Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Aeries: Aplikasi Twitter Windows Phone

Anom Penulis

Windows Phone tidak kekurangan aplikasi Twitter. Sebut saja Tweet It, MeTweets, atau yang akhir-akhir ini sering disebut, Tweetium. Selain itu, ada satu lagi aplikasi yang belum lama beredar. Aplikasi ini dipuji karena tampilannya dan fungsionalitasnya yang bagus. Aplikasi Twitter Windows Phone ini adalah Aeries.

Sebelum dirilis secara resmi, Aeries sudah melakukan perjalanan panjang sebagai versi beta. Langkah ini sebelumnya juga ditempuh oleh Tweetium. Hasilnya, Aeries menjadi salah satu aplikasi Twitter yang cukup mengagumkan.

popculture.id

Hal pertama yang menarik perhatian tentu desain antar mukanya (User Interface). Secara layout memang terkesan standar. Cukup mirip aplikasi Twitter lain. Tapi pilihan jenis ikon, layout halaman, pengaturan warna, dll, membuat aplikasi ini terlihat rapi dan ringkas. Enak dilihat.

 

Yang lebih enak lagi, kita bisa mengatur tampilan sesuai kesukaan kita. Seperti bisa dilihat (dari gambar di atas), ada dua bentuk avatar dan dua jenis header (ikon dan tulisan). Sebenarnya tidak hanya itu, ada lebih banyak lagi pilihan di dalam aplikasi ini.

Kunjungi saja halaman setting. Di sana ada halaman untuk pengaturan tampilan, akun, sections (halaman apa yang muncul di aplikasi), gestur, dll. Sebagai contoh selain avatar dan header, kita juga bisa memilih apakah tombol khas Twitter akan muncul di bawah tiap tweet, atau harus diaktifkan dengan context menu (yang muncul kalau tweet di tap). Heh, harus sedikit coba-coba dulu sebelum menemukan format yang sesuai dengan kesukaan kita.

 

Di samping tampilan, Aeries juga punya hal lain yang menarik. Fungsi pencariannya ada dua. Yang satu untuk mencari kata/tema dengan cepat di dalam timeline (tempatnya di bawah header), yang lain untuk mencari secara keseluruhan (discover – ikon search di application bar).

Untuk pengguna Twitter kelas berat, fitur ini bisa membantu memantau tema tweet dengan lebih mudah. Kalau mau cepat dan sesuai dengan timeline kita, ya gunakan pencarian di timeline. Kalau mau yang lebih luas ya pakai yang satunya.

 

Tentunya, Aeries juga mendukung fitur-fitur standar. Misalnya menampilkan halaman profil, termasuk tweet dan foto yang ada. Kalau itu akun kita, maka kita bisa mengedit profil, termasuk delete tweet, dll.

Saat membuat tweet baru, kita bisa menambah foto dan lokasi di tweet kita. Kita juga bisa menyimpan tweet ke dalam draft (ikon di pojok kanan halaman compose), melihat daftar draft, atau menghapus draft.

 

Dari hal-hal yang sudah dibahas di atas, bisa dilihat kalau Aeries lebih cocok untuk pengguna Twitter yang canggih (poweruser). Hal itu juga terlihat dari harganya yang mahal. Aeries dibandrol dengan harga Rp44.500,- Rp37.200 dan tanpa versi trial. Harga ini lebih mahal dari Tweetium. Padahal Tweetium merupakan universal app.

Walau begitu, secara keseluruhan Aeries layak disebut aplikasi berkualitas. Harap diingat, kekuatan aplikasi ini ada di pengaturan tampilan dan fungsinya. Hm, kalau tidak salah, masih ada fitur lain yang akan ditambahkan. Layak ditunggu perkembangan selanjutnya.

    %d blogger menyukai ini: