Ingin Tahu Teknologi dan Gadget Baru? Ikuti Berita Acara IT Ini

mobile world congress
Foto: Jordi Ferrer

Tiap tahun, selalu ada acara IT yang memperkenalkan teknologi dan info gadget baru. Teknologi baru biasanya mengajak kita mengintip masa depan, melihat teknologi baru apa yang bisa mendukung kehidupan. Sementara gadget baru akan memperkenalkan perangkat mulai dari smartphone, tablet, laptop, speaker, dll.

Ada acara IT yang berlangsung di tingkat internasional. Tiap perusahaan elektronik ikut serta di dalamnya. Tapi tiap perusahaan tersebut biasanya juga punya acara sendiri.

Karena saat ini adalah era teknologi informasi, acara-acara tersebut mendapat perhatian besar. Tidak jarang, banyak bocoran perangkat baru menjelang acara tersebut. Misalnya rumor Samsung Galaxy S9 yang sudah mulai beredar bulan lalu.

Nah, kalau kamu tidak ingin ketinggalan berita alias FOMO, ikuti saja perkembangan acara teknologi ini. Selain tidak ketinggalan berita, kamu juga bisa mempersiapkan tabungan untuk membeli gadget baru. Tentu saja, kami juga akan menulis artikel soal itu. Jadi, apa saja acaranya?

—

Consumer Electronic Show (CES)

Logo CES

CES adalah acara yang diselenggarakan tiap tahun pada bulan Januari di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Amerika Serikat. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 1967 di New York.

Biasanya, acara ini memperkenalkan perangkat elektronik baru yang akan rilis tahun tersebut. Sesuai namanya, CES menghadirkan peralatan untuk umum alias konsumen biasa. Kamu bisa melihat peralatan mulai dari komputer, smartphone, TV, sampai kulkas di acara ini.

—

Mobile World Congress (MWC)

logo mwc

MWC merupakan acara yang diadakan tiap tahun (biasanya) pada bulan Februari di Barcelona, Spanyol. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2011 di Barcelona.

MWC adalah eksibisi terbesar di dunia yang berhubungan dengan dunia perangkat bergerak. Termasuk di dalamnya teknologi konektivitas, gadget, konten digital, dll. Tidak heran kalau acara ini juga jadi salah satu tempat untuk produsen perangkat memberikan info gadget baru, seperti smartphone.

—

South by Southwest (SXSW)

Logo SXSW

SXSW adalah acara yang diadakan tiap tahun pada pertengahan bulan Maret di Austin, Texas, Amerika Serikat. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 1987, dan semakin besar tiap tahunnya seiring teknologi berkembang.

SXSW memang tidak menampilkan teknologi sebagai menu utama. Acara ini lebih merujuk ke musik, film dan konten lain. Namun seiring perkembangan teknologi—dan konten menjadi lebih digital dan interaktif—SXSW juga memberi perhatian pada teknologi. Sebagai contoh, Foursquare mengumumkan aplikasinya pada SXSW 2009.

—

TED

logo ted

TED merupakan kependekan dari Technology, Entertainment, Design. Pada dasarnya, TED adalah media untuk menyebar ide-ide yang berhubungan dengan teknologi dan desain. Namun kemudian berkembang pada subyek akademis lain (ilmu pengetahuan, budaya, dll).

Konferensi TED utama diadakan tiap tahun di Vancouver, Kanada. Tiap pembicara memiliki waktu sekitar 18 menit untuk mempresentasikan idenya. Pembicara yang pernah hadir meliputi Bill Clinton, Al Gore, Bill Gates, Larry Page, Bono (vokalis U2), dan Dolph Lundgren (Iya, aktor laga itu. Punya gelar Magister untuk chemical engineering lho).

—

F8

facebook f8

F8 adalah acara tahunan yang diadakan oleh Facebook. Acara ini ditujukan kepada pengembang perangkat lunak dan pebisnis yang mengembangkan produk serta layanannya di internet. Biasanya F8 diadakan di San Fransisco Bay, tapi mulai 2017 diadakan di Silicon Valley, San Jose, Amerika Serikat.

Karena ditujukan untuk developer dan bisnis, biasanya Facebook memperkenalkan fitur dan teknologi baru di acara ini. Misalnya, tahun 2017 ketika Facebook mengumumkan platform augmented reality baru, untuk menantang Snapchat.

—

Build

logo build

Build—sering ditulis //build/—adalah konferensi tahunan dari Microsoft. Acara ini berawal pada tahun 2011. Biasanya diselenggarakan sekitar awal bulan Mei.

Build merupakan tempat Microsoft mempresentasikan teknologi perangkat lunak terbaru miliknya. Hal ini meliputi Windows, Windows Azure, Windows Phone (alm.), Cortana, dan teknologi lain terkait (misalnya HoloLens).

—

COMPUTEX

logo computex

COMPUTEX Taipei, atau resminya Taipei International Information Technology Show, adalah salah satu expo komputer terbesar di dunia. Biasanya acara ini diadakan di mendekati pertengahan tahun (sekitar akhir bulan Mei dan awal Juni).

Selain pameran teknologi komputer, COMPUTEX juga menghadirkan konferensi yang mempresentasikan teknologi masa depan, juga info gadget baru terkait. Misalnya pada tahun 2017, COMPUTEX membicarakan artificial intelligence dan IOT+. Beberapa peserta di dalamnya meliputi Intel, AMD, NVIDIA, ASUS, dan Acer.

—

E3

logo e3

E3 atau Electronic Entertainment Expo adalah acara tahunan yang biasanya diselenggarakan pada akhir bulan Mei atau Awal Juli di Los Angeles Convention Center. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 1995.

E3 mengutamakan video game sebagai fokus utamanya. Banyak pengembang game dan produsen perangkat game memanfaatkan acara ini untuk mempromosikan produknya. Entah itu game baru maupun teknologi dan konsol baru.

Beberapa merk terkenal, seperti Nintendo, tidak ikut serta. Sebagian lain, seperti Microsoft, sudah mengumumkan perangkat di acara lain dan memanfaatkan E3 untuk memperkenalkan game baru.

—

Google I/O

logo google io

Google I/O adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Google di San Francisco, California, Amerika Serikat. Acara ini biasanya hadir pada akhir bulan Mei dan awal Juni. Istilah I/O diambil dari kata input/output, yang juga merefleksikan slogan: “Innovation in the Open“.

I/O merupakan sebuah konferensi tempat Google mempresentasikan perkembangan teknologi yang berhubungan dengan perangkat lunak. Hal ini meliputi perkembangan website, Android, Chrome, dll. Biasanya Google mengumumkan versi terbaru Android di sini.

—

Apple WWDC

apple wwdc 2017

Apple WWDC atau Apple Worldwide Developer Conference adalah konferensi tahunan Apple. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1983, dan hadir sekitar bulan Juni.

Mudah diduga dari namanya, di acara ini Apple akan memperkenalkan perkembangan teknologi dan perangkat lunak miliknya (macOS, iOS, watchOS, tvOS). Biasanya sebagai pengantar untuk pengumuman besar di acara berikutnya (Apple Special Event).

—

Galaxy UNPACKED

samsung galaxy unpacked

Galaxy UNPACKED adalah acara tempat Samsung mengumumkan kedua varian handphone flagship mereka. Samsung Galaxy S dan Note. Acara ini biasanya terbagi dua di waktu berbeda. Awal tahun (sekitar bulan Maret) untuk seri Galaxy S, dan pertengahan tahun (sekitar bulan Agustus) untuk Galaxy Note.

—

IFA

ifa berlin logo

IFA atau lengkapnya Internationale Funkausstellung Berlin adalah sebuah eksibisi teknologi dan peralatan elektronik untuk konsumen. Acara ini termasuk yang tertua (sejak tahun 1950) dan terbesar. Biasanya diadakan sekitar bulan September di Berlin, Jerman.

IFA termasuk acara bersejarah. Prototipe TV berwarna dan kaset audio diperkenalkan di acara ini. Saat ini, produk yang hadir di IFA meliputi drone, speaker, sandangan (wearables), smartphone, smart home, dan gadget lain.

—

Apple Special Event

apple special event 2017

Apple Special Event adalah salah satu acara yang paling dinanti tiap tahunnya. Acara ini mulai ada pada tahun 2010, ketika Steve Jobs mengumumkan iPad. Sejak tahun 2011, acara ini biasanya diselenggarakan pada bulan September atau Oktober.

Apple Special Event menjadi tempat Apple mengumumkan perangkat-perangkat terbaru. Meliputi iMac baru, iPhone baru, Apple Watch baru, Apple TV, dll. Biasanya termasuk juga perangkat lunak terkait (macOS terbaru, iOS terbaru, dll) sebagai hasil pemanasan WWDC sebelumnya.

—

Google Pixel Event

google pixel event

Sebenarnya, belum ada nama resmi untuk acara ini. Google Pixel Event merupakan sebutan untuk acara tempat Google mengumumkan perangkat baru mereka. Ada juga yang menyebutnya Google Hardware Event. Yah, seperti kita ketahui, Google belum lama memproduksi handphone dan laptop dengan nama mereka sendiri.

Dalam beberapa tahun terakhir, Google Pixel Event diadakan pada bulan Oktober. Di sini Google mengumumkan perangkat seperti handphone Google Pixel, laptop Pixelbook, speaker Google Home, dll. Acara ini juga menjadi realisasi perkembangan perangkat lunak dari Google I/O.

—

Microsoft Surface Event

surface logo

Acara ini juga sebenarnya belum punya nama khusus. Seringkali hanya disebut Microsoft Event. Nama Microsoft Surface Event dipakai karena di acara ini biasanya Microsoft mengumumkan berbagai gadget mereka. Walau sebelumnya nama perangkat itu beragam (Surface, Lumia, HoloLens, Xbox, dll), tapi akhir-akhir ini nama Surface lebih sering muncul (Surface Pro, Surface Book, Surface Studio, dll).

Microsoft Surface Event biasanya diselenggarakan tahunan di sekitar bulan Oktober. Walau pun produk Microsoft bisa kita beli, Microsoft lebih mengarahkan produknya sebagai proyek percontohan. Menunjukkan apa yang bisa dibangun di ekosistem Windows. Salah satu hasilnya adalah laptop 2-in-1 atau laptop hybrid.

Ada komentar?