3 Poin Penting Acara “METAEDU 21” yang Digelar 1 – 5 November 2021

Indri Penulis

Acara “METAEDU 21” sukses digelar pada bulan November 2021. Baca di sini untuk tahu isu apa saja yang dibahas dalam acara tersebut.

METAEDU 21 merupakan rangkaian acara hybrid berbentuk webinar dan seminar, yang diadakan oleh Taiwan’s Industrial Development Bureau (IDB) yang bekerja sama dengan Institute for Information Industry (III) dan Digital Education Institute (DEI).

Dengan slogan “Tomorrow We Together,” METAEDU 21 digelar sejak tanggal 1 – 5 November 2021. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan instansi pemerintah dari berbagai negara, lembaga penelitian internasional, pendidik, perusahaan modal ventura global, dan para profesional teknologi pembelajaran dari seluruh dunia.

Acara tersebut dibawakan oleh praktisi berpengalaman dan mereka membahas berbagai isu seputar dunia pendidikan yang fokus pada tiga tema yakni ‘Difusi Inovatif, Pengembangan Bakat, dan Integrasi Ekosistem.’ Acara tersebut juga membahas soal dampak pandemi COVID-19 terhadap pendidikan, sampai Smart City Online untuk menghubungkan pelaku industri di Taiwan dengan dunia.

Kebetulan kali ini kami telah merangkum apa saja isu yang dibahas dalam gelaran METAEDU 21. Kamu bisa baca sampai selesai.

COVID-19 EdTech Boom: Mengubah wajah EdTech

Pandemi COVID-19 telah secara radikal mengubah cara kita hidup, bekerja, belajar, dan bermain. Meski tak dapat disangkal juga jika COVID-19 akhirnya mampu menghadirkan tantangan unik yang harus diatasi banyak pihak, pandemi ini juga telah mengkatalisasi ledakan EdTech yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut Laporan Survei Industri EdTech Taiwan 2021, total nilai output EdTech di Taiwan berjumlah 16,4 miliar dolar AS. Dibandingkan dengan tahun 2020, nilai output keseluruhan mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 220,9%.

Rupanya pandemi telah memicu pertumbuhan permintaan perangkat keras pengajaran (seperti alat elektronik penunjang kegiatan belajar jarak jauh). Menariknya fenomena tersebut justru mampu memperkuat Taiwan sebagai rantai pemasok informasi dan komunikasi global di tengah pandemi.

METAEDU 21 “Tomorrow We Together”

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, “Tomorrow We Together” adalah slogan dari acara tersebut. Slogan tersebut menggambarkan upaya kerjasama dari berbagai pihak demi mempercepat pertumbuhan EdTech.

Sementara itu, acara ini mengangkat 3 tema utama yakni Difusi Inovatif, Pengembangan Bakat, dan Integrasi Ekosistem. Acara tahunan perdana ini fokus pada percepatan ekosistem EdTech di Asia Tenggara dengan menyediakan platform terbuka dan kolaboratif.

Acara lima hari ini diadakan dan mendapat banyak perhatian. Terutama pada hari pertama forum online HolonIQ karena membahas tentang Taiwan EdTech 50 tahun 2021, laporan riset pasar tahun 2021 dan menampilkan berbagai ide bisnis dan rencana pengembangan masa depan dari perusahaan pemenang penghargaan.

Sementara itu HolonIQ merupakan platform intelijen terkemuka di dunia. Mereka membantu beberapa acara EdTech di Timur Tengah, Afrika, Asia, dan ini adalah pertama kalinya membantu Taiwan untuk memiliki Taiwan 50 EdTech dan memberikan pengakuan penghargaan.

Lanjut pada hari ke-2 ada agenda pemberian penghargaan Taiwan EdTech 50 dan kompetisi live hackathon Eduathon – EdTech. Zona pengalaman EdTech Proof of Concept baru yang dibuka bersama oleh Indonesia, Filipina, dan Vietnam juga diresmikan.

Sedangkan untuk acara 3 hari berikutnya merupakan webinar bertajuk “2021 International Reading Education Online Forum.” Forum tersebut dihadiri oleh SDG4 Development di Kawasan SEA, para pakar dari Southeast Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO), dan perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Komunikasi (Pusdatin) Indonesia.

Khusus hari terakhir acara ditujukan untuk para pakar investasi internasional, tim startup dan lembaga penelitian luar negeri. Mereka semua ditunjuk untuk memberikan EdTech Talk, menyampaikan kerjasama investasi, kondisi yang diperlukan, bagaimana masa depan industri, tren, transformasi, percepatan kerjasama pembangunan internasional.

METAEDU 21: Smart City Online

Pada tanggal 23 – 26 Maret 2021, orang-orang telah menyaksikan acara fisik Smart City Online Smart City Summit & Expo (SCSE). Itu merupakan acara all-in-one untuk solusi kota pintar global. Setelah acara fisik, SCSE+ akan terus menghadirkan Smart City Online dalam bentuk virtual sebagai acara online sepanjang tahun.

METAEDU 21 mengumumkan bahwa Smart City Online akan menjadi bagian dari pameran dagang online, yang menampilkan solusi IoT dan menawarkan peluang pemasangan untuk aplikasi dari dalam dan luar negeri.

Ditambah lagi dengan adanya paviliun virtual EdTech METAEDU 21, perusahaan di seluruh dunia akan memiliki peluang tanpa batas untuk bekerja dengan pelaku industri EdTech Taiwan, sekaligus dapat memahami bagaimana ekologi industri EdTech di Taiwan. Sementara pembeli dari luar negeri juga dapat berkomunikasi dan bernegosiasi dengan pelaku industri kapan saja, di mana saja.

    %d blogger menyukai ini: