara tersebut (ketika sudah tersedia).

[junkie-alert style=”white”] Baca juga: Untuk Google Mail yang Lebih Teratur, Gunakan Inbox [/junkie-alert]

Seperti acara sejenis, sudah muncul banyak bocoran mengenai apa saja yang akan diumumkan. Mari kita lihat kejutan apa yang kira-kira akan muncul di acara Google 4 Oktober mendatang.

Handphone Google Pixel dan Pixel XL

Kedua nama di atas disebut merupakan nama handphone terbaru dari Google. Perusahaan yang ada di belakang Android ini diduga akan menanggalkan nama Nexus, dan menggunakan nama baru. Nama Pixel sebelumnya sudah hadir di dua produk Google, yaitu Pixel C tablet, dan Pixel 2 Chromebook.

Pixel, yang berukuran lebih kecil, dikatakan akan berukuran 5,2 inci Full HD. Sedangkan Pixel XL akan berukuran 5,5 inci QuadHD. Bocoran yang didapat oleh Android Police menyebutkan bahwa Pixel akan memiliki harga sekitar $649. Kedua handphone ini dikabarkan diproduksi oleh HTC.

google pixel phone leaked
Foto: VentureBeat

Tablet Pixel

Selain handphone Pixel, Google mungkin juga akan merilis tablet Pixel terbaru. Evan Blass (@evleaks) membagi bocoran ini melalui Twitter. Ia menyebutkan bahwa tablet 7 inci Google buatan Huawei dengan RAM 4GB akan dirilis sebelum akhir tahun.


Smartwatch Android

Google disebut sedang mengembangkan dua buah smartwatch Android. Android Police menyebutnya dengan kode “Angelfish” dan “Swordfish”. Keduanya dikabarkan memiliki dukungan Google Assistant, dengan “Angelfish” (yang lebih besar) mendapat fitur data seluler (LTE, GPS, dan deteksi detak jantung), dan “Swordfish” tanpa dukungan data seluler dan GPS.


Google WiFi

Perangkat ini adalah sebuah perangkat router WiFi. Kemungkinan menyusul produk OnHub yang sudah dirilis sebelumnya. Droid Life menyebutkan bahwa perangkat ini akan seperti jaringan WiFi di dalam rumah. Sebuah router akan terhubung dengan modem, dan perangkat router lain akan menyambung koneksi itu sehingga semua area bisa terjangkau.


Chromecast Ultra

Perangkat ini merupakan perangkat Chromecast baru yang mendukung kualitas 4K. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa logo Chrome akan hilang dan diganti dengan logo G dari Google. Evan Blass alias @evleaks membocorkan tampilan 4K Chromecast Ultra tersebut dengan logo G baru.


Google Home

Sundar Pichai, CEO Google, sudah mengumumkannya di acara Google I/O. Perangkat ini juga sudah bisa diintip di situs resminya. Di acara Google 4 Oktober mendatang, perangkat ini disebut akan diungkap lebih jauh lagi. Google Home adalah sebuah perangkat smart speaker atau speaker dengan asisten AI di dalamnya. Dengan perangkat ini kita bisa menanyakan cuaca, memesan pizza, atau mengontrol perangkat rumah tangga yang mendukung.


Laptop Google Pixel 3

Pixel 3 merupakan panggilan lain laptop ini selain nama kode “Bison”. Rumor menyebutkan kalau laptop ini akan berukuran 12,3 inci, memiliki mode tablet (belum jelas apakah seperti Lenovo Yoga atau Microsoft Surface Book), memiliki prosesor Intel i5 atau i7, dengan fingerprint scanner, USB-C, dan dukungan pena stylus. Dikabarkan bahwa laptop ini akan mulai dipasarkan pada kuartal ketiga tahun 2017. Yang menarik, laptop ini dikabarkan akan hadir dengan Andromeda OS. Yang membawa kita pada….


Andromeda OS

Sistem operasi baru ini disebut merupakan sistem operasi terbaru dari Google. Andromeda dikabarkan merupakan gabungan dari Android dan Chrome OS yang disesuaikan untuk laptop. Sudah beberapa waktu belakangan ini kita melihat usaha Google untuk membawa aplikasi Android ke laptop Chromebook. Hampir setahun yang lalu, The Wall Street Journal memberitakan tentang hal ini. Andromeda kelihatannya merupakan jawaban dari hal tersebut.

Hiroshi Lockheimer, SVP Android, Chrome OS dan Google Play, menulis tweet yang menarik, dan kelihatannya berkaitan dengan hal ini.


Itulah beberapa hal yang bisa hadir di acara Google 4 Oktober mendatang. Memang semua masih memiliki cap rumor. Namun, di dunia teknologi, berbagai bocoran tidak bisa diabaikan begitu saja. Untuk saya pribadi–kalau rumor itu memang benar adanya–yang paling menarik adalah rumor mengenai sistem operasi Andromeda. Setelah sukses menjadi sistem operasi mobile terbesar di dunia, Google mengarahkan pandangannya ke desktop.

[junkie-alert style=”white”] Baca juga: 6 Aplikasi Google Untuk Smartphone [/junkie-alert]

Ini membawanya berada di posisi yang mirip dengan Microsoft. Nama yang disebut terakhir ini sedang sibuk membawa sistem operasi desktop ke perangkat lain. Walau disebut gagal di handphone, Microsoft sedang mendorong Windows 10 di Xbox One, satu dari dua konsol game paling populer di dunia.

Persaingan akan semakin sengit. Menarik bukan?

    %d blogger menyukai ini: