9 Negara Ini Blokir YouTube dengan Alasan Tidak Masuk Akal

LogoYotube

Hingga saat ini, YouTube masih menjadi salah satu media bagi siapapun, yang mencari dan ingin melihat video apapun.

Memang rasanya sulit membayangkan, dunia maya tanpa adanya YouTube. Mungkin dunia maya tidak akan menyenangkan seperti saat ini.

Masyarakat dapat menemukan apapun di YouTube. Seperti resep masakan, tutorial makeup, video untuk belajar, video lucu, atau video menarik lainnya.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang mendukung, dan menerima dengan tangan terbuka perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, tidak heran bila pengguna YouTube di Indonesia sangat banyak.

Walaupun YouTube bisa memberi banyak manfaat, namun terdapat beberapa negara yang melarang YouTube. Berikut telah kami rangkum, 9 negara yang memblokir YouTube dengan alasan tidak masuk akal:

Jerman

Saat ini Jerman menjadi satu-satunya negara elite Eropa yang memblokir YouTube. Hal tersebut rupanya dilakukan karena, pemerintah melarang beredarnya video musik dan embel-embel label rekaman, baik berbentu video clip maupun live concert.

Thailand

Thailand adalah satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara, yang pernah memblokir akses YouTube. Ternyata hal tersebut disebabkan oleh kasus beredarnya sebuah video.

Video tersebut berbentuk slide show, dan berisi penghinaan terhadap wajah Thailand. Hal tersebut membuat pemerintah geram, dan akhirnya memblokir YouTube selama lima bulan. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2007.

Korea Utara

Korea Utara merupakan negara yang memberlakukan peraturan super ketat terhadap internet. Pemimpin Korea Utara menerapkan aturan, bahwa hanya kalangan tertentu yang bisa mendapat akses YouTube.

Sedangkan untuk warganya, pemerintah menyediakan situs tersendiri yang mirip YouTube. Situs tersebut diberi nama Kwangmyong.

Iran

Pernah terjadi suatu kerusuhan di Iran. Hal tersebut lantas membuat pemerintah memblokir akses YouTube.

Kisrus terjadi lantaran protes masyarakat seputar pemilu tahun 2009. Setelah itu, viral beberapa video di YouTube. Inilah yang membuat pemerintah mengambil tindakan tegas, dengan memblokir situs tersebut.

Cina

Hampir sama dengan Korea Utara, Cina juga menjadi salah satu negara yang sangat ketat akan internet. Selain YouTube, Cina rupanya telah memblokir beberapa situs tertentu untuk warga.

BACA JUGA
5 Negara dengan Internet Super Lambat di Dunia

Turkmenistan

Sebenarnya pemerintah Turkmenistan memblokir YouTube tanpa alasan resmi. Walaupun begitu, rupanya mereka tidak 100% memblokir akses YouTube.

Bagi warga yang tetap ingin mengakses YouTube di tempat umum, maka mereka harus menunjukkan terlebih dahulu paspor, ke penyedia jaringan.

Libia

Pada waktu dulu, pernah beredar beberapa video anti pemerintah beredar di Libia. Videovideo tersebut berisi konten ketidaksukaan pihak tertentu, terhadap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Turki

Hampir sama dengan kasus di Libia. Pemerintah Turki juga mengeluarkan kebijakan untuk memblokir akses YouTube.

Hal tersebut lantaran tersebar sebuah video, yang berisi gugatan kepada pemerintah karena kasus korupsi besar-besaran. Video tersebut dianggap dapat memicu perpecahan, oleh sebab itu YouTube akhirnya diblokir pemerintah Turki.

Brasil

Warga Brasil mau tidak mau harus merasakan hidup tanpa YouTube di negara mereka. Hal ini lantaran beredar sebuah video skandal model ternama, Daniela Cicarelli. Hal tersebut lantas membuat pemerintah memutuskan untuk memblokir YouTube.

YouTube memang berisi berbagai hal yang bermanfaat. Bila digunakan dengan baik, situs tersebut dapat membantu manusia dalam berbagai hal.

Namun disisi lain, YouTube tidak jarang mengandung konten negatif. Hal inilah yang perlu diwaspadai. Apabila menyalahgunakan video tersebut, tidak menutup kemungkinan kalian akan tertimpa kejadian tidak diinginkan.

Bersyukurlah karena kita hidup di negara yang mendukung penuh kemajuan teknologi. Dengan begitu, sudah sepatutnya kita manfaatkan teknologi yang ada untuk kepentingan positif.

Ada komentar?