Tab Mix Plus: Add On Mozilla Firefox Untuk Custom Tab

mozilla firefox custom tab add-on
Anom Penulis

add on mozilla firefox custom tab add-on

Tab Mix Plus adalah sebuah add on Mozilla Firefox yang mengijinkan kita mengatur tab sesuai keinginan kita (custom tab). Kalau kamu orang yang suka menelusuri berbagai website untuk mencari referensi, ada kemungkinan kamu sering membuka banyak link dan tab sekaligus. Add-on ini akan mempermudah kegiatan itu.

Sebelumnya, yang saya bahas di sini adalah Mozilla Firefox untuk Mac versi 47.0.  Untuk pengguna Windows, silakan membandingkannya.

pilihan custom tab firefox

Fitur Add-on Tab Mix Plus

Fitur add on Mozilla Firefox ini cukup banyak. Ahem, sangat banyak tepatnya. Beberapa yang bisa disebutkan:

  1. Duplikasi tab,
  2. Mengatur perilaku tab (tab baru, bagaimana membuka tab, fokus tab, menggabungkan tab, dll),
  3. Mengatur tampilan tab (tab yang belum dibaca, tab yang belum memuat, dll),
  4. Mengatur gestur mouse dan klik,
  5. Mengatur daftar context menu, shortcut, dll,
  6. Mengatur sesi browsing.

Sebenarnya masih banyak pilihan lain yang cukup detil. Tapi saya pikir beberapa contoh di atas sudah bisa mewakilinya.

pilihan context menu firefox

Manfaat Custom Tab Firefox

Salah satu contoh yang membuat saya nyaman menggunakan add-on ini adalah ketika membuka link dari history. Secara bawaan, saya menemukan bahwa Firefox sedikit kurang konsisten. Link history dari dropdown menu (tombol ) akan membuka tab baru, sedangkan link history dari sidebar, menu utama, atau library akan membukanya di tab yang aktif. Add-on ini akan membantu sehingga semua link history akan terbuka di tab baru (new tab).

Contoh lain adalah ketika saya menggunakan fungsi open in new tab untuk membuka beberapa link di dalam sebuah artikel. Dengan mengatur warna judul tab (atau warna tab itu sendiri), saya bisa tahu tab mana yang belum saya baca.

Awalnya saya hanya mencari cara sederhana supaya ada duplikasi tab di Firefox. Tapi Tab Mix Plus membuat penggunaan browser ini jadi lebih asik.

pilihan tampilan tab

Kelemahan add-on ini mungkin sama seperti alat personalisasi (customize) lainnya. Baik tampilan pengaturan maupun istilah yang ada terlihat rumit buat mereka yang awam. Bukan apa-apa, kadang kita tidak tahu apa nama suatu fitur, atau kalau ternyata ada pilihan semacam ini. Tapi jangan kuatir, cukup mudah dipelajari kok.

Nah, untuk kamu yang sering bertualang antar situs dan suka menggunakan Firefox, add-on Tab Mix Plus sangat dianjurkan untuk mengatur custom tab. Terbukti dari rating yang bagus (1590 buah bintang 5), dan respon yang cepat dari sang developer.

Selamat mencoba dan beritahu kami add on Mozilla Firefox apa yang menjadi favoritmu di kolom komentar.

    %d blogger menyukai ini: